HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP IKLAN ROKOK DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA

Annisa Nurul Afif, Kamsih Astuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap iklan rokok dengan perilaku merokok pada remaja. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara persepsi terhadap iklan rokok dengan perilaku merokok pada remaja. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMK N Sedayu Bantul sebanyak 50 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala, yaitu skala perilaku merokok dan skala persepsi terhadap iklan rokok. Analisis data menggunakan korelasi product- moment dari Pearson. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap iklan rokok dengan perilaku merokok pada remaja, yaitu r = 0,626 p<0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima yang berarti bahwa jika persepsi terhadap iklan rokok positif maka perilaku merokok pada remaja cenderung tinggi, sebaliknya jika persepsi terhadap iklan rokok negative maka perilaku merokok pada remaja akan cenderung rendah. Sumbangan efektif persepsi iklan rokok terhadap perilaku merokok sebesar 39,2% artinya masih terdapat beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi meningkatnya perilaku merokok pada remaja sebesar 60,8%.


Keywords


persepsi terhadap iklan rokok, perilaku merokok

Full Text:

PDF

References


Aeni. K., & Astuti. Y. D. (2009). Perilaku Merokok Remaja Ditinjau Dari persepsi Terhadap Merokok Dan Konformitas. Skripsi (Tidak diterbitkan). Yogyakrta: Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia.

Andarini, D. S., & Purnamasari, S. E. (2011). Efektivitas Pemberian Informasi Kesehatan Reproduksi Terhadap Penurunan Perilaku Merokok Pada Remaja Putri. Insight, 9(2), 188-203.

Ariani, R. D. (2011). Hubungan Antara Iklan Rokok Dengan Sikap Dan Perilaku Merokok Pada Remaja. Skripsi (Tidak diterbitkan). Semarang: Universitas Diponegoro.

Aritonang, M. R. (1997). Fenomena Wanita Merokok. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Ariyani, B. (2004). Hubungan antara Kecemasan dengan Perilaku Merokok. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia.

Asrori, M., & Ali, M. (2006). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Gusti. (2011). 16 Persen Siswa SMP dan SMA Di Kota Yogyakarta Perokok. [Online], Terdapat pada URL; http://ugm.ac.id/id/berita/339016. persen.siswa.smp.dan.sma.di.kota.Yogyakarta.perokok. [Diakses pada tanggal 21 Febuari 2014].

Hasanah, A. U., & Sulastri. (2011). Hubungan antara dukungan orang tua, teman sebaya dan iklan rokok dengan perilaku merokok pada siswa laki-laki madrasah aliyah negeri 2 boyolali. Gaster, 8(1), 695-705.

Hurlock, B. (2000). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Iskandar, M. S. (2011). Pembentukan Persepsi Visual Pada Iklan Televisi. Jurnal Visualita DKV, 3(1), 1-21.

Kedaulatan Rakyat. (Selasa, 11 Febuari 2014). Iklan Tingkatkan Perokok Remaja.

Komalasari, D., & Helmi, A. F. (2000). Faktor-Faktor Penyebab Merokok Pada Remaja. Jurnal Psikologi, 1,37 – 47.

Loviana, I., Wirawan Y. G., & Dewi, W. A. K. (2012). Persepsi Terhadap Celebrity Endoser Pada Iklan Kosmetik Dan Minat Beli Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologika, 17(1), 57-62.

Mu‟tadin, Z. (2002). Remaja dan Rokok. http://www.e-psikologi.com/rema.050602.html. (Online). Diakses tanggal 3 Mei 2013 Pukul 18.21 wib.

Nuradita, E., & Mariyam. (2013). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Tentang Bahaya Rokok Pada Remaja Di SMP Negeri 3 Kendal. Jurnal Keperawatan Anak, 1(1), 44-48.

Nurhayati. (2011). Persepsi Remaja Terhadap Iklan Rokok Dan Perilaku Merokok Di Kota Banda Aceh. Tesis (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Nurlailah, N. (2010). Hubungan Antara Persepsi Tentang Dampak Merokok Terhadap Kesehatan Dengan Tipe Perilaku Merokok Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi (tidak diterbitkan). Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Selviani,T., Rahayuni, P., Mushoffa, N., & Ninda, R. (2003). Pengaruh Iklan Sampoerna A Mild Terhadap Minat Beli Pada Mahasiswa Fakultas Teknik Arsitektur Universitas Merdeka Malang. Jurnal Psikologi Tabularasa, 1(2), 25-28.

Tumigolung, H. C. S., & Wungouw, H., & Onibala, F. (2013). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Bahaya Merokok Di SMA Negeri 1 Manado. Jurnal Keperawatan (e-Kp), 1(1), 1-7.

Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Widyatama, R. (2005). Pengantar Periklanan. Jakarta: Buana Pustaka Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.26486/psikologi.v17i1.680

Article Metrics

Abstract view : 1066 times
PDF - 563 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Annisa Nurul Afif, Kamsih Astuti

Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Indexed by

  ipiii.png 

Crossref logo Dimensions Google Scholar

View INSIGHT Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.