HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN INTERNAL LOCUS OF CONTROL DENGAN PERILAKU PROSOSIAL PADA PELAJAR DI SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.26486/psikologi.v17i2.691Keywords:
kecerdasan emosional, internal locus of control, perilaku prososialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dan internal locus of control dengan perilaku prososial pada pelajar di SMA Negeri 10 Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode skala. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode skala. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non random sampling. Subyek yang dilibatkan dalam penelitian ini sebanyak 80 orang siswa Kelas XI IPA 1, Kelas XI IPA 2 dan Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 10 Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis korelasi Product Moment dan analiais regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kecerdasan emosional mempunyai hubungan positif dan signifikan dengan perilaku prososial pelajar di SMA Negeri 10 Yogyakarta dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0.458 dengan p<0.01; (2) Internal locus of control mempunyai hubungan positif dan signifikan terhadap perilaku prososial pelajar di SMA Negeri 10 Yogyakarta dengan nilai korelasi sebesar 0.590 dengan p<0.01; (3) Kecerdasan emosi dan internal locus of control mempunyai hubungan yang signifikan dengan perilaku prososial pelajar di SMA Negeri 10 Yogyakarta. Besarnya sumbangan efektif kecerdasan emosional dan internal locus of control secara bersama-sama terhadap perilaku prososial sebesar 35.1%, sedangkan sisanya yaitu 64.9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Sehingga disimpulkan bahwa pelajar di SMA Negeri 10 Yogyakarta yang menjadi responden memiliki kecerdasan emosional dan internal locus of control yang cenderung tinggi.References
Akbar, Z.Y., & Listiara, A. (2012). The difference between the prosocial tendensi regular classes and special classes at SMA N 1 and SMA N 3 Semarang. Jurnal Psikologi, 1(1), 120-138
Asih, G.Y., & Pratiwi, M.M.S. (2010). Perilaku prososial ditinjau dari empati dan kemantangan emosi. Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus, 1(1), 33-42
Baron, R.A., & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial, edisi kesepuluh (Diterjemahkan oleh: Ratna Juwita). Jakarta: Erlangga
Dayakisni, T., & Hudaniah. (2009). Psikologi sosial (edisi revisi). Malang: UMM Press
Dian, E. (2011). Perbedaan perilaku prososial pada remaja ditinjau dari persepsi terhadap perilaku orang tua sebagai figur kelekatan (Attachment). http://dglib.uns.ac.id/pengguna.php?mn=showview&id=17859, diakses tanggal tanggal 26 Juni 2013
Ervina. (2010). Hubungan locus of control Internal dengan perilaku prososial pada remaja panti asuhan. Tesis. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Goleman, D. (1999). Emotional intellegence, kecerdasan emosional, mengapa EQ lebih penting daripada IQ (Diterjemahkan oleh: T. Hermaya). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Goleman,D. (2001). Kecerdasan emosi untuk mencapai puncak prestasi (Diterjemahkan oleh: Alex Tri Kantjono Widodo). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Hidayat, W., & Handayani, S. (2010). Peran Faktor-Faktor Individual dan Pertimbangan Etis terhadap Perilaku Auditor dalam Situasi Konflik Audit pada Lingkungan Inspektorat Sulawesi Tenggara. Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 1(1), 83-112.
Jaya, E.D., & Rahmat, I. (2005). Burnout ditinjau dari locus of control internal dan eksternal. Majalah Kedokteran Nusantara, 38(3), 213-218.
Jansenns, J. MAM., & Dekovic,M. (1997). Child rearing, prososial reasoning and prososial behavior. International Journal of Behavioral Develepment, 20(3), 509-527.
Kamasanthi, T. (2008). Hubungan locus of control dengan komitmen organisasi pada karyawati yang berumah tangga di PT. X Tangerang. Jurnal Psikologi, 6(2), 63-69.
Marquez, P.G., MartÃn, R.P., & Brackett, M.A. (2006). Relating emotional intelligence to social competence and academic achivement in high school student. Psichothema 2006, 18, 118-123.
Parveen, A., Malik, M.H., & Aziz, R. (2012). Emotional intelligence and academic Achievement of male and female adolescent students of District Budgam. Journal of Education and Practice, 3(15), 184-186.
Purnamasari, A., Ekowarni, E., & Fadhila. A. (2004). Perbedaan intensi prososial siswa SMU Negeri dan MAN di Yogyakarta. Humanitas: Indonesian Psychologycal Journal, 1(1), 32-42.
Putra. (2004). Internal locus of control dan imitasi model dengan intensi prososial mahasiswa jurusan keperawatan poltekkes Malang, http://www.poltekkes-malang.ac.id/jurnal-mei.htm#internal,diakses tanggal 17 Juli 2009.
Srimulyani, V.A. (2013). Analisis pengaruh kecerdasan adversitas, internal locus of control, kematangan karir terhadap intensi berwirausaha pada mahasiswa bekerja (studi empiris pada mahasiswa kelas karyawan Unika Widya Mandala Madiun). Widya Warta, 37(1), 96-11.
Sumardi. (2007). Password menuju sukses (rahasia membangun sukses individu, lembaga, dan perusahaan). Jakarta: Erlangga
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with INSIGHT: Jurnal Ilmiah Psikologi agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Insight right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Insight. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Insight.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).