Minat Siswa Dalam Mengikuti Pelajaran Pendidikan Jasmani Secara Online Pada Siswa SDN 104185 Medan Sunggal Tahun Ajaran 2020/2021

Hosea Pinem, Ahmad Al Munawar, Pedomanta Keliat, Mhd Syaleh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani secara online pada siswa Kelas SD Negeri 104185 Medan Sunggal Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode penelitian ini adalah survey menggunakan angket tertutup. Sampel dalam penelitian ini 37 orang yang diambil dengan teknik total sampel. Angket yang berisikan soal 25 butir disebarkan melalui google formulir pada sampel/responden. Berdasarkan perhitungan rumus proporsi maka didapatlah data sebagai berikut: Pada faktor Internal, indikator motivasi memiliki proporsi sebesar 93,51% dengan kesimpulan “mempengaruhi” minat siswa dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani secara online. Indikator semangat memiliki proporsi sebesar 65,41% dengan kesimpulan “mempengaruhi” minat siswa dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani secara online. Indikator disiplin memiliki proporsi sebesar 75,00% dengan kesimpulan “mempengaruhi” minat siswa dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani secara online. Pada faktor Eksternal, Indikator peran guru memiliki proporsi sebesar 94,59% dengan kesimpulan “mempengaruhi” minat siswa dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani secara online. Indikator fasilitas memiliki proporsi sebesar 93,69% dengan kesimpulan “mempengaruhi” minat siswa dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani secara online


Keywords


Minat Siswa, Pendidikan Jasmani, Online

Full Text:

PDF

References


Arikunto S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Pustaka Djaali, Pudji M. (2008). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Hamalik,Oemar (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Husdarta, Saputra.. (2000). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung. Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III. Jakarta

Ilyas, I., & Almunawar, A. (2020). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Ekstrakurikuler Bola Voli. Jurnal Olahraga & Kesehatan Indonesia, 1(1), 34- 41.Irfan, Muhammad. 2015. Pendidikan Jasmani. (www.teknopenjasirfan.blogspot.com diakses pada 23/3/2015 pukul 13.00 wib)

Korucu, A. T., & Alkan, A. (2011). Differences between m-learning (mobile learning) and elearning, basic terminology and usage of m-learning in education. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.029

Lutan, Rusli. (2000). Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III. Jakarta

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001

Mustofa, Chodzirin, & Sayekti (2019). Minat Belajar dan Faktor-faktornya. Bandung: Graha Mandiri

Oemar, Hamalik.(2010). Minat Belajar Siswa Dan Faktor Mempengaruhinya. Jakarta: Bumi Putra

Sukintaka, (2004) Filosofi, Pembelajaran, dan Masa Depan Teori Pendidikan Jasmani.

Jakarta: Nuansa.

Susilo M.J. (2009). Sukses Dengan Gaya Belajar. Yogyakarta: Pinus

Syah, Muhibbin. (2009). Psikologi Belajar. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Indonesia

Zaky Rinanda, F. (2017). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dengan Agresivitas pada Atlet Futsal. GADJAH MADA JOURNAL OF PSYCHOLOGY.

Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM. https://doi.org/10.1145/986213.986216

Wijaya Kusuma, I. D. M. A. (2021). Teknik yang paling dominan pada pertandingan futsal putra profesional. Jurnal Keolahragaan, 9(1). https://doi.org/10.21831/jk.v9i1.31853




DOI: https://doi.org/10.26486/jsh.v3i1.2200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hosea Pinem, Ahmad Al Munawar, Pedomanta Keliat, Mhd Syaleh

International Journal of Applied Guidance and Counseling is abstracting & indexing in the following databases:

google.pngipiii.pngone.pngpkpp.png Dimensions

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.