Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Berbasis Aplikasi Flip Builder Sebagai Media Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Saharani Putri Wulandari Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Yudha Febrianta Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.26486/jsh.v5i2.3857

Keywords:

Flip builder, R&D Media , Flip builder, R&D Media, Hasil Belajar

Abstract

T

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan media pembelajaran E- Modul menggunakan aplikasi Flip Builder sebagai sarana media pembelajaran penjasorkes berbasis digital di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan dengan model ADDIE. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket validasi ahli, angket respon siswa, angket respon guru dan soal postest dan pretest. Hasil Penggunaan media Flip Book dalam pembelajaran PJOK materi kebugaran jasmani kelas V mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik dengan skor uji skala kecil sebesar 99,62% dan uji skala besar mendapatkan skor sebesar 93,79%. Respon yang baik juga didapatkan dari guru dengan perolehan skor sebesar 90,65%. Penggunaan Flip Book dalam proses pembelajaran PJOK juga terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata pretest siswa sebesar 64,667 % meningkatkan pada postes menjadi sebesar 83, dengan peningkatan sebesar 0,504 atau kategori sedang.

References

Amanullah, M. A. (2020). Pengembangan media pembelajaran flipbook digital guna menunjang proses pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 37-44

Benny, A, P.(2016) Desaign dan Pengembangan ProgramPelatihan berbasis Kompetensi Implementasi model ADDIE. Jakarta: Prenada Media Group.

Febrianta, Y., & Fauzan, A. (2019). Hambatan Komunikasi Guru Pada Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Sd Negeri Se-Kecamatan Kembaran. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 11(1), 27-33.

Haryanti, I., Febrianta, Y., & Nugroho, A. (2023). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Berbasis Video Pada Pembelajaran 5 Untuk Kelas Ii Sekolah Dasar. Jemani (Jurnal Pendidikan Jasmani), 7(01).

Kumalasani, M. P., & Eilmelda, Y. (2022). Analisis Efektivitas Penggunaan E-Modul Berbasis Aplikasi Flipbook Pada Pembelajaran Tematik Di SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(1), 39-51.

M, E. Winarno. (2006) Dimensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. Malang: Laboratorium Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Muhajir., Raushanikri, Z. ( 2022) Buku Panduan Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SD/MI Kelas II. Penerbit: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Mukarromah, J. Z., Sutomo, M., & Sahlan, M. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flipbook Dalam Menunjang Proses Pembelajaran` Siswa. PESAT, 7(4), 1-10.

Nugroho, A., & Lubis, A. E. (2022). Manajemen Pengelolaan Sarana & Prasarana Keolahragaan. JSH: Journal of Sport and Health, 3(2), 40-53.

Nursafitri, U. 2020, “Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book dengan Menggunakan Aplikasi Flipbook Creator pada Materi Pembelajaran Sel di Kelas XI/MIA,” Skripsi, vol. 5, no. 1, hal. 55.

Nursyafti, Y., Purwanto, W., & Hendriyani, Y. (2023). The Development of Flipbook Based E-Module with a Project Based Learning Model In The Subject of Electricity and Electronics. PAKAR Pendidikan, 21(2), 228-244.

Oktavianis, F. A., & Febrianta, Y. (2023). Motivasi Peserta Didik Pada Pembelajaran Senam Lantai Pelajaran Penjasorkes Di Kelas IV SD Negeri Karangkemiri 02. Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformatif, 7(12).

Prastyana, V., Anggoro, S., Prisilawati, D. E., Nazirah, A., & Cyril, N. (2023). Development of Canva-Based Interactive E-Book and Book Creator using the Radec Learning Model to Support Creative Thinking Skills. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 15(1), 57-65.

Riduwan. (2011). Dasar-Dasar Statistika. (Bandung) Alfabeta

Rizal, R. S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar melalui Bahan Ajar Flipbook Siswa Sekolah Dasar. Arus Jurnal Pendidikan, 2(3), 252-256.

Setiadi, M. I., Muksar, M., & Suprianti, D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Flipbook Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(4).

Sriyanto, S., Febrianta, Y., & Yuwono, P. H. (2019). Strategi Berpikir Visual bagi Peserta Didik Gangguan Kecemasan Sosial untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial. JSSH (Jurnal Sains Sosial dan Humaniora), 3(1), 65-78.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. (Bandung) Alfabeta.

Sumitra, D. A. (2023). Implementasi Kurikulum Belajar Mandiri Mata Pelajaran Pjok Di Sekolah Dasar Kabupaten Beringin. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 2(7), 2085-2090.

Wibowo, A. T., Sukarmin, Y., Purwanto, S., Agung, Y., & Kiswantoro, A. (2023). Development: A Prototype Of The Javanese Kigfun Sports Game To Introduce Shadow Puppet To Teenagers. 44(6).

Yunianto, T. 2019a, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flip Builder pada Mater Bangun Datar Kelas IV SD/MI, UIN Raden Intan Lampung.

Zahra, T. A., Dewi, R. K., Lestari, D. A., & Nugraha, R. G. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook” Karakter Anak Bangsa, Indonesia Beradab” untuk Meningkatkan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8(1), 615-623.

Published

21-06-2024

Issue

Section

Articles