Modifikasi Peraturan Permainan Futsal untuk Komunitas Tuli di Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.26486/jsh.v5i2.3931Keywords:
Modifikasi, Futsal, Peraturan, TuliAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas peraturan khusus futsal yang dapat dijalankan oleh pemain futsal tuli. Pemain futsal tuli masih mengalami kesulitan dalam bermain futsal terutama dalam peraturannya. Salah satunya adalah instruksi wasit karena selama ini wasit yang memimpin pertandingan adalah wasit normal yang kurang memahami bahasa isyarat seperti isyarat pelanggaran, isyarat permainan dihentikan dan isyarat lain dalam peraturan futsal. Penelitian pengembangan ini mengacu penilaian kelayakan suatu media berdasarkan analisis skoring kelayakan produk. Populasi dalam penelitian ini adalah 25 pemain futsal tuli dalam uji coba produk skala kecil maupun skala besar. Semua responden yang terlibat akan menilai produk modul modifikasi peraturan futsal khusus tuli menggunakan skala Likert untuk menilai kelayakan media yang telah disusun. Hasil skoring oleh ahli materi untuk produk berdasarkan hasil konversi penilaian adalah “Sangat Baik” untuk dikembangkan menjadi produk akhir. Untuk hasil penelitian modul prototype ini mendapatkan rerata skor semua uji sebesar 35,80 yang artinya klasifikasi “Sangat Baik”. Untuk uji coba skala kecil hasil skoring oleh responden pemain futsal tuli terhadap produk yang dikembangkan mendapatkan kualifikasi “Sangat Baik” sebanyak 8 orang, dan “Baik” sebanyak 2 orang. Sedangkan untuk uji coba skala besar penilaian responden pemain futsal tuli terhadap produk yang dikembangkan mendapatkan kualifikasi “Sangat Baik” sebanyak 12 orang, dan kualifikasi “Baik” sebanyak 3 orang. Berdasarkan hasil tersebut maka produk modul modifikasi peraturan permainan futsal khusus untuk pemain futsal tuli dapat dikembangkan dan disosialisasikan lebih luas kepada komisi wasit maupun kepada komunitas futsal khusus tuli.
References
Abul Narlan, D. T. 2017. Pengembangan Instrumen Keterampilan Olahraga Futsal. Jurnal Siliwangi, vol. 3, no. 2, 241-247
Achwani, Muhammad. 2014. Peraturan permainan futsal 2014/2015.FIFA
Aji, S. 2016. Buku Olahraga Paling Lengkap. Jakarta: PT Serambi Semesta Distribusi.
American Psychiatric Association. 2013. Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder Edition (DSM-V). Washington : American Psychiatric Publishing.
Amile, T., and T. C., Reves. 2015. “Design-Based Research and Educational Technology: Rethinking Technology and the Research Agenda”. Journal of Educational Technology & Society. Number 11, Volume 4, pp 29-40
Andreas Dwidjosumarto. 1996. Ortopedagogik Anak Tunarungu. Bandung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Apriana, Sigit Dhea. 2017. Gambaran Interaksi Sosial pada Anak Tunarungu Usia Sekolah di SLB Sejahtera dan SLB-B Tunas Kasih Kota Bogor Tahun 2017. Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung.
Asriady Mulyono, M. 2017. Buku Pintar Futsal, Jakarta : Anugrah
Aziz, Safrudin. 2014, “Perpustakaan Ramah Difabel”, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Beato M, Coratella G, Schena F. 2016. Brief review of the state of art in futsal. J Sports Med Phys Fitness; 56:428–432.
Cahya, Laili S. 2013. Buku Anak Untuk ABK, Yogyakarta: Familia.
Danny Mielke. 2007. “Dasar-dasar Sepak bola”. Bandung: Pakar Raya. futsal. Journal of Exercise Science & Fitness, 11, 76-80
Eko Putro Widoyoko. 2016. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
FIFA. 2022. Futsal Laws Of The Game 2022/2023. FIFA. Zurich. Switzerland
Gustiana Asep Deni. 2011. Pengaruh Permainan Modifikasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Dan Kognitif Anak Usia Dini (Studi Kuasi Eksperimen Pada Kelompok B Tk Kartika Dan Tk Lab.Upi). Bandung: Jurnal UPI
Hermans, V. 2011. Futsal: Technique Tactics Training. Uk : Meyer & Meyer Verlag.
International Committee of Sport for the Deaf. 2007. Report from Sport Director. http://www.ciss.org/news/report-from-sports-director-9
Jaya, Asmar. 2008. Futsal: Gaya Hidup, Peraturan, dan Tips-tips Permainan. Yogyakarta: Pustaka Timur.
John D. Tenang. 2008. Mahir Bermain Futsal, Dar Mizan, Jakarta
Julianur. 2020. “Modul Mata Kuliah Futsal.” Kalimantan Timur. Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.
Jaya, Justinus. 2011. Futsal: Taktik Dan Strategi Futsal Modern. Jakarta: Be Champion (Penebar Swadaya Group).
Luhpuri, Dorang, & Rini Hartini Rinda Andayani. 2019. Disabilitas: Pengenalan dan Praktik Pekerjaan Sosial dengan Disabilitas di Indonesia. Bandung: Poltekesos Press
Masyhud, S. M. H. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jember: Lembaga Pengembangan Manajemen dan Profesi Kependidikan (LPMPK).
Moeschler, J. B., & Shevell,M. 2006. Clinical genetic evaluation of the child with mental retardation or developmental delays. Pediatrics, 117(6), 2304–2316. doi:10.1542/peds.2006-1006.
Naser, N., Ali, A., & Macadam, P. 2017. Physical and physiological demands of futsal. Journal of Exercise Science and Fitness, 15, 76 - 80. https://doi.org/10.1016/j.jesf.2017.09.001.
Nishio, H., Saita, Y., Tateishi, T., Kobayashi, Y., Ikeda, H., & Kaneko, K. 2018. A Deaf Footballer with the Bilateral Intractable Patellar Tendinopathy: a Case Report. Juntendo Medical Journal, 64, 36-36. https://doi.org/10.14789/JMJ.2018.64.JMJ18-P17.
Prakoso, D., Subiyono, H., & Rahayu, S. 2013. Minat Bermain Futsal Di Jenis Lapangan Vinyil, Parquette, Rumput Sintetis Dan Semen Pada Pengguna Lapangan Di Semarang. Journal of Sport Sciences and Fitness, 2(2), 14–18.
Prasetyo, Fransiskus Adi. 2014. Disabilitas dan Isu Kesehatan: Antara Evolusi Konsep, Hak Asasi, Kompleksitas Masalah dan Tantangan. Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan: Situasi Penyandang Disabilitas. Semester II 2014. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI
Punaji Setyosari. 2010, Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan, Jakarta: Kencana
Rinakri Atmaja, Jati. 2017. Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung; PT Remaja Rosdakarya
Sadja’ah, E. 2005. Gangguan bicara-bahasa. Bandung: San Grafika.
Saryono. 2015. Futsal Sebagai Salah Satu Permainan Alternatif Untuk Pembelajaran Sepak bola Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(3). doi:https://doi.org/10.21831/jpji.v3i3.6249
Schaafsma , D., Kok^ ’^, G., Stoffelen^ ’, J. M. T., Paulien, ^, Doorn^, V., & ^ L. M. G. 2014. Identifying the important factors associated with teaching sex education to people with intellectual disability: A cross-sectional survey among paid care ^. Journal of Intellectual & Developmental Disability, 39(2), 157–166. https://doi.org/10.3109/13668250.2014.899566
Setyawan, I. 2016. Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan dan Power Otot Tungkai dengan Ketepatan Smash dalam Permainan Bulu tangkis Siswa Sekolah Bulu tangkis Mataram Raya Sleman Tahun 2016. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 5(8).
Silva, L., & Francis, J. 2020. “It Is Like a Little Journey”: Deaf International Futsal Players’ and Coaches’ Experiences in Collaborative Blended Learning. International Sport Coaching Journal, -1, 1-14. https://doi.org/10.1123/iscj.2019-0101.
Sparreboom, C. 2022. Silence on the Field: Deaf and hard of hearing football, futsal, and other team sports players’ experiences of sports inclusion and participation. Thesis. Leiden University.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta cv
Suhartini B. 2011. Merangsang Motorik Kasar Anak Tunarungu Kelas Dasar Sekolah Luar Biasa melalui permainan. JPJI, Vol.8:2, 152-157
Susialita, T. 2016. The development of audio-visual student portfolios (LKS) contextual teaching and learning-based (CTL) on sound chapter of science subject for deaf students. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(2), 192-198.
Undang – Undang No.8 Tahun 2016 Tentang Penyandang Disabilitas
Wasita, Ahmad. 2014. Seluk-Beluk Tunarungu & Tunawicara Serta Strategi Pembelajaran. subrdjah Jogjakarta: Javalitera.
Wibowo, A. T. (2019). Keterampilan Dasar Permainan Futsal. Mbrige Press.
Wibowo, A. T., & Kushartanti, w. (2013). Modifikasi Permainan Sepakbola bagi Siswa SMA Penderita Asma. Jurnal Keolahragaan, 1(2), 104–119.
Wibowo, A. T., Syafitri, A., & Iwandana, D. T. (2019). Psychological Characteristics of PSIM Yogyakarta Players in Wading the League 2 Soccer Competition in 2019/2020. Quality in Sport, 5(3), 62. https://doi.org/10.12775/qs.2019.018
Widoyoko, Eko P. 2016. Teknik Penyusunan Instrumen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JSH: Journal of Sport and Health

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Fair Play Mercu Buana agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Fair Play Mercu Buana right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).