Pengaruh Konformitas dan Fanship terhadap Perilaku Konsumtif Merchandise pada Penggemar K-Pop di Gresik
DOI:
https://doi.org/10.26486/intensi.v2i2.3955Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konformitas dan fanship terhadap perilaku konsumtif merchandise pada penggemar k-pop di Gresik. Subjek dalam penelitian ini adalah penggemar k-pop di Gresik sebanyak 181 orang yang tergabung dalam grup whatsapp dan pernah melakukan pembelian merchandise. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu sampling kuota. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner yang terdiri atas tiga skala yaitu skala perilaku konsumtif, skala konformitas, dan skala fanship. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh konformitas dan fanship terhadap perilaku konsumtif merchandise dengan nilai F sebesar 50,473 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh konformitas dan fanship terhadap perilaku konsumtif sebesar 36,2%. Mayoritas subjek dalam penelitian ini memiliki konformitas, fanship dan perilaku konsumtif dengan kategori sedang.
Kata Kunci : Konformitas, Fanship, Perilaku Konsumtif
References
Ahdiat, A. (2022). Apa Merchandise Idol Korea yang Paling Laku di Indonesia? Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/07/apa-merchandise-idol-Korea-yang-paling-laku-di-Indonesia
Akasah, H. (2021, June 10). Demam BTS Serang Gresik, Antrian Panjang Hingga Langggar Prokes. Radar Gresik. https://radargresik.jawapos.com/kota-gresik/83930665/demam-bts-serang-gresik-antrean-panjang-hingga-langgar-prokes
Alila, T. S., & Dewi, D. K. (2024). Profil Perilaku Konsumtif pada Penggemar Idola K-Pop di Jawa Timur. Jurnal Fenomena, 33(1), 41–56. https://doi.org/10.30996/fn.33i1.11196
Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Pustaka Belajar
Bakti, I. S., Nirzalin, & Alwi. (2019). Konsumerisme dalam Perspektif Jean Baudrillard. Jurnal Sosiologi USK (Media Pemikiran & Aplikasi), 13(2), 147–166. https://doi.org/10.24815/ jsu.v13i2.15925
Ciptaningtyas, P., & Prasetyo, A. R. (2022). Konsumtif Pembelian Merchandise Pada Remaja Penggemar Grup K-Pop Nct ( Neo Culture Technology ). Jurnal EMPATI, 11, 381–385.
Desnika, K., & Tambunan, S. M. G. (2023). Consuming K-Pop Photocards: Mediated Intimacy in Indonesian Fan Practices. Athena: Journal of Social, Culture and Society, 1(3), 154–160. https://doi.org/10.58905/athena.v1i3.137
Dezianti, D. A. N., & Hidayati, F. (2021). Pengaruh Konformitas Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milenial. Journal of Psychological Science and Profession, 5(2), 151. https://doi.org /10.24198/jpsp.v5i2.28913
Fransisca, & Suyasa, P. T. Y. S. (2005). Perbandingan Perilaku Konsumtif Berdasarkan Metode Pembayaran. Jurnal Phronesis, 7(2), 172–199.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariete SPSS 25 (9th ed). Universitas Diponegoro.
Gumelar, S. A., Almaida, R., & Laksmiwati, A. (2021). Dinamika Psikologis Fangirl K-Pop. 9(1), 17–24. https://doi.org/10.22219/cognicia.v9i1.15059
Hakim, A. R., Mardhiyah, A., Irham, D. M., Nurkholifah, N., Ramdani, Z., & Amri, A. (2021). Pembentukan Identitas Diri Pada KPopers. Motiva : Jurnal Psikologi, 4(1), 18–31.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2021). Principles of Marketing (18 ed., Vol. 4, Issue 1). Pearson Education.
Lee, S. H., & Jung, K. S. (2018). Loyal Customer Behaviors: Identifying Brand Fans. Social Behavior and Personality, 46(8), 1285–1303. https://doi.org/10.2224/SBP.6482
Lina, & Rosyid, H. F. (1997). Perilaku Konsumtif Berdasar Locus oF Control Pada Remaja Putri. Psikologika, 2(4), 5–13. journal.uii.ac.id
Lolonto, C. D. C., Isa, R. A., & Abdussamad, Z. K. (2024). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Minat Beli Merchandise Kpop (Studi Pada Penggemar Kpop Di Kota Gorontalo). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(1), 216–223.
Mehrabian, A., & Stefl, C. A. (1995). Basic Temperament Components of Loneliness, Shyness, and Conformity. Social Behavior and Personality: An International Journal, 23(3). https://doi.org/ 10.2224/sbp.1995.23.3.253
Mothersbaugh, D. L., & Hawkins, D. I. (2016). Consumer Behavior Building Marketing Strategy Contributing Authors (13th ed.). McGraw Hill Education. www.mhhe.com
Mowen, J. C., & Minor, M. (2002). Perilaku Konsumen. Erlangga.
Murni, D. P. A., & Wahdiniwaty, R. (2022). Merchandise Brand Image Analysis in Shaping Consumptive Lifestyle A Community of Fans.
Proceeding of International Conference on Business, Economics, Social Sciences, and Humanities, 3, 225–230. https://doi.org/ 10.34010/icobest.v3i.140
Nisrina, D., Widodo, I. A., Larassari, I. B., & Rahmaji, F. (2020). Studi Tentang Pengaruh Budaya Korea Pada Penggemar K-Pop. Jurnal Penelitian Humaniora, 21(1), 78–88.
Reysen, S., & Branscombe, N. R. (2010). Fanship and Fandom: Comparisons Between Sport Fans and Non-Sport Fans. Journal of Sport Behavior, 33(2), 176–193.
Sindo, K. (2019, September 29). Pasar Besar Budaya K-Pop di Indonesia. Sindonews. https:// lifestyle.sindonews.com/berita/1443960/166/pasar-besar-budaya-k-pop-di-indonesia
Smith-Glaviana, D. C., & Lee, J. E. (2022). The Effect of Fan-Themed Apparel Products’ Signal Explicitness on Fans’ Perceptions: The Moderating Effect of Fanship. Fashion and Textiles, 9(1). https://doi.org/10.1186/s40691-022-00299-4
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Alfabeta.
Timokhovich, A., & Nikuradze, O. (2022). Digital Trends in the Consumption of South Korean Music Industry Cultural Products. KnE Social Sciences, 2022, 20–28. https://doi.org/ 10.18502/kss.v7i2.10271
Ujjwal, S., & Pranjal, P. (2023). K-pop & Hyper-Consumerism : A Colorful Chaos. International Journal of Law Management & Humanities, 6(5), 2147–2154. https://doij.org/10.10000 /IJLMH.116003
Wulandari, S. A., Budiati, A. C., & Nurhadi. (2018). Perilaku konsumtif peserta didik penggemar k-pop di SMA Negeri 4 Surakarta. Jurnal FKIP Universitas Sebelas Maret, 8(1), 1–15.
YeonJeong, K. (2022). Indonesia Negara Yang Paling Ramai Membicarakan K-Pop di Twitter 2021. Twitter. https://blog.twitter.com/in_id/topics/insights/2022/indonesia-negara-yang-paling-ramai-membicarakan-k-pop-di-twitter