Hubungan antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Konsumen pada Produk Agradaya

Authors

  • Hasnaini Mardhatillah Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Nur Fachmi Budi Setyawan Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26486/intensi.v2i1.3760

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pada perusahan Agaradaya dengan harapan untuk membantu meningkatkan kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen dapat ditingkatkan dengan kualitas pelayanan. Kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen sangat  penting bagi suatu penyedia jasa atau produk. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen di perusahan Agradaya. Subjek penelitian ini adalah remaja sampai lansia yang memiliki usia 18-60 tahun dengan jumlah 101 orang.  Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala kepuasan konsumen dan skala kualitas pelayanan. Metode analisis data menggunakan metode analisis korelasi product moment dari Karl Pearson. Hasil analisis data diperoleh nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,837 (p≤ 0,01). Hal ini menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen pada produk Agradaya. Nilai koefisien determinasi (R2 ) 0,700 hal tersebut menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan  memberikan sumbangan efektif sebesar 70% terhadap kupeasan konsumen dan sisanya 30% dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata Kunci : Kepuasan Konsumen, Kualitas Pelayanan, Konsumen

References

Alfaridzi, M. F., & Budiani, M. S. (2021). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan X. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(8).

Anis, Y. (2018). Hubungan Kebiasaan Belajar Efektif Dengan Prestasi Belajar Siswa. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 15(2), 101-120.

Apriasty, I., & Simbolon, M. E. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan: kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga (literature strategic marketing management). Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(1), 135-145.

Ariga, M. A. (2023). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Konsumen Di Drop Coffee Medan (Doctoral dissertation, Universitas Medan Area).

Armaniah, H., Marthanti, A. S., & Yusuf, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Ahass Honda Tangerang. Penelitian Ilmu Manajemen, 2(2), 2614-3747.

Hanggara, R. B. (2017). Pengaruh Strategi Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen (Doctoral dissertation, STIE Ekuitas).

Govinaza, A., & Budiani, M. S. (2022). Hubungan antara Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Toserba X. Jurnal Psikologi, 9(5), 143-152.

Jalaludin, J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Bina Sejahtera Bangun Persada Serang Banten Akademik: Jurnal Mahasiswa Ekonomi & Bisnis, 1(2), 40-48.

Mediti, O. C. M. S. P. (2020). Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Elektronik terhadap Kepuasan Konsumen pada Pengguna Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(4), 1290-1300.

Nukha, Z. U., Kurniati, R. R., & Hardati, R. N. (2021). Pengaruh Sertifikasi Halal, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Produk Herbal HPAI Di Kecamatan Poncokusumo). Jiagabi (Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis), 10(1), 75-84.

Kurniawati, N. S. E., & Krismawintari, N. P. D. (2018). Pengaruh pemasaran relasional terhadap kepuasan konsumen dan customer retention pada toko Herbal Angelo Store Ubud Bali. Jurnal Ekonomi dan Pariwisata, 13(1).

Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode penelitian kuantitatif. Deepublish.

Pungkasari, W. P. (2022). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Konsumen Pengguna Jasa Parkir Di Mall X Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).

Setyo, P. E. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen “best autoworks”. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(6), 755-764.

Zulkarnain, R., Taufik, H. E. R., & Ramdansyah, A. D. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pt Bank Syariah Mu‟amalah Cilegon). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(01), 87-110.

Downloads

Published

2024-01-28

How to Cite

Mardhatillah, H., & Budi Setyawan, N. F. (2024). Hubungan antara Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Konsumen pada Produk Agradaya. Jurnal Integrasi Riset Psikologi, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.26486/intensi.v2i1.3760