KONTRIBUSI KEMATANGAN EMOSI PADA INTENSI BERWIRAUSAHA KULINER MAHASISWA TINGKAT AKHIR
DOI:
https://doi.org/10.26486/psikologi.v20i2.754Keywords:
Kematangan Emosi, Intensi BerwirausahaAbstract
Studi ini bertujuan untuk memahami kontribusi kematangan emosi pada intensi berwirausaha kuliner mahasiswa. Yang menjadi subjek penelitian dalam penelitian ini mahasiswa di perguruan tinggi x di Yogyakarta. Studi ini dirancang dengan menggunakan metode survey, dengan menggunakan Skala Intensi Berwirausaha dan Skala Kematangan Emosi. Penelitian ini dimaksudkan sebagai penelitian pendahuluan yang dapat digunakan sebagai referensi untuk penelitian lebih lanjut, serta dasar pelatihan secara psikologis. Subjek dalam penelitian ini adalah 53 orang mahasiswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan antara kematangan emosi dan intensi berwirausaha kuliner mahasiswa tingkat akhir. Dari hasil perhitungan, yang diperoleh tingkat signifikansi p = 0.000 <0.01 dengan koefisien korelasi R = 0.597. Hal ini berarti bahwa pengujian hipotesis diterima, dan model regresi dapat digunakan untuk memperkirakan intensi berwirausaha kuliner pada mahasiswaReferences
Barnir, A., Watson, W. E., & Hutchins, H. M. 2011. Mediation and moderated mediation in the relationship among role models, self- efficacy, entrepreneurial career intention, and gender. Journal of Applied Social Psychology, 41(2), 270–297.
Baumassepe, A. N. 2001. Berwirausaha Sejak Mahasiswa. Makalah. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: STIE YKPN
Fini, R., Grimaldi, R., Marzocchi, G.L. and Sobrero, M. 2009. The Foundation of Entrepreneurial Intention. Summer Conference, June 2009, 17-19.
Ghazali, Z., Ibrahim, N.A., Zainol, F, A. 2013. Factors Affecting Entrepreneurial Intention Among UniSZA Students. Asian Social Science. 9 (1), 85-93.
Goleman, D. 2003. Emotional Intelligence. Terjemahan T Hermaya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Hurlock, E. B. 2002. Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga
Kuckertz, A & Wagner,M. September 2010. The Influence of Sustainability Orientation on Entrepreneurial Intentions—Investigating the Role of Business Experience. Journal of Business Venturing 25(5):524-539 •
Logiawan, Y., & Subagio,H. 2014. Analisa customer value terhadap customer loyalty dengan customer statisfaction sebagai variabel intervening pada restoran bandar djakarta surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1-11.
Murali, S., Mohani, A., & Yuzliani, Y. 2009. Impact of personal qualities and management skills of entrepreneurs on venture performance in Malaysia: opportunity recognition skills as a mediating factor. Technovation, 29, 798–805.
Paulina, I dan Wardoyo. 2012. Pengaruh Kecerdasan Emosi, Sikap Mandiri, dan Lingkungan Trhadap Intensi Berwirausaha pada Mahasiswa. Jurnal Dinamika Manajemen. 3 (1), 1-9.
Pihie, Z. A. L. 2009. Entrepreneurship as a Career Choice: An Analysis of Entrepreneurial SelfEfficacy and Intention of University Students. European Journal of Social Sciences. Vol. 9, No. 2, pp: 338-349.
Sari, W.S.L.N., & Suwandana, M.G.I. 2016. Pengaruh self efficacy terhadap keterlibatan kerja dan Kepuasan kerja karyawan pada IBIS Style Bali Benoa Hotel. Jurnal Manajemen Unud, 5(5), 3191-3218.
Segal, G., Borgia, D., & Schoenfeld, J. 2005. The motivation to become an entrepreneur. International Journal of Entrepreneurial Behavior and Research, 11(1), 42–57.
Shapero, A and Sokol, L, 1982. The Social Dimensions of Entrepreneurship. Encyclopedia of Entrepreneurship, Vol.,p. 72-90 1982.
Sumarni. 2006. Pengaruh Konsep Diri, Prestasi Belajar dan Lingkungan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa SMK Negeri 2 Semarang. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with INSIGHT: Jurnal Ilmiah Psikologi agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Insight right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Insight. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Insight.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).