HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP IKLAN ROKOK DENGAN PERILAKU MEROKOK PADA REMAJA
DOI:
https://doi.org/10.26486/psikologi.v17i1.680Keywords:
persepsi terhadap iklan rokok, perilaku merokokAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi terhadap iklan rokok dengan perilaku merokok pada remaja. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara persepsi terhadap iklan rokok dengan perilaku merokok pada remaja. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMK N Sedayu Bantul sebanyak 50 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan skala, yaitu skala perilaku merokok dan skala persepsi terhadap iklan rokok. Analisis data menggunakan korelasi product- moment dari Pearson. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap iklan rokok dengan perilaku merokok pada remaja, yaitu r = 0,626 p<0,05. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima yang berarti bahwa jika persepsi terhadap iklan rokok positif maka perilaku merokok pada remaja cenderung tinggi, sebaliknya jika persepsi terhadap iklan rokok negative maka perilaku merokok pada remaja akan cenderung rendah. Sumbangan efektif persepsi iklan rokok terhadap perilaku merokok sebesar 39,2% artinya masih terdapat beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi meningkatnya perilaku merokok pada remaja sebesar 60,8%.
References
Aeni. K., & Astuti. Y. D. (2009). Perilaku Merokok Remaja Ditinjau Dari persepsi Terhadap Merokok Dan Konformitas. Skripsi (Tidak diterbitkan). Yogyakrta: Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia.
Andarini, D. S., & Purnamasari, S. E. (2011). Efektivitas Pemberian Informasi Kesehatan Reproduksi Terhadap Penurunan Perilaku Merokok Pada Remaja Putri. Insight, 9(2), 188-203.
Ariani, R. D. (2011). Hubungan Antara Iklan Rokok Dengan Sikap Dan Perilaku Merokok Pada Remaja. Skripsi (Tidak diterbitkan). Semarang: Universitas Diponegoro.
Aritonang, M. R. (1997). Fenomena Wanita Merokok. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.
Ariyani, B. (2004). Hubungan antara Kecemasan dengan Perilaku Merokok. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Yogyakarta: Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia.
Asrori, M., & Ali, M. (2006). Psikologi Remaja: Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.
Gusti. (2011). 16 Persen Siswa SMP dan SMA Di Kota Yogyakarta Perokok. [Online], Terdapat pada URL; http://ugm.ac.id/id/berita/339016. persen.siswa.smp.dan.sma.di.kota.Yogyakarta.perokok. [Diakses pada tanggal 21 Febuari 2014].
Hasanah, A. U., & Sulastri. (2011). Hubungan antara dukungan orang tua, teman sebaya dan iklan rokok dengan perilaku merokok pada siswa laki-laki madrasah aliyah negeri 2 boyolali. Gaster, 8(1), 695-705.
Hurlock, B. (2000). Psikologi perkembangan: Suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Iskandar, M. S. (2011). Pembentukan Persepsi Visual Pada Iklan Televisi. Jurnal Visualita DKV, 3(1), 1-21.
Kedaulatan Rakyat. (Selasa, 11 Febuari 2014). Iklan Tingkatkan Perokok Remaja.
Komalasari, D., & Helmi, A. F. (2000). Faktor-Faktor Penyebab Merokok Pada Remaja. Jurnal Psikologi, 1,37 – 47.
Loviana, I., Wirawan Y. G., & Dewi, W. A. K. (2012). Persepsi Terhadap Celebrity Endoser Pada Iklan Kosmetik Dan Minat Beli Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologika, 17(1), 57-62.
Mu‟tadin, Z. (2002). Remaja dan Rokok. http://www.e-psikologi.com/rema.050602.html. (Online). Diakses tanggal 3 Mei 2013 Pukul 18.21 wib.
Nuradita, E., & Mariyam. (2013). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Tentang Bahaya Rokok Pada Remaja Di SMP Negeri 3 Kendal. Jurnal Keperawatan Anak, 1(1), 44-48.
Nurhayati. (2011). Persepsi Remaja Terhadap Iklan Rokok Dan Perilaku Merokok Di Kota Banda Aceh. Tesis (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Nurlailah, N. (2010). Hubungan Antara Persepsi Tentang Dampak Merokok Terhadap Kesehatan Dengan Tipe Perilaku Merokok Mahasiswa Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi (tidak diterbitkan). Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Selviani,T., Rahayuni, P., Mushoffa, N., & Ninda, R. (2003). Pengaruh Iklan Sampoerna A Mild Terhadap Minat Beli Pada Mahasiswa Fakultas Teknik Arsitektur Universitas Merdeka Malang. Jurnal Psikologi Tabularasa, 1(2), 25-28.
Tumigolung, H. C. S., & Wungouw, H., & Onibala, F. (2013). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Bahaya Merokok Di SMA Negeri 1 Manado. Jurnal Keperawatan (e-Kp), 1(1), 1-7.
Walgito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.
Widyatama, R. (2005). Pengantar Periklanan. Jakarta: Buana Pustaka Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Annisa Nurul Afif, Kamsih Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with INSIGHT: Jurnal Ilmiah Psikologi agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Insight right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Insight. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Insight.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).