HARGA DIRI DAN KEMATANGAN KARIER PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR
DOI:
https://doi.org/10.26486/psikologi.v20i1.633Keywords:
Harga diri, kematangan karier, mahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan kematangan karier pada mahasiswa S1 tingkat akhir di Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara harga diri dengan kematangan karier pada mahasiswa S1 tingkat akhir. Subyek penelitian ini yaitu mahasiswa S1 tingkat akhir di Yogyakarta, dengan usia 21-24 tahun dengan jumlah 101 orang. Metode pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode skala yakni skala Harga Diri dan skala Kematangan Karier. Analisis data menggunakan korelasi product moment. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan nilai r = 0,628 (p<0.05). Berdasarkan hasil korelasi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara harga diri dengan kematangan karier pada mahasiswa S1 tingkat akhir di Yogyakarta, sehingga hipotesis yang diajukan dapat diterima. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa variabel harga diri memberikan sumbangan sebesar R2 = 0,394 atau 39,4% terhadap kematangan karier dan 60,6% dipengaruhi oleh faktor lain.
References
Alwisol. (2002) Psikologi Kepribadian, Malang: Penerbit Universitas Muhammdiyah Malang.
Amy. (2015). Hubungan Antara Harga Diri dengan Kematangan Karier pada Siswa kelas XI Teknik Gambar Bangunan SMK Negri 2 Depok, Sleman, Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Bimbingan dan Konseling. Universitas Negeri Yogyakarta.
Azwar, S. (2003). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2004). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Badan Pusat Statistik. (2012). Survei Demogrfi. No. 75/11/TH XV. Diunduh dari http://www.bps.go.id. tanggal 20 Mei 2017.
Chapman, M.; Balabanov, R.; Bischoff, C; Dean, H.; Denyer, D; Jesten, B.; Johns, C.; & Politano, C. (1994). The Primary Program : A Framework for Teaching Education. Manual programme. Bristish Columbia Ministry of Education.
Branden, N. (2007). 6 Pilar Penghargaan Diri. Semarang: Dahara Prize.
Centi. P. J. (2004). Mengapa Rendah Diri. Alih bahasa: A.M Hardjana. Yogyakarta: Kanisius.
Coopersmith, S. (1987). Self-esteem inventories (SEI): Self-esteem inventories. Palo Alto: Consulting Psychologist Press.
Dariuszky, G. (2004). Membangun Harga Diri. Bandung : CV. Pionir Jaya.
Deddy S. (2017). Mencari solusi rendahnya serapan tenaga kerja sarjana kita Diunduh dari https://student.cnnindonesia.com/edukasi/20171026151125-445-251298 tanggal 20 Mei 2017.
Gonzalez, M. A. (2008). Career Marturity : A Priority for secondary education. Electronic Journal of Reaserch in Educational Pshcology, 6(3), 749-772.
Hervy, P. (2015). Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Kematangan Karier pada Mahasiswa S1 Tingkat Akhir di beberapa Perguruan Tinggi di Yogyakarta. Skripsi. Universitas Sanata Dharma.
Hurlock, E. B. 1990. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih Bahasa: Soedjarwo dan Iswidayanti. Jakarta: Erlangga.
Lutan, R (2003). Positive-Self-Esteem. Diunduh dari http:/www.positive-selfesteem-self-esteem-yang-sehat.pdf.com tanggal 29 Agustus 2017,.
McIntosh, P.I. (2000). Life career Development : Implications for school counselors. Education, 120(4), 621-625. http://search.proquest.com/openview/ 5df33a2135ad240b9fab8e5369fe1b81/1?pq-origsite=gscholar.
Mearns, J. (2009). The Social Learning Theory of Julian Rotter. Diunduh dari http://psych.fullerton.edu/jmearns/rotter.htm tanggal 22 Mei 2011.
Neill, J.T. (2006). Locus of Control – a Class Tutorial. (Electronic version). Diunduh dari http://www.wilderdom.com /personality/locus of control.html) tanggal 20 Juli 2017.
Priyatno, D. (2010). Paham Analisis Statistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: MediaKom.
Safitri, R. M. (2014). Modul Praktikum Analisis Data. Yogyakarta: Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Santrock, J.W (2002) Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : CV Alfabeta.
Savickas, M.L (2001). A Developmental Perspective on Vocational Behaviour Career Pattern, Salience, and Themes. International Journal for Educational and Vocational Guidance, 1, 49-57.
Silalahi, V. (2009). Hubungan Locus of Control dengan Perilaku Kesehatan Pada Masyarakat Perdesaan. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.
Yulianti, K.D., Hardjono, & Nugroho, A.A. (2013). Hubungan antara Harga diri dan Motivasi Berprestasi dengan Kematangan Karier pada Siswa Kelas XI SMK N 3 Surakarta. Jurnal Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 2(1), 1-11.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with INSIGHT: Jurnal Ilmiah Psikologi agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Insight right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Insight. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Insight.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).