Peningkatan Kemandirian Anak Usia Prasekolah Dengan Pemberian Pengukuh Positif
DOI:
https://doi.org/10.26486/psikologi.v18i1.348Keywords:
pengukuh positif, kemandirian anak usia prasekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pengukuh positif untuk meningkatkan kemandirian pada anak usia prasekolah. Hipotesis yang diajukan adalah Ada pengaruh pemberian pengukuh positif terhadap peningkatan kemandirian anak usia prasekolah, kemandirian anak selama dan setelah mendapatkan intervensi pemberian pengukuh positif mengalami peningkatan dibandingkan sebelum pemberian intervensi. Metode penelitian yang digunakan adalah kasus tunggal dalam bentuk desain eksperimen A-B-A. Pengukuran pemberian pengukuh positif menggunakan behavior checklist, sedangkan analisis datanya menggunakan visual inpection, dengan didukung analisis kualitatif, dengan uji Intraclass Correlation (ICC=0,989) dengan Sig.=0.000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku kemandirian subjek yang mendapatkan intervensi berupa pemberian pengukuh positif meningkat. Salah hal yang terungkap dari penelitian ini adalah ada sikap nrimo dari subjek, ketika salah satu pengukuh positif digantikan karena ketiadaan barang tersebut.
Â
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with INSIGHT: Jurnal Ilmiah Psikologi agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Insight right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Insight. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Insight.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).