Peningkatan Kemandirian Anak Usia Prasekolah Dengan Pemberian Pengukuh Positif

Authors

  • Novia Sinta Rochwidowati
  • Rahma Widyana

DOI:

https://doi.org/10.26486/psikologi.v18i1.348

Keywords:

pengukuh positif, kemandirian anak usia prasekolah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pengukuh positif untuk meningkatkan kemandirian pada anak usia prasekolah. Hipotesis yang diajukan adalah Ada pengaruh pemberian pengukuh positif terhadap peningkatan kemandirian anak usia prasekolah, kemandirian anak selama dan setelah mendapatkan intervensi pemberian pengukuh positif mengalami peningkatan dibandingkan sebelum pemberian intervensi. Metode penelitian yang digunakan adalah kasus tunggal dalam bentuk desain eksperimen A-B-A. Pengukuran pemberian pengukuh positif menggunakan behavior checklist, sedangkan analisis datanya menggunakan visual inpection, dengan didukung analisis kualitatif, dengan uji Intraclass Correlation (ICC=0,989) dengan Sig.=0.000. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku kemandirian subjek yang mendapatkan intervensi berupa pemberian pengukuh positif meningkat. Salah hal yang terungkap dari penelitian ini adalah ada sikap nrimo dari subjek, ketika salah satu pengukuh positif digantikan karena ketiadaan barang tersebut.

 

Downloads

Published

2017-11-09

How to Cite

Rochwidowati, N. S., & Widyana, R. (2017). Peningkatan Kemandirian Anak Usia Prasekolah Dengan Pemberian Pengukuh Positif. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 18(1), 49–65. https://doi.org/10.26486/psikologi.v18i1.348

Issue

Section

Articles