Cognitive Behaviour Therapy Untuk Peningkatan Harga Diri Remaja Putra Di Panti Asuhan “M” Klaten

Authors

  • Dian Hapsari
  • Kamsih Astuti
  • Sriningsih Sriningsih

DOI:

https://doi.org/10.26486/psikologi.v18i1.347

Keywords:

self esteem, cognitive behavior therapy (CBT)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efek dari Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk meningkatkan efikasi diri anak-anak muda di panti asuhan M Klaten. Pemberian program ini berdasarkan teori dari Driffin, dkk. (Matthys & Lochman, 2010) dalam bentuk perilaku manajemen, modeling, ketrampilan pemecahan masalah, restructuring dan relaksasi kognitif. Subjek berjumlah 10 anak muda laki-laki yang tinggal di panti asuhan dan memiliki self estem yang rendah berdasarkan pada skor dari Coopersmith Self Esteem Inventory (CSEI). Hasil dari hipotesis pertama dari penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan self esteem antara KE dan KK (Z=-0.329; p>0.05) dan hipotesis kedua pada penelitian ini terbukti bahwa hasil dari analisis menunjukkan perbedaan self esteem antara KE dan KK sebelum dan sesudah diberikan

CBT (Z=-2.070; p>0.05).

 

Downloads

Published

2017-11-09

How to Cite

Hapsari, D., Astuti, K., & Sriningsih, S. (2017). Cognitive Behaviour Therapy Untuk Peningkatan Harga Diri Remaja Putra Di Panti Asuhan “M” Klaten. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 18(1), 32–48. https://doi.org/10.26486/psikologi.v18i1.347

Issue

Section

Articles