Gambaran Stress dan Dampaknya Pada Mahasiswa

Authors

  • Sugiarti Musabiq Universitas Indoensia
  • Isqi Karimah Universitas Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26486/psikologi.v20i2.240

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran umum stress dan dampaknya pada mahasiswa yang dilihat dari kejadian sehari-hari. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Sebanyak 67 mahasiswa psikologi berpartisipasi dengan cara mengisi survey berbentuk pertanyaan terbuka tentang kejadian-kejadian yang menimbulkan stress serta dampak yang dirasakan dalam rentang waktu lima hari terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki lebih dari satu jenis stressor dan merasakan dampak dari stress di lebih dari satu aspek. Jenis stressor terbanyak yang dimiliki mahasiswa berasal dari intrapersonal (29.3%), yaitu berupa kondisi keuangan (23%) dan tanggung jawab di organisasi kampus (20%). Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa stress memiliki dampak terbesar terhadap aspek fisik (32%). Hal yang sangat sering dirasakan adalah kelelahan dan lemas (21.1%).

References

Barnes, A.P., & Montefusco, J.E. (2011). Role of stress in psychological disorders. New York: Nova Science Publisher, Inc.

Bressert, S. (2016). The impact of stress. Psych Central. Diunduh dari https://psychcentral.com/lib/the-impact-of-stress.

Esti, F. (2015). Properti kota depok makin menggairahkan. Property n Bank. Diunduh dari http://www.propertynbank.com/properti-kota-depok-makin-menggairahkan/.

Hamdi, I. (2016, Juni 2). Mahasiswa UI bunuh diri: bukan soal nilai, ini yang terjadi. Tempo. Diunduh dari https://m.tempo.co/.

Hanoch, Y., & Vitouch , O. (2004). When less is more: information, emotional arousal and the ecological reframing of the Yerkes- Dodson Law. Theory & Psychology, 14(4), 427- 452.

Hurlock, E.B. (1980). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan (5th ed.). Penerjemah: Istiwidayanti. Jakarta: Erlangga.

Juster, R.P. (2009, Maret). Mind-body differences in distress and stress reactivity among the sexes. Mamoth Magazine, 6, 7-8.

Misra, R., & Castillo, L.G. (2004). Academic stress among college students: comparison of american and international students. International Journal of Stress Management, 11(2), 132-148.

Oman, D., Shapiro, S.L., Thoresen, C.E., & Plante, T.G. (2008). Meditation lowers stress and supports forgiveness among college students: a randomized controlled trial. Journal of American College Health, 56 (5), 569- 578.

Prihananto, P.E. (2012). Warga korea mahasiswa UI itu tewas jatuh dari lantai 18. Kompas. Diunduh dari http://nasional.kompas.com/.

Ridner, S.H. (2004). Psychological distress: concept analysis. Journal of Advance Nursing, 45(5), 536-545.

Ross, S.E., Niebling, B,C., Heckert, T.M. (2008). Sources of stress among college students. College Student Journal, 33(2), 312-317.

Santrock, J.W. (2008). Life span-development. (11th ed.). New York: McGraw-Hill.

Downloads

Published

2018-08-30

How to Cite

Musabiq, S., & Karimah, I. (2018). Gambaran Stress dan Dampaknya Pada Mahasiswa. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 20(2), 75–83. https://doi.org/10.26486/psikologi.v20i2.240

Issue

Section

Articles