PENGARUH PELATIHAN PSIKOEDUKASI TERHADAP PEMAHAMAN ORANGTUA MENGENAI RESILIENSI ANAK CERDAS ISTIMEWA (GIFTED) DAN IMPLIKASINYA PADA ANAK

Authors

  • Endang Widyorini Unika Soegijapranata. http://orcid.org/0000-0002-8438-9468
  • M. Yang Roswita Universitas katolik Soegijapranata
  • Emiliana Primastuti Universitas katolik Soegijapranata
  • Daniswara Agusta Wijaya Universitas katolik Soegijapranata

DOI:

https://doi.org/10.26486/psikologi.v23i2.1605

Keywords:

Psikoedukasi, Relisiensi, Anak gifted

Abstract

Masalah rendahnya resiliensi sering terjadi pada anak cerdas istimewa, dengan tingkat inteligensi yang tinggi dan karakteristik kepribadaian yang khas yang berbeda dengan anak yang lain, membuat mereka berpotensi memiliki kesulitan dan kegagalan dalam penyesuaian diri baik dengan orang lain, maupun dengan dirinya sendiri. Metode penelitian denga quasi-experiment, dengan single group pretest-posttest. Partisipan adalah 16 orangtua yang memiliki anak  gifted yang bergabung dalam Parents Support Group of Gifted Children yang bertempat tinggal di Yogyakarta. Pendekatan dalam eksperimen menggunakan psikoedukasi dengan pelatihan. Pelaksanan dilakukan dengan daring, dilakukan dalam lima kali pertemuan selama lima minggu dengan materi sebagai berikut, pertama pemahaman tentang resiliensi, kedua problem resiliensi anak cerdas istimewa, ketiga mengidentifikasi protective factors dan risk factors pengembangan resiliensi anaknya, ke empat dan kelima pelatihan untuk meningkatkan pelatihan Mindfulness-Strength Focused dan Coping & Problem-Solving Focused Strategy. Hasil analisis stattistik menunjukkan peningkatan yang signifikan pada resiliensi anak gifted (t=t 4.467, p<0.00). Pelatihan ini juga berhasil meningkatkan pengetahuan orangtua tentang karakteristik anak gifted, resiliensi, dan mampu menerapkan tehnik-tehnik seperti Mindfulness-Strength Based Parenting, Mindfulness Breathing Exercise, setelah orangtua mendapat pelatihan atau psikoedukasi tentang resiliensi.

Author Biography

Endang Widyorini, Unika Soegijapranata.

Developmental Psychology

References

Alexopoulou, A., Batsou, A., & Drigas, A. (2019). Resilience and academic underachievement in gifted students: Causes, consequenses and strategic methods of prevention and intervention. iJoe, 15(14), 78-86. doi:https://doi.org/10.3991/ijoe.v15i14.11251

Atwool, N. (2006). Attachment and resilience: Implications for children in care. Child Care in Practice, 12(4), 315-330. doi:http://dx.doi.org/10.1080/1357527060086322 (7th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Prentice Hall.

Henley, R. (2010). Resilience enhancing psychosocial programmes for youth in different cultural context: Evaluation and research. Progress in Development Studies, 10(4), 295-307. doi:https://doi.org/10.1177/146499340901000403

• Jackson, R., & Watkin, C. (2004). The resilience inventory: Seven essential skills for overcoming life's obstacles and determining happiness. Selection & Development Review, 20(6), 13-17. DOI: 10.1093/acprof:oso/9780195150100.003.0009

Kaplan, C. P., Turner, S., Norman, E., & Stillson, K. (1996). Promoting resilience strategies: A modified consultation model. Social Work in Education, 18(3), 158-168. https://doi.org/10.1093/cs/18.3.158

Kerr, B. (2016). Resilience and Gifted Children. Retrieved July 1, 2020, from Davidson Institude: https://www.davidsongifted.org/search-database/entry/a10925

Lukens, E. P., & McFarlane, W. R. (2006). Psychoeducation as Evidence-Based Practice: Consideration for Practice, Research, ans Policy. In A. R. Roberts, & K. R. Yeager (Eds.), Foundations of evidence-based social work practice (pp. 291-313). Oxford University. Press. https://scholar.google.co.id/scholar?q=Lukens,+E.+P.,+%26+McFarlane,+W.+R.+(2006)&hl=en&as_sdt=0&as_vis=1&oi=scholart

Manasawala, S. A., & Desai, D. N. (2019). Meeting the educational needs of a gifted child: A parent's narrative. Gifted Education International, 35(3), 189-200. doi:https://doi.org/10.1177/0261429419863440

Myers, R. (2018, January 30). How to Develop Attachment with a Child. California. Retrieved July 20, 2020, from https://childdevelopmentinfo.com/development/how-to-develop-attachment-with-a-child/#gs.at3vwp

Sharp, J. E., Niemic, R. M., & Lawrence, C. (2016). Using mindfulness based strengths practices with gifted populations. Gifted Education International, 33(2), 131-144. doi:https://doi.org/10.1177/0261429416641009

Shure, M. B., & Aberson, B. (2005). Enhancing the Process of Resilience trough Effective Thinking. In S. Goldstein, & R. B. Brooks, Handbook of Resilience in Children (pp. 373-394). Boston: Springer. doi:https://doi.org/10.1007/0-306-48572-9_22

Smith, B. W., Dalen, J., Wiggins, K., Tooley, E., Christopher, P., & Bernard, J. (2008). The brief resilience scale: Assessing the ability to bounce back. International Journal of Behavioral Medicine, 15, 194-200. doi:httpss://doi.org/10.1080/10705500802222972

Supratiknya, A. (2011). Merancang Program dan Modul Psikoedukasi edisi revisi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. http://repository.usd.ac.id/id/eprint/12880

van Tiel, J. M., & van Tiel, J. F. (2015). Perfeksionisme & Faalangst: Anakku Cerdas Istimewa. Jakarta: Prenadamedia Group.

van Tiel, J. M., & Widyorini, E. (2014). Deteksi & Penanganan Anak Cerdas Istimewa (Anak Gifted). Jakarta: Prenadamedia Group.

Walsh, J. (2010). Psychoeducation in Mental Health. Oxford University Press.

Weber, C. L., & Stanley, L. (2012). Educating parents of gifted children: Designing effective workshops for changing parent perceptions. Gifted Child Today, 35(2), 128-136. doi:https://doi.org/10.1177/1076217512437734

Downloads

Published

2021-08-09

How to Cite

Widyorini, E., Roswita, M. Y., Primastuti, E., & Wijaya, D. A. (2021). PENGARUH PELATIHAN PSIKOEDUKASI TERHADAP PEMAHAMAN ORANGTUA MENGENAI RESILIENSI ANAK CERDAS ISTIMEWA (GIFTED) DAN IMPLIKASINYA PADA ANAK. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 23(2). https://doi.org/10.26486/psikologi.v23i2.1605

Issue

Section

Articles