PENGARUH PELATIHAN ASERTIVITAS UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA REMAJA DENGAN ORANGTUA BERCERAI

Authors

  • Amien Wikhayah Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Sri Muliati Abdullah Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26486/psikologi.v23i2.1589

Keywords:

Kepercayaan Diri, Pelatihan Asertivitas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan asertivitas terhadap kepercayaan diri pada remaja dengan orangtua bercerai. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya perbedaan tingkat kepercayaan diri remaja kelompok yang mendapatkan pelatihan asertivitas (Kelompok eksperimen) dengan kelompok yang tidak mendapatkan pelatihan asertivitas (Kelompok kontrol), dan adanya perbedaan kepercayaan diri sebelum dan sesudah diberikan pelatihan asertivitas. Hasil penelitian berdasarkan uji man whitney-U didapatkan hasil bahwa adanya pengaruh pelatihan asertivitas terhadap kepercayaan diri antara (kelompok ekperimen) yang mendapatkan pelatihan asertivitas, dengan (kelompok kontrol) yang tidak mendapatkan pelatihan asertivitas, dengan nilai Z -3.976 dan nilai Asymp sig 0,000 (p<0,05). Kemudian berdasarkan hasil uji wilcoxon rank test, didapatkan hasil bahwa adanya perbedaan skor kepercayaan diri sebelum dan sesudah diberikan pelatihan asertivitas, dengan nilai Z -2.940, dan nilai Asymp sig 0.003 (p<0,05).


References

Al-Mighwar, M. (2006) Psikologi Remaja. Bandung: CV Pustaka Setia

Alberti, R.E. & Emmons, M.L. (2002). Your Perfect Right: Assertiveness and Equality in Your Life and Relationships 8 edn. Terjemahan. Jakarta: Elex Media Komputindo

Azwar, S. (2008). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Azwar, S. (2008). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Corey, Gerald (2003). Teori dan Praktek Konseling Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama

Dariyo, Agoes (2004). Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor Selatan: Ghalia Indonesia.

Davies, P. (2006). Meningkatkan Rasa Percaya Diri. Yogyakarta: Torrent Book

Fatimah, E. (2013). Psikologi Perkembangan: Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Balai Setia

Fauziyah, N. (2003). Pelatihan Asertivitas: Upaya Meningkatkan Perilaku Asertif pada Perempuan Korban Pelecehan Seksual oleh Laki-laki. Tesis. Yogyakarta, Fakutas Psikologi Universitas Gajah Mada

Hurlock, E. B. (2004). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (terjemahan). Jakarta: Erlangga

Hetti, Rahmawati. (2008). Modifikasi Perilaku. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang

Ihromi (2004). Bunga Rampai Sosiologi Keluarga. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Lauster, P. (2002). Tes Kepribadian. Jakarta: PT Bumi Aksara

Nabila, I. A; Hardjono & Nugroho, A. (2012) Pengaruh Pemberian Pelatihan Asertivitas terhadap Kecenderungan Kenakalan Remaja pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bhineka Karya Surakarta. Jurnal Wacana Psikologi. 4 (2). 1-36

Walgito, Bimo. (2000). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset

Luxori, Y. (2005). Percaya Diri. Jakarta: Khalifa

Novianti, M. C. & Dr. Tjalla, A. (2008). Perilaku Asertif pada Remaja Awal. Laporan Penelitian: Universitas Gunadarm

Downloads

Published

2021-08-09

How to Cite

Wikhayah, A., & Abdullah, S. M. (2021). PENGARUH PELATIHAN ASERTIVITAS UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA REMAJA DENGAN ORANGTUA BERCERAI. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 23(2). https://doi.org/10.26486/psikologi.v23i2.1589

Issue

Section

Articles