PENGARUH PELATIHAN ASERTIVITAS UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA REMAJA DENGAN ORANGTUA BERCERAI
DOI:
https://doi.org/10.26486/psikologi.v23i2.1589Keywords:
Kepercayaan Diri, Pelatihan AsertivitasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan asertivitas terhadap kepercayaan diri pada remaja dengan orangtua bercerai. Hipotesis dalam penelitian ini adalah adanya perbedaan tingkat kepercayaan diri remaja kelompok yang mendapatkan pelatihan asertivitas (Kelompok eksperimen) dengan kelompok yang tidak mendapatkan pelatihan asertivitas (Kelompok kontrol), dan adanya perbedaan kepercayaan diri sebelum dan sesudah diberikan pelatihan asertivitas. Hasil penelitian berdasarkan uji man whitney-U didapatkan hasil bahwa adanya pengaruh pelatihan asertivitas terhadap kepercayaan diri antara (kelompok ekperimen) yang mendapatkan pelatihan asertivitas, dengan (kelompok kontrol) yang tidak mendapatkan pelatihan asertivitas, dengan nilai Z -3.976 dan nilai Asymp sig 0,000 (p<0,05). Kemudian berdasarkan hasil uji wilcoxon rank test, didapatkan hasil bahwa adanya perbedaan skor kepercayaan diri sebelum dan sesudah diberikan pelatihan asertivitas, dengan nilai Z -2.940, dan nilai Asymp sig 0.003 (p<0,05).
References
Al-Mighwar, M. (2006) Psikologi Remaja. Bandung: CV Pustaka Setia
Alberti, R.E. & Emmons, M.L. (2002). Your Perfect Right: Assertiveness and Equality in Your Life and Relationships 8 edn. Terjemahan. Jakarta: Elex Media Komputindo
Azwar, S. (2008). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Azwar, S. (2008). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Corey, Gerald (2003). Teori dan Praktek Konseling Psikoterapi. Bandung: PT Refika Aditama
Dariyo, Agoes (2004). Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor Selatan: Ghalia Indonesia.
Davies, P. (2006). Meningkatkan Rasa Percaya Diri. Yogyakarta: Torrent Book
Fatimah, E. (2013). Psikologi Perkembangan: Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Balai Setia
Fauziyah, N. (2003). Pelatihan Asertivitas: Upaya Meningkatkan Perilaku Asertif pada Perempuan Korban Pelecehan Seksual oleh Laki-laki. Tesis. Yogyakarta, Fakutas Psikologi Universitas Gajah Mada
Hurlock, E. B. (2004). Psikologi Perkembangan, Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan (terjemahan). Jakarta: Erlangga
Hetti, Rahmawati. (2008). Modifikasi Perilaku. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang
Ihromi (2004). Bunga Rampai Sosiologi Keluarga. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Lauster, P. (2002). Tes Kepribadian. Jakarta: PT Bumi Aksara
Nabila, I. A; Hardjono & Nugroho, A. (2012) Pengaruh Pemberian Pelatihan Asertivitas terhadap Kecenderungan Kenakalan Remaja pada Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bhineka Karya Surakarta. Jurnal Wacana Psikologi. 4 (2). 1-36
Walgito, Bimo. (2000). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset
Luxori, Y. (2005). Percaya Diri. Jakarta: Khalifa
Novianti, M. C. & Dr. Tjalla, A. (2008). Perilaku Asertif pada Remaja Awal. Laporan Penelitian: Universitas Gunadarm
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with INSIGHT: Jurnal Ilmiah Psikologi agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Insight right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Insight. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Insight.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).