PENGARUH PSIKODRAMA TERHADAP ASERTIVITAS PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.26486/psikologi.v22i2.1148Keywords:
psikodrama, asertivitas, mahasiswaAbstract
Mahasiswa diharapkan memiliki peran dalam kontrol sosial yang membutuhkan kemampuan untuk menolak sesuatu yang tidak baik, akan tetapi terkadang mahasiswa kesulitan untuk bersikap asertif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh psikodrama terhadap asertivitas pada mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh psikodrama terhadap asertivitas pada mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Karakteristik subjek yaitu mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang berusia 18-21 tahun dengan skor asertivitas sedang-rendah. Subjek penelitian ini berjumlah tujuh orang. Desain penelitian yaitu one group pretest-posttest. Pengambilan data penelitian menggunakan Skala Asertivitas. Teknik analisis data yang digunakan yakni uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil analisis menunjukkan nilai Z sebesar -2,201 dengan p=0,028 (p<0,05). Rata-rata skor pretest subjek sebesar 87,14 dan rata-rata skor posttest subjek sebesar 93,86. Hal tersebut menunjukkan bahwa psikodrama berpengaruh terhadap asertivitas. Tingkat asertivitas subjek setelah diberi psikodrama lebih tinggi daripada sebelum diberi psikodrama.
Â
Â
References
Alberti, R.E. & Emmons, M.L. (2017). Your Perfect Right. Canada: Raincoast Books.
Alberti, R.E. & Emmons, M.L. (2002). Your Perfect Right, Hidup Lebih Bahagia dengan Mengungkapkan Hak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Anindyajati, M. & Karima, C.M. (2004). Peran Harga Diri Terhadap Asertivitas Renaja Penyalahgunaan Narkoba (Penelitian Pada Remaja Penyalahgunaan Narkoba Di Tempat-Tempat Rehabilitasi Penyalahgunaan Narkoba). Jurnal Psikologi. 2(1), 49-73.
Blatner, A. (2000). Foundation of Psychodrama, Fourth Editiion. New York: Springer Publishing Company.
Crassini, B., Law, H.G., & Wilson, E. (2011). Sex differences in assertive behaviour? Australiian Journal of Psychology, 21(1):15-19
Evasanti, N. & Kumara, A. (2015). Bermain Musik Ansambel dan Perilaku Asertif dalam Belajar Sight Reading. Gadjah Mada Journal of Psychology. 1(2), 82-95.
Green, A. (2004). Kreativitas Dalam Public Relations. Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga.
Hasnabuana, Y., Sawitri, R.R. (2015). Asertivitas Ditinjau dari Kemandirian dan Jenis Kelamin Pada Remaja Awal Kelas VIII Di SMPN 1 Semarang. Jurnal Empati. 4(2), 219-223.
Rink, J. (2002). A Musical Performance, A Guide to Understanding. New York: Cambridge University Press.
Lianasari, D., Japar, M., & Purwati, P. (2018). Efektifitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Brainstorming untuk Meningkatkan Kemampuan Perilaku Asertif Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia. 3(1), 6-10.
Lubis, N.L. (2016). Konseling Kelompok. Jakarta: Kencana.
Marini, L., & Andriani, E. (2005). Perbedaan Asertivitas Remaja Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua. Psikologia. 1(2), 46-53
Orkibi, Hod. (2018). The User-Friendliness of Drama: Implications for Drama Therapy and Psychodrama Admission and Training. Israel: University of Haifa
Pramono, A. (2013). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Melalui Teknik Psikodrama untuk Mengembangkan Konsep Diri Positif. Jurnal Bimbingan Konseling. 2(2), 99-104.
Ribha, S. (2017). Peningkatan Perilaku Asertif Melalui Teknik Psikodrama Pada Siswa Kelas VII D di SMP Negeri 2 Moyudan. E-Journal Bimbingan dan Konseling. 3(6), 284-299.
Sadli. (2010). Berbeda Tetapi Setara Pemikiran Tentang Kajian Perempuan. Yogyakarta: PT Kompas Media Nusantara.
Saputri, L. (2019). Pelatihan Asertivitas untuk Peningkatan Asertivitas Pada Remaja Perlindungan dan Rehabilitas X Yogyakarta. Tesis. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Safithry, E.A. (2015). Efektivitas Pelatihan Resiliensi Terhadap Peningkatan Perilaku Asertif Mahasiswa FKIP UM Palangkaraya. Pedagogik Jurnal Pendidikan. 10(1), 79-89.
Sari, S.P. (2017). Teknik Psikodrama dalam Mengembangkan Kontrol Diri Siswa. Jurnal Fokus Konseling. 3(2), 123-137.
Sarwono, S.W. (2004). Psikologi Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Semiun, Y. (2006). Kesehatan Mental 3. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Siregar, T.S. (2015). Efektivitas Metode Psikodrama Dalam Meningkatkan Kemampuan Bermain Drama Oleh Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Stabat. Jurnal Edukasi Kultura. 2(2), 115-126.
Suparni. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi Terhadap Peningkatan Kemampuan Perpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Didaktik Matematika. 5(2), 11-19.
Wati, N.I., Budiono, A.N., & Mutakin, F. (2018). Bimbingan Konseling dengan Teknik Psikodrama Untuk Menurunkan Burnout Pada Siswa. Jurnal Consulenza. 1(1), 21-28.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with INSIGHT: Jurnal Ilmiah Psikologi agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Insight right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Insight. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Insight.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).