INGAT ATAU TIDAK INGAT? SUATU PENELITIAN PADA MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN INDUKSI MINDFULNESS

Authors

  • ka Yan Universitas Kristen Maranatha
  • Lie Fun Fun Universitas Kristen Maranatha
  • Cakrangadinata Cakrangadinata Universitas Kristen Maranatha

DOI:

https://doi.org/10.26486/psikologi.v22i2.1039

Keywords:

mindfulness, memori, jangka pendek, jangka panjang

Abstract

kesadaran dan menanggapi secara terampil proses-proses mental yang berkontribusi pada emotional distress dan perilaku yang maladaptif (Bishop, et al., 2004). Dengan demikian, mindfulness membuat seseorang lebih well being, memiliki atensi yang lebih terpusat dan pada akhirnya lebih akurat dalam mengingat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh mindfulness terhadap memori sehingga menggunakan metode eksperimental. Sampel yang dipilih adalah mahasiswa  sebanyak 76 orang untuk studi  pertama  (untuk mengetahui pengaruh pada short term memory) dan 60 orang  untuk studi  kedua (untuk mengetahui pengaruh pada long term memory). Masing-masing studi terdiri dari kelompok eksperimen dan kontrol. Alat ukur memori yang dipakai adalah clip dan pertanyaan tentang clip ‘Pay It Forward’ yang disusun oleh Carissa (2017) untuk studi 1, sedangkan untuk study 2 menggunakan alat ukur baku yaitu The Rey Ostterieth Complex Figure (ROFC) oleh Rey dan Osterrieth. Pada studi pertama, diperoleh hasil tidak terdapat perbedaan short term memory pada mahasiswa. Sedangkan pada studi kedua diperoleh hasil terdapat perbedaan long term memory pada mahasiswa. Untuk penelitian selanjutnya, peneliti menyarankan penelitian mengenai mindfulness dan long term memory, dengan menggunakan alat ukur memori lain (seperti kata-kata maupun angka). Peneliti juga menyarankan melakukan penelitian dengan melakukan induksi mindfulness dalam jangka waktu lebih panjang atau melakukan intervensi mindfulness selama 8 minggu.

References

Bishop, S.R., Lau, M., Shapiro, S., Carlson, L, Anderson, N.D., Carmody, J... Devins, G. (2004). Mindfulness: A proposed operational definition. Clinical Psychology: Science and Practice, 11. 230-241. Doi:10.1093/clipsy/bph077

Brown, K. W., & Ryan, R. M. (2003). The benefits of being present: mindfulness and its role

in psychological well-being. Journal of personality and social psychology, 8, 822.

Brown, K.W., Goodman, R.J., Ryan, R.M, & Analayyo, B. (2016). Mindfulness enhances episodic memory perfomance:evidence from multimethod investigation. PLoS ONE 11(4): e0153309.doi:10.1371/journal.pone.0153309

Carissa, G.I. (2017). Pengaruh Menutup Mata Terhadap Recall Dalam Working Memory Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Angkatan 2014 Universitas “X†(Skripsi, Universitas Kristen Maranatha, Indonesia)

Canham, R. Smith, S.L & Tyrell, A. (2000). Automated scoring of a neuropsychological test: The Rey Ostterieth Complex Figure. Conference Proceedings of the EUROMICRO. 2:2406-2413. doi: 10.1109/EURMIC.2000.874519

DeStefano, D., & LeFevre, J.A. (2004). The role of working memory in mental arithmetic. European Journal of Cognitive Psychology, 16. doi: 10.1080/09541440244000328

Didonna (ed) & Kabat Zinn, Jon (2009) . Clinical Handbook of Mindfulness. USA : Springer Sience + Business Media.

Graziano, A. M., & Raulin, M.L (2010). Research Methods : A Process of Inquiry. Boston : Pearson Education.

http://www.fimela.com/kesehatan/29502-waspada-stres-di-usia-20-an-tahun-makin-meningkat-mengapa.html

https://www.liputan6.com/bisnis/read/3918156/kenali-penyebab-stres-dan-cara-mengatasinya

http://print.kompas.com/baca/iptek/kesehatan/2015/05/21/Masyarakat-TerbelengguStres

Kabat-Zinn, J. (1990). Full Catasthrope Living: Using the Wisdom of Your Mind to Face Stress, Pain and Ilness. New York : Dell.

Kabat-Zinn, J. (2016). Mindfulness For Beginners: Reclaiming The Present Moment And Your Life. Kanada :Sounds True, Inc.

Kalmendal, A. (2017). Mindfulness and working memory : evaluating short term meditation effects on working memory related task and self reported health benefits. Researchgate.net/publication/313376815

Kantowitz, B.H., Roediger, H.L. & Elmes, D.G. (2008). Experimental Psychology (9th ed). USA: Wadsworth Thomson Learning.

Kompas. (2018) Secara Global, Tingkat Stres di Indonesia Disebut Paling Rendah. (https://lifestyle.kompas.com/read/2018/07/09/193000820/secara-global-tingkat-stres-orang-indonesia-disebut-paling-rendah

Lau, M. A., Bishop, S. R., Segal, Z. V., Buis, T., Anderson, N. D., Carlson, L., & Devins, G. (2006). The Toronto mindfulness scale: Development and validation. Journal of clinical psychology, 62, 1445-1467.

Mrazek, M.D el al. (2013). Mindfulness training improve working memory capacity and GRE perfomance while reducing mind wandering. Psychological Sciences, 24, 775-781.doi:10.1177/0956797612459659

Movahedi, M., Rahmatabadi, N.D. 2016. The importance of listening and short term memory in interpreting. Retrieved from https://translationjournal.net/April-2016/the-importance-of-listening-and-short-term-memory-in-interpreting.html

Rosentreich, E. (2015). Mindfulness and false memory: the impact of mindfulness practice on the DRM Paradigm. The Journal of Psychology Interdisiplinary and Applied.

Sargenius, H.L, Bylsma, F.W., Lydersen, S., & Hestad, K. (2017). Visual constructional ability in individuals with severe obesity: rey complex figure test accuracy and the q score. Front. Psychol., doi.org/10.3389/fpsyg.2017.01629

St Clair- Thompson, H.L. (2007). The influence of strategies upon relationships between working memory and cognitive skills, Memory 15, 355-365. https:doi.org/10.1080/09658210701261845

Tariq, S & Noor, S. (2012). Impact of working memory on academic achievement of University Science Students in Punjab, Pakistan. Journal of Education and Practice, 3.

Valenska, G. (2019). Hubungan derajat mindfulness trait dan psychological well being pada mahasiswa fakultas psikologi di universitas “X†Bandung. (Skripsi, Universitas Kristen Maranatha, Indonesia).

Wilson, B.M., Mickes, L., Stolarz-Fantino, S., Evrad, M. Fantino, E. (2015). Increase false memory susceptibility after mindfulness meditation. Pyschological Science, 26, 1567-1573. doi:10.1177/0956797615593705

Wu, Q., Shi, L., Xia, Z., Lu, L. (2013). Effects of duration and contents on mindfulness training on depression. Psychology, 4, 8-17. http://dx.doi.org/104236/psych.2013.46A1002

Yusainy, C. (2013). Overcoming aggresion : musing on mindfulness and self control. (Doctoral thesis, University of Nottingham, England, United Kingdom).

Downloads

Published

2020-08-31

How to Cite

Yan, ka, Fun, L. F., & Cakrangadinata, C. (2020). INGAT ATAU TIDAK INGAT? SUATU PENELITIAN PADA MAHASISWA DENGAN MENGGUNAKAN INDUKSI MINDFULNESS. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 22(2), 92–102. https://doi.org/10.26486/psikologi.v22i2.1039

Issue

Section

Articles