KORELASI ANTARA KOORDINASI MATA TANGAN DAN KEKUATAN OTOT LENGAN DENGAN KETEPATAN SERVIS ATAS BOLAVOLI PEMUDA DI DESA SANGGRAHAN

Danang Endarto Putro, Anung Probo Ismoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara koordinasi mata tangan dan kekuatan oror lengan dengan ketepatan servis atas bolavoli pemuda di desa sanggrahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey yaitu pengumpulan datanya dengan menggunakan tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 20 orang pemuda pemain bolavoli di desa sanggrahan. Instrumen penelelitian ini menggunakan tes koordinasi mata-tangan, tes kekuatas otot lengan, dan ter ketepatan servis. Teknis analisis data dalam penelitia ini menggunakan uji korelasi ganda dan uji t. Pada koordinasi mata-tangan terdapat sumbangan yang signifikan terhadap ketepatan servis atas. Besarnya hubungan tersebut adalah 0,669 secara sederhana dan sebesar 0,469 secara parsial. Sumbangan yang diberikan variabel koordinasi mata-tangan adalah 25,3%. Pada kekuatan otot lengan terdapat sumbangan yang signifikan terhadap ketepatan servis atas. Besarnya hubungan 0,720 secara sederhana dan 0,427 secara parsial. Sumbangan yang diberikan sebesar 28,6%.


Keywords


Servis, Bola Voli

Full Text:

PDF

References


Badaru, B. (2015). Analisis Peranan Sarana dan Prasarana Penjasorkes Terhadap Minat Belajar Penjasorkes di SMA Negeri 10 Makassar. Jurnal ILARA, Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar.

Chan, F. (2012). Strength Training (Latihan Kekuatan). Cerdas Sifa.

Hanafi, S. (2015). HUBUNGANMOTOR FITNESSDENGANKETERAMPILAN BERMAINBOLA VOLI Fazlullah. Jurnal ILARA. https://doi.org/http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-jasmani/article/download/7505/3425

Iskandar. (2014). Hubungan Koordinasi Mata-tangan dengan Servis Atas Bola Voli Mahasiswa Putra Penjaskes IKIP-PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Olah Raga.

Nur, M., Hidayah, T., Artikel, S., korespondensi, A., Mayjend Sutoyo, J., & Tengah, J. (2017). Journal of Physical Education and Sports Pengaruh Metode Latihan dan Power Otot Tungkai terhadap Kelincahan. 279 JPES.

Permadi, J., & Syam, A. R. (2016). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar dribble bola basket. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(1), 13–23.

Pradina, Y. ., & Pramono, M. (2016). Tingkat Kecemasan Atlet Bolavoli Putri Pada Kejuaraan Liga Remaja Tingkat Jawa Timur Tahun 2016. Jurnal Kesehatan Olahraga.

Prakoso, D. P., & Setiyo Hartoto. (2015). Pengukuran Tingkat Kebugaran Jasmani Terhadap Siswa Yang Mengikuti Ekstrakulikuler Bolavoli di SMS DR.Soetomo Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan.

Priyono, B. (2012). jurnal media ilmu keolahragaan indonesia. Pengembangan Pembangunan Industri Keolahragaan Berdasarkan Pendekatan Pengaturan Manajemen Pengelolaan Kegiatan Olahraga.

Ratno, P., & Darmawan, M. (2019). PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN PLIOMETRIK SQUAT JUMP DAN KNEE TUCK JUMP TERHADAP PENINGKATAN POWER TUNGKAI. Sains Olahraga : Jurnal Ilmiah Ilmu Keolahragaan. https://doi.org/10.24114/so.v2i1.12875

Yudhianto, A., & Hartati, S. christina yuli. (2013). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar servis bawah bolavoli. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1(2), 307–310.




DOI: https://doi.org/10.26486/jsh.v2i2.2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Danang Endarto Putro, Anung Probo Ismoko