TERAPI OKUPASI MENYULAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB YAPENAS YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.26486/psikologi.v17i1.685Keywords:
Terapi okupasi menyulam, kemampuan motorik halus, tunagrahita ringanAbstract
Terapi okupasi menyulam adalah terapi yang melatih gerapak halus dari tangan dan merupakan suatu peluang memberikan suatu keaktifan kerja kepada siswa tunagrahita ringan. tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada siswa tunangrahita ringan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah single case eksperimen dengan melihat hasil pretest dan posttest subjek terapi melalui visual inspection dan uji parametrik paired sampel t-test untuk melihat apakah ada perbedaan sebelum dan sesudah pemberian terapi okupasi dilakukan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa terapi okupasi dapat meningkatkan kemampuan motorik hasil pada siswa tunagrahita ringan.
References
Anggun. B. (2012). Jenis Sulaman. http:// bordiranggunkediri.wordpress.com/2012/03/. Diunduh pada tanggal 7 September 2013.
Arikunto. (2007). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Astati. (1995). Terapi Okupasi, Bermain, dan Musik Untuk Anak Tunagrahita. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Proyek Pendidikan Tenaga Guru
Anita. Y. (2009). Anak Tunagrahita. Diunduh pada tanggal 14 Mei 2013. https://sites.google.com/site/myarticle1/myarticle2/orthopedagogik/anaktunagrahita
Alimin. Z. (2012). Hambatan Belajar Dan Perkembangan Anak Dengan Gangguan Motorik (Modul 3). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia
Delaney. M.S. (2010). 101 Permainan & Aktivitas Untuk Anak-anak Penderita Autisme, Asperger & Gangguan Pemrosesan Sensorik. Yogyakarta: ANDI
DSM IV-TR. Kriteria Diasgnostik. Untuk Kalangan Sendiri.
Fazriyanti. W. (2012). Menyulam Life Skill Untuk Perempuan Mandiri. http://female.kompas.com/read/2012/04/10/. Diunduh pada tanggal 7 september 2013
Gustiana. A. D. (2011). Pengaruh Permainan Modifikasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar dan Kognitif Anak Usia Dini. (Studi kuasi eksperimen pada kelompok B TK Kartika dan TK Lab. UPI). Edisi khusus No. 2. ISSN 1412-565X.
Gusril. Dkk. (2006). Model Pengembangan Motorik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran. Diterbitkan Universitas Negeri Padang, 29(2)
Haryani. P., & Dewi. K. (2013). Efektivitas Penerapan Terapi Bermain Bola Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Tunagrahita Ringan Kelas 1 SMPLB. Jurnal Penelitian Psikologi, 1(2).
Hurlock. (1978). Child Development. Sixth Edition. New York: Mc. Graw Hill, Inc.
Kartono. K. (1995). Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung: CV. Mandar Maju
Lubis. L., & Pieter. Z. (2010). Pengantar Psikologi dalam Keperawatan. Jakarta: Kencana Pranada Media Group
Maramis. F. (2005). Ilmu Kedokteran Jiwa. Surabaya: Universitas Airlangga
Mangungsong. F. (2009).Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Depok: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi UI.
Mumpuniarti (2000). Penanganan Anak Tunagrahita. Yogyakarta: Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Yogyakarta
Nurlina. (2008). Terapi Okupasi untuk Keterampilan Pita Rambut Pada Anak Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 4(1).
Riskasari. W. Dkk. (2011). Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah Ditinjau Dari Bender Gestalt. Insan, 13(03),
Samsudin. (2005). Pengembangan Motorik di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta.
Safaria. T., & Saputra. E. (2009). Managemen Emosi (Sebuah Panduan Cerdas Bagaimana Mengelola Emosi Positif Dalam Hidup Anda). Jakarta: Bumi Aksara
Soetjiningsih. (1994). Tumbuh Kembang Anak. Universitas Airlangga Surabaya: Surabaya
Sukinah. (2012). Terapi Okupasi. Pendidikan Luar Biasa FIP UNY. Power Point Bahan Ajar
Suriptini (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Menyulam Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas VIII SMPLB di SLB PGRI Minggir Sleman Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Tidak diterbitkan
Suniati, L. Yulianto, A. (2009). Psikologi Eksperimen. Jakarta: Indeks
Wati. I. D. (2008). Kemampuan Motorik Kasar Siswa Sekolah Dasar Penderita Obesitas di Kota Yogyakarta. Tesis. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Pascasarjana Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Tidak diterbitkan
Widayanti. G. (2011). Terapi Perilaku ABA (Applied Behavior Teraphy). Fak. Psikologi Univ. Diponegoro. Power Point
Zechmeister. J. dkk. (2007). Metodologi Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2019 Da’watul Islamiyah, Rahma Widyana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with INSIGHT: Jurnal Ilmiah Psikologi agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Insight right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Insight. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Insight.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).