TERAPI OKUPASI MENYULAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB YAPENAS YOGYAKARTA

Da’watul Islamiyah, Rahma Widyana

Abstract


Terapi okupasi menyulam adalah terapi yang melatih gerapak halus dari tangan dan merupakan suatu peluang memberikan suatu keaktifan kerja kepada siswa tunagrahita ringan. tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus pada siswa tunangrahita ringan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah single case eksperimen dengan melihat hasil pretest dan posttest subjek terapi melalui visual inspection dan uji parametrik paired sampel t-test untuk melihat apakah ada perbedaan sebelum dan sesudah pemberian terapi okupasi dilakukan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa terapi okupasi dapat meningkatkan kemampuan motorik hasil pada siswa  tunagrahita ringan.


Keywords


Terapi okupasi menyulam, kemampuan motorik halus, tunagrahita ringan

Full Text:

PDF

References


Anggun. B. (2012). Jenis Sulaman. http:// bordiranggunkediri.wordpress.com/2012/03/. Diunduh pada tanggal 7 September 2013.

Arikunto. (2007). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Astati. (1995). Terapi Okupasi, Bermain, dan Musik Untuk Anak Tunagrahita. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Proyek Pendidikan Tenaga Guru

Anita. Y. (2009). Anak Tunagrahita. Diunduh pada tanggal 14 Mei 2013. https://sites.google.com/site/myarticle1/myarticle2/orthopedagogik/anaktunagrahita

Alimin. Z. (2012). Hambatan Belajar Dan Perkembangan Anak Dengan Gangguan Motorik (Modul 3). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Delaney. M.S. (2010). 101 Permainan & Aktivitas Untuk Anak-anak Penderita Autisme, Asperger & Gangguan Pemrosesan Sensorik. Yogyakarta: ANDI

DSM IV-TR. Kriteria Diasgnostik. Untuk Kalangan Sendiri.

Fazriyanti. W. (2012). Menyulam Life Skill Untuk Perempuan Mandiri. http://female.kompas.com/read/2012/04/10/. Diunduh pada tanggal 7 september 2013

Gustiana. A. D. (2011). Pengaruh Permainan Modifikasi Terhadap Kemampuan Motorik Kasar dan Kognitif Anak Usia Dini. (Studi kuasi eksperimen pada kelompok B TK Kartika dan TK Lab. UPI). Edisi khusus No. 2. ISSN 1412-565X.

Gusril. Dkk. (2006). Model Pengembangan Motorik Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran. Diterbitkan Universitas Negeri Padang, 29(2)

Haryani. P., & Dewi. K. (2013). Efektivitas Penerapan Terapi Bermain Bola Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Pada Tunagrahita Ringan Kelas 1 SMPLB. Jurnal Penelitian Psikologi, 1(2).

Hurlock. (1978). Child Development. Sixth Edition. New York: Mc. Graw Hill, Inc.

Kartono. K. (1995). Psikologi Anak (Psikologi Perkembangan). Bandung: CV. Mandar Maju

Lubis. L., & Pieter. Z. (2010). Pengantar Psikologi dalam Keperawatan. Jakarta: Kencana Pranada Media Group

Maramis. F. (2005). Ilmu Kedokteran Jiwa. Surabaya: Universitas Airlangga

Mangungsong. F. (2009).Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Depok: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi UI.

Mumpuniarti (2000). Penanganan Anak Tunagrahita. Yogyakarta: Pendidikan Luar Biasa Universitas Negeri Yogyakarta

Nurlina. (2008). Terapi Okupasi untuk Keterampilan Pita Rambut Pada Anak Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Luar Biasa, 4(1).

Riskasari. W. Dkk. (2011). Motorik Halus Pada Anak Usia Prasekolah Ditinjau Dari Bender Gestalt. Insan, 13(03),

Samsudin. (2005). Pengembangan Motorik di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta.

Safaria. T., & Saputra. E. (2009). Managemen Emosi (Sebuah Panduan Cerdas Bagaimana Mengelola Emosi Positif Dalam Hidup Anda). Jakarta: Bumi Aksara

Soetjiningsih. (1994). Tumbuh Kembang Anak. Universitas Airlangga Surabaya: Surabaya

Sukinah. (2012). Terapi Okupasi. Pendidikan Luar Biasa FIP UNY. Power Point Bahan Ajar

Suriptini (2012). Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Menyulam Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas VIII SMPLB di SLB PGRI Minggir Sleman Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Tidak diterbitkan

Suniati, L. Yulianto, A. (2009). Psikologi Eksperimen. Jakarta: Indeks

Wati. I. D. (2008). Kemampuan Motorik Kasar Siswa Sekolah Dasar Penderita Obesitas di Kota Yogyakarta. Tesis. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Pascasarjana Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada Yogyakarta. Tidak diterbitkan

Widayanti. G. (2011). Terapi Perilaku ABA (Applied Behavior Teraphy). Fak. Psikologi Univ. Diponegoro. Power Point

Zechmeister. J. dkk. (2007). Metodologi Penelitian Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar




DOI: https://doi.org/10.26486/psikologi.v17i1.685

Article Metrics

Abstract view : 90 times
PDF - 501 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Da’watul Islamiyah, Rahma Widyana

Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Indexed by

  ipiii.png 

Crossref logo Dimensions Google Scholar

View INSIGHT Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.