PELATIHAN EFIKASI DIRI UNTUK MENINGKATKAN EFIKASI DIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERWIRAUSAHA ANAK DOWN SYINDORME PADA ORANGTUA

Sowanya Ardi Prahara, Kondang Budiyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris apakah pelatihan efikasi diri mampu meningkatkan efikasi terhadap kemampuan berwirausaha anak down syndrome pada diri orangtua. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan efikasi diri orangtua terhadap kemampuan berwirausaha anak down syndrome sebelum dan sesudah pelatihan pada kelompok eksperimen. Subjek penelitian sebanyak 6 orangtua yang memiliki anak down syndrome yang mendapatkan skor rendah dari Skala Efikasi Diri terhadap kemampuan berwirausaha anak down syndrome. Design eksperimen yang digunakan adalah one group pretest-postest design. Hasil analisis data menggunakan teknik analisis data Wilcoxon matched pairs sigend-ranks test menunjukkan nilai Z yang didapat sebesar -2.207 dengan p = 0.0135 (p = <0.05). Hasil tersebut menunjukkan adanya perbedaan tingkat efikasi diri terhadap kemampuan berwirausaha anak down syndrome pada orangtua yang signifikan antara sebelum dan setelah diberikan pelatihan efikasi diri.


Keywords


pelatihan efikasi diri, efikasi diri, down syndrome, wirausaha

Full Text:

PDF

References


Ancok. (2002). Outbond management training. Yogyakarta: UII Perss.

Azwar, S. (1999). Metode penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The excercise of control. New York: Freeman.

Bandura, A. (2009). Self-efficacy in changing societies. New York: Cambridge University Press.

Baron, R.A., & Byrne, D. (2004). Psikologi sosial. Jakarta: Erlangga.

Bernstein, D. A., Nietzel, M. T., & Milich, R. S. (1998). Introduction to clinical psychology (5th edition). Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, Inc.

Baron, R.A., & Byrne, D. (2004). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.

Buckley, Sue. (2000). Down Syndrome Issues and Information: Overview Living With Down Syndrome. Hamprhire: The Down Syndrome Educational Trust.

Buckley, S. & Bird, G. (2001). Memory development for individuals with Down syndrome. Portsmouth, UK: The Down Syndrome Educational Trust.

Helmystianti, VE. (2017). Pengaruh peningatan efikasi diri pada guru untuk meningkatkan efikasi diri kemampuan matematika siswa sekolah dasar. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Psikologi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Kathlyn, Reed L. (2001). Quick Reference to Occuptional Therapy. Texas: Housten Center.

Martino, SC., Collins, RL., Kanouse, DE., Elliot, M., & Berry, SH. (2005). Social cognitive processes mediating the relationship between exposure to television’s sexual content and adolescents’ sexual behavior. Journal of personality and Social Psychology, 89(6), 914-924.

McDougall, GJ., & Kang, J. (2003). Memory self-efficacy and memory performance in older males. International Journal pf Men’s Health, 2(2), 131-147.

Monks, F.J., Knoers, A.M.P., & Haditono, S.R. (2004). Psikologi perkembangan: Pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ritonga, M. J. (2005). Tipologi pesan persuasif. Jakarta: PT. Indeks.

Sadock, J. B. Kaplan, I. H., & Grebb, A. J. 1997. Sinopsis psikiatri ilmu pengetahuan prilaku psikiatri klinis. (Edisi ke-7. jilid 2). Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Trihendradi, C. (2009). Step by Step SPSS 16 : Analisis Data Statistik. Yogyakarta : Penerbit Andi Offset

Uzuntiryaki, E. (2008). Exploring the sources of turkish pre-srvice chemistry teachers’ chemistry self-efficacy beliefs. Australian Journal of Teacher Education, 33(6), 12-28.




DOI: https://doi.org/10.26486/psikologi.v20i1.629

Article Metrics

Abstract view : 68 times
PDF - 145 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sowanya Ardi Prahara, Kondang Budiyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.