GAMBARAN DUKUNGAN SUAMI DALAM RELASI SOSIAL SUAMI DENGAN ISTRI BEKERJA YANG MENGALAMI KONFLIK PEKERJAAN-KELUARGA (DALAM KELUARGA JAWA) : PENDEKATAN INDIGENOUS PSYCHOLOGY

Authors

  • Triana Noor Edwina Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Muhammad Wahyu Kuncoro Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Sowanya Ardi Prahara Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26486/psikologi.v22i1%20Feb.1023

Keywords:

dukungan suami, relasi sosial, konflik pekerjaan-keluarga, keluarga jawa, pendekatan indigenous psychology

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bentuk dukungan suami dan relasi sosial antara suami dengan istri  bekerja yang mengalami konflik pekerjaan-keluarga, dalam keluarga Jawa, berbasis pendekatan indigenous psychology. Penelitian ini dilaksanakan di Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai salah satu pusat budaya Jawa. Subjek penelitian yang digunakan memiliki karakteristik : seorang istri mengidentifikasikan dirinya sebagai etnis Jawa,  memiliki anak yang usianya kurang dari 12 tahun, menetap bersama suami, dan memiliki pekerjaan sebagai tenaga profesional. Pengumpulan data penelitian menggunakan instrument open-ended questionaire yang diberikan pada subjek penelitian, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis tematik (thematic analysis) untuk memperoleh gambaran dukungan suami dan relasi sosial antara suami dengan istri bekerja yang mengalami konflik pekerjaan-keluarga (dalam keluarga Jawa) berbasis pendekatan indigenous psychology. Selanjutnya aspek-aspek ini akan dioperasionalisasikan menjadi indikator perilaku yang lebih konkrit dan akan dikembangkan menjadi aitem-aitem dalam skala dukungan dan relasi sosial suami dengan istri bekerja yang mengalami konflik pekerjaan-keluarga.

Author Biography

Triana Noor Edwina, Universitas Mercu Buana Yogyakarta

Saya adalah mahasiswi Universitas Mercu Buana Yogyakarta yang telah mengambil skripsi, dan sedang melakukan tahap dalam pemenuhan Yudisium.

References

Ahmad, A. (2005). Work-family conflict among dual-earner couples: comparisons by gender and profession. Jurnal Psikologi Malaysia, 19, 1-12.

Budiati, C.A. (2010) Aktualisasi Diri Perempuan Dalam Sistem Budaya Jawa (Persepsi Perempuan terhadap Nilai-nilai Budaya Jawa dalam Mengaktualisasikan Diri). Jurnal Pamator, 3 (1),

Fiske, A.P. (2012). Metarelational Models: Configurations of Social Relationship. European Journal of Social Psychology. 42. 2-18. DOI : 10.1002/ejsp.847.

Gottlieb, B. H., & Bergen, A. E. (2010). Social support concepts and measures. Journal of psychosomatic research, 69(5), 511-520.

Handayani, C.S. & Novianto, A. (2004). Kuasa wanita Jawa. Yogyakarta: LKiS.

Hill, E. J. (2005). Work-family facilition and conflict, working fathers and mothers, work-family stressors and support. Journal of Family Issues, 26, 793-819.

Huang, Y. H., Hammer, L. B., Neal, M. B., & Perrin, N. A. (2004). The relationship between work-to-family conflict and family-to-work conflict: A longitudinal study. Journal of Family and Economic Issues, 25(1), 79-100.

Kim, J. L. S. & Ling. C. S. (2001). Work-family conflict of women entrepreneurs in Singapore. Women in Management Review, 16, (5/6), 204-221.

Koentjaraningrat. (1996). Kebudayaan mentalitas dan pembangunan. Jakarta: Gramedia.

Magnis-Suseno, F. (1985). Etika Jawa: Sebuah analisa falsafi tentang kebijaksanaan hidup Jawa. Jakarta: PT Gramedia.

Reja, U., Manfreda, K. L., Hlebec, V., & Vehovar, V. (2003). Open-ended vs. close-ended questions in web questionnaires. Developments in applied statistics, 19(1), 159-177.

Soeharto, T. N. E. D. & Kuncoro, M, W. (2015). Kontruksi instrumen pengukuran dukungan suami dan konflik pekerja-keluarga pada ibu yang bekerja: Berbasis pendekatan indigenous. Procsiding Seminar Nasional dan Temu Ilmiah Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia (IPPI) IX “Optimalisasi Peran Keluarga untuk Meningkatkan Ketahanan Mental Menghadapi Tantangan Globalisasi†Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah Surabaya 22 Agustus 2015.

Downloads

Published

2020-02-28

How to Cite

Edwina, T. N., Kuncoro, M. W., & Prahara, S. A. (2020). GAMBARAN DUKUNGAN SUAMI DALAM RELASI SOSIAL SUAMI DENGAN ISTRI BEKERJA YANG MENGALAMI KONFLIK PEKERJAAN-KELUARGA (DALAM KELUARGA JAWA) : PENDEKATAN INDIGENOUS PSYCHOLOGY. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 22(1), 53–60. https://doi.org/10.26486/psikologi.v22i1 Feb.1023

Issue

Section

Articles