IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DAN KENDALANYA DI SDN BETET 1 KOTA KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.26486/psikologi.v22i1%20Feb.924Keywords:
implementasi, pendidikan inklusifAbstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui implementasi pendidikan inklusif di SDN Betet 1 Kediri. Jenis dan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif studi kasus. Responden penelitian yaitu kepala sekolah, guru pembimbing khusus (GPK), dan terapis. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan teknis analisis trianggulasi data. Implementasi pendidikan inklusif pihak sekolah dengan melakukan asesmen bagi calon peserta didik ABK bekerjasama dengan laboratorium Psikologi IAIN Kediri dan dinas pendidikan kota Kediri, tujuannya sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan jenis layanan pendidikan yang tepat serta sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan siswa. Tenaga pengajar yang dimiliki mempunyai latarbelakang pendidikan khusus dan guru umum yang diberi pelatihan. Sarana dan prasarana penunjang khusus bagi ABK sekolah ini sudah memiliki ruang terapi, alat asesmen, alat terapi dan media pembelajaran. Lingkungan sekolah yang ramah dan bersahabat bagi ABK diwujudkan melalui program yang baik disekolah termasuk menjalin komunikasi dengan masyarakat, orangtua dan pemerintah. Kurikulum yang pakai menggunakan kurikulum 2013 yang telah dimodifikasi. Untuk kendala yang dihadapi yaitu sarana dan prasarana yang belum memadai sesuai kebutuhan, minimnya Honor GPK, tidak adanya perbedaan dana BOS antara sekolah reguler dengan sekolah inklusif padahal kebutuhannya berbeda serta tidak dibedakan soal UN dan UASBN antara siswa reguler dengan ABK.
References
Asiyah, D. (2018). Dampak Pola Pembelajaran Sekolah Inklusi terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Prophetic : Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal, 1(01). Diambil dari http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/prophetic/article/view/3480
Damayanti, T., Hamdan, S. R., & Khasanah, A. N. (2017). Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran Inklusi Pada Guru Sd Negeri Di Kota Bandung. Schema: Journal of Psychological Research, 0(0), 79–88. https://doi.org/10.29313/schema.v0i0.1947
Dewi, D. P. (2018). Asesmen sebagai Upaya Tindak Lanjut Kegiatan Identifikasi Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. WAHANA, 70(1), 17–24. https://doi.org/10.36456/wahana.70.1.1563.17-24
Direktorat Pembinaan SLB. (2007). Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Jakarta: Depdiknas.
Garnida, D. (2015). Pengantar Pendidikan Inklusif. Bandung: PT Refika Aditama.
Hidayat, A., & Machali, I. (2010). Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Pustaka Educa.
Ilahi, M. T. (2013). Pendidikan Inklusif: Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ishartiwi, I. (2010). Implementasi Pendidikan Inklusif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Sistem Persekolahan Nasional. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 6(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v6i2.6732
Majid, A. (2006). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompentensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Marani, A. (2017). Kurikulum Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Jurnal Studia Insania, 5(2), 105–119. https://doi.org/10.18592/jsi.v5i2.1358
Maulipaksi, D. (2017, Februari 1). Sekolah Inklusi dan Pembangunan SLB Dukung Pendidikan Inklusi. Diambil 28 Desember 2018, dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/02/sekolah-inklusi-dan-pembangunan-slb-dukung-pendidikan-inklusi
Olivia, S. (2017). Pendidikan Inklusi untuk Anak-anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Sukmadinata, N. S. (2015). Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sunanto, J., & Hidayat, H. (2017). Desain Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Kelas Inklusif. JASSI ANAKKU, 17(1), 47–55.
Widyawati, R. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Program Inklusi Sekolah Dasar. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 109–120. https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p109-120
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
In line with the license, authors and users (readers, etc.) are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.

