PERBANDINGAN EFIKASI DIRI DALAM PENGASUHAN ANAK PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK DISABILITAS DAN TIDAK MEMILIKI ANAK DISABILITAS

Authors

  • Diana Permata Sari Sanata Dharma University

DOI:

https://doi.org/10.26486/psikologi.v22i1%20Feb.983

Keywords:

efikasi diri dalam pengasuhan anak, disabilitas, ibu dengan anak sindrom down, ibu dengan anak ADHD, ibu dengan anak Cerebral Palsy, pengasuhan anak

Abstract

Penelitian ini bertujuan membandingkan efikasi diri dalam pengasuhan anak yang dimiliki oleh ibu yang memiliki anak disabilitas dan tidak memiliki anak disabilitas. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah terdapat perbedaan efikasi diri dalam pengasuhan anak pada ibu yang memiliki anak disabilitas dan yang tidak disabilitas. Ibu yang memiliki anak disabilitas memiliki tingkat efikasi diri dalam pengasuhan anak yang lebih rendah dibandingkan ibu yang tidak memiliki anak disabilitas. Responden penelitian adalah orangtua siswa dari sekolah inklusi serta komunitas-komunitas orangtua dengan anak disabilitas seperti POTADS (Persatuan Orang Tua dengan Anak sindrom down), WKCP (Wahana Keluarga Cerebral Palsy) dan ADHD Indonesia. Terdapat 214 responden yang berpartisipasi mengisi secara online skala Parenting Sense of Competence Scale (PSOC) pada sub skala efikasi yang terdiri dari 8 buah aitem. Hasil uji beda menggunakan Mann-Whitney menunjukkan hasil taraf signifikansi sebesar 0.113 (p >0.05). Hal ini menunjukan bahwa hipotesis penelitian ditolak. Tidak ada perbedaan signifikan tingkat efikasi diri dalam pengasuhan anak pada Ibu yang memiliki anak disabilitas dan tanpa disabilitas Kesamaan latar belakang pendidikan dari para responden menjadi salah satu alasan tidak adanya perbedaan tingkat efikasi diri dalam pengasuhan anak antar dua kelompok.

Author Biography

Diana Permata Sari, Sanata Dharma University

Faculty of Psychology

References

Al-Kandari, H. Y., & Al-Qashan, H. (2010). Maternal self-efficacy of mothers of children with intellectual developmental disabilities, Down syndrome, and autism in Kuwait. Child and Adolescent Social Work Journal, 27, 21–39. doi:10.1007/s10560-009-0189.-

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. New York: Freeman.

Beck, S.J., Young, G.H., & Tarnowski, K.J. (1990). Maternal characteristics and perceptions of pervasive and situational hyperactives and normal controls. Journal of the American Academy of Child and Adolescent Psychiatry, 29, 558-565. doi:10.1097/00004583-199007000-00008.

Coleman, P.K., & Karraker, K.H. (1997). Self-efficacy and parenting quality: Findings and Future Applications. Developmental Review, 18, 47-85. doi:10.1006/drev.1997.0448.

Coleman, P.K., & Karraker, K. H. (2000). Parenting self-efficacy among mothers of school-age children: conceptualization, measurement, and correlates. Family Relations, 49, 13-24.

Dunst, C. J., Hamby, D., Carol, M., Trivette, C. M., Raab, M., & Bruder, M. B. (2000). Everyday family and community life and children’s naturally occurring learning opportunities. Journal of Early Intervention, 23, 151–164.

Giallo, R., Wood, C. E., Jellett, R., & Porter, R. (2011). Fatigue, wellbeing and parental self-efficacy in mothers of children with an Autism Spectrum Disorder. Autism, 17, 465–480. doi:10.1177/1362361311416830.

Gibson, C. H. (1992). A revised conceptualization of social support. Journal of Clinical Nursing, 1, 147-152.

Hoza, B., Owens, J. S., Pelham Jr., W. E., Swanson, J. M., Conners, C. K., Hinshaw, S. P., … Kraemer, H. C. (2000). Journal of Abnormal Child Psychology, 28(6), 569–583. doi:10.1023/a:1005135232068.

Jackson, A.P., & Huang, C.C. (2000). Parenting stress and behavior among single mothers of preschoolers: The mediating role of self-efficacy. Journal of Social Service Research, 26, 29-42. doi:10.1080/01488370009511335.

Johnston, C. (1996). Parent characteristics and parent-child interactions in families of nonproblem children and ADHD children with higher and lower levels of oppositional-defiant behavior. Journal of Abnormal Child Psychology, 24, 85-104. doi:10.1007/BF01448375.

Johnston, C., & Mash, E.J. (1989). A measure of parenting satisfaction and efficacy. Journal of Clinical Child Psychology, 18, 167-175. doi:10.1207/s15374424jccp18028.

Jones, T.L., & Prinz, R.J. (2005). Potential roles of parental self-efficacy in parent and child adjustment. Clinical Psychology Review, 24, 341-363. doi:10.1016/j.cpr.2004.12.004.

Madieni, Y. A., Madjid, E. M., & Djuwita E. (2013). Perbedaan parenting self-efficacy pada ibu dengan status sosial ekonomi menengah ke atas dan bawah yang memiliki anak usia kanak-kanak madya. FPSI UI. Diakses dari http://lib.ui.ac.id/naskahringkas/2015-08/S45441-Yufa%20Azmi%20Madieni.

Parette, P. C., Chuang, S. L., & Huer, M. B. (2004). First-generation Chinese American families’ attitudes regarding disabilities and educational interventions. Focus on Autism and Other Developmental Disabilities, 19, 114–123

Puspitawati, H. (2010). Persepsi tentang konsepdan peran gender terhadap pekerjaan domestik dan publik pada mahasiswa IPB. Institusi Pertanian Bogor. Diakses pada tanggal 13 September 2019. Diakses dari http://ejournal.stainpurwokerto.ac.id/index.php/yinyang/article/view/112.

Sevigny, P.R., & Loutzenhiser, L. (2009). Predictors of parenting self-efficay in mothers and fathers of toddlers. Child: Care, Health, and Development, 36, 179-189. doi:10.1111/j.1365-2214.2009.00980.x.

Suzuki, S., Holloway, S. D., Yakamoto, Y., & Mindnich, J.D. (2009). Parenting self-efficacy and social support in Japan and the United States. Journal of Family Issues, 11, 1505-1526.

Wagner, F.R, & Morse, J.J. (1975). A measure of individual sense of competence. Psychological Reports, 36, 451-459.

Downloads

Published

2020-02-28

How to Cite

Sari, D. P. (2020). PERBANDINGAN EFIKASI DIRI DALAM PENGASUHAN ANAK PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK DISABILITAS DAN TIDAK MEMILIKI ANAK DISABILITAS. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 22(1), 39–45. https://doi.org/10.26486/psikologi.v22i1 Feb.983

Issue

Section

Articles