MINDFULNESS DAN PENERIMAAN DIRI PADA REMAJA DI ERA DIGITAL

Natalia Christy Waney, Wahyuni Kristinawati, Adi Setiawan

Abstract


Di era digital ini, remaja melakukan eksplorasi dan mengekspresikan diri di media sosial. Media sosial menyebabkan remaja rentan terlibat dalam cyberbullying . Hal ini membuat remaja malu dengan diri sendiri dan berusaha menampilkan citra ideal di media sosial sehingga kurang mampu menerima diri apa adanya. Studi ini merupakan studi literatur yang mencoba menelusuri bagaimana mindfulness dan penerimaan diri pada remaja di era digital. Mesin pencari (search engine) digunakan sebagai alat mencari data. Ditemukan 13 literatur dan penelitian dan digunakan sebagai sumber data. Penelitian ini menyimpulkan bahwa latihan mindfulness bisa dijadikan alternatif dalam meningkatkan penerimaan diri pada remaja, dan mindfulness dapat dipraktikkan dengan memanfaatkan aplikasi smartphone. Namun, belum ditemukan penelitian yang secara khusus membuktikan efektivitas penggunaan aplikasi mindfulness dalam meningkatkan penerimaan diri pada remaja di Indonesia.


Keywords


penerimaan diri, mindfulness, remaja, era digital

Full Text:

PDF

References


Arif, I. S. (2016). Psikologi positif: pendekatan saintifik menuju kebahagiaan. Gramedia Pustaka Utama.

Ayun, P. Q. (2015). Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam Membentuk Identitas. CHANNEL Jurnal Komunikasi. https://doi.org/10.12928/channel.v3i2.3270

Baskoro, A. H. (2019). Riliv Launching Aplikasi Meditasi Online Pertama di Indonesia. https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2019/Riliv-Launching-Aplikasi-Meditasi-Online-Pertama-di-Indonesia/

Berthon, P. R., & Pitt, L. F. (2019). Types of mindfulness in an age of digital distraction. In Business Horizons. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2018.10.003

Bernard, M. E. (2013). The Strength of Self-Acceptance. In The Strength of Self-Acceptance. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-6806-6

Bilicha, Putri Nabila; Nashori, Fuad; Sulistyarini, I. (2020). Pelatihan Berpikir Positif untuk Meningkatkan Penerimaan Diri pada Anak yang Sedang Menjalani Masa Pembinaan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas I Kutoarjo. Universitas Islam Indonesia.

Fauzia, Retty; Listiyandini, R. A. (2018). Peran Trait Mindfulness (Rasa Kesadaran) Terhadap Penerimaan Diri Pada Remaja Dengan Orangtua Bercerai. Seminar Nasional dan Temu Ilmiah Positive Psikologi, 152–163.

Germer, C. (2009). The mindful path to self-compassion. In Guilford: New York.

Hidayati, N. (2018). Mindfulness Based Stress Reduction (MBSR) untuk Resiliensi Remaja yang Mengalami Bullying. National Conference Psikologi UMG.

Huberty, J., Green, J., Glissmann, C., Larkey, L., Puzia, M., & Lee, C. (2019). Efficacy of the mindfulness meditation mobile app “calm” to reduce stress among college students: Randomized controlled trial. Journal of Medical Internet Research. https://doi.org/10.2196/14273

Kaiser, S. (2017). The Self-Love Experiment. Penguin.

Kashdan, T. B., & Ciarrochi, J. (Eds.). (2013). The Context Press mindfulness and acceptance practica series. Mindfulness, acceptance, and positive psychology: The seven foundations of well-being. Context Press/New Harbinger Publications.

Jannah, A. M. (2019). Hubungan Mindfulness dan Penerimaan Diri pada Remaja dengan Orang Tua Tunggal. Universitas Muhammadiyah Malang.

Langer, E. J. (2016). The power of mindful learning. Da Capo Press.

Lopez, S. J. (2009). The Encyclopedia of positive psychology. In Blackwell Publishing. Blackwell Publishing.

Marotta, J. (2013). 50 mindful steps to self-esteem : everyday practices for cultivating self-acceptance and self-compassion. New Harbinger Publications.

McLeod, S. (2013). Erik Erikson | Psychosocial Stages | Simply Psychology. In Simply Psychology.

Neff, K., & Germer, C. (2018). The Mindful Self-Compassion Workbook: A Proven Way to Accept Yourself, Build Inner Strength, and Thrive (Paperback). In Guilford Publications.

Ningsih, H. E. W., Dwidiyanti, M., & Hartati, E. (2018). Mindfulness Mobile Application Menurunkan Tingkat Stres Mahasiswa : A Literature Review. Holistic Nursing and Health Science. https://doi.org/10.14710/hnhs.1.2.2018.116-125

Pramono, R. B., & Astuti, D. (2017). Cognitive Behavioral Therapy as an Effort to Improve Self Acceptance of Adolescents in Orphanage. The Open Psychology Journal. https://doi.org/10.2174/1874350101710010161

Rifauddin, M. (2016). Fenomena Cyberbullying pada Remaja (Studi Analisis Media Sosial Facebook). Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan.

Savitri, W. C., & Listiyandini, R. A. (2017). Mindfulness dan Kesejahteraan Psikologis pada Remaja. Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi. https://doi.org/10.21580/pjpp.v2i1.1323

Stahl, B., & Goldstein, E. (2010). A Mindfulness-Based Stress Reduction Workbook (A New Harbinger Self-Help Workbook). New Harbinger Publications.

Tipping, C. (2011). Radical Self-Forgiveness: The Direct Path to True Self-Acceptance. Sounds True, Inc.

Xiao, Q., Yue, C., He, W., & Yu, J. Y. (2017). The mindful self: A mindfulness-enlightened self-view. Frontiers in Psychology. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.01752




DOI: https://doi.org/10.26486/psikologi.v22i2.969

Article Metrics

Abstract view : 155 times
PDF - 122 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Natalia Christy Waney

Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Indexed by

  ipiii.png 

Crossref logo Dimensions Google Scholar

View INSIGHT Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.