PELATIHAN EFIKASI DIRI GURU: EFIKASI DIRI AKADEMIK DAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Sowanya Ardi Prahara, Kondang Budiyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai efektivitas pelatihan strategi peningkatan efikasi diri pada guru mampu meningkatkan efikasi diri akademik dan prestasi belajar siswa. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan efikasi diri akademik siswa sebelum dan sesudah diberikan tritmen dan ada hubungan antara efikasi diri dengan prestasi belajar siswa. Subjek penelitian sebanyak 180 siswa. Design eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data dikumpulkan dengan menggunakan Skala Efikasi Diri Akademik. Hasil analisis data menggunakan paired sample t-test menunjukkan hasil nilai t sebesar 1.419 dengan taraf signifikansi 0.159 (p<0.05). Hal ini menunjukkan tidak ada perbedaan efikasi diri akademik pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Walaupun subjek memiliki efikasi diri akademik lebih tinggi setelah diberikan perlakuan dengan rerata sebesar 68.84 daripada sebelum diberikan perlakuan dengan rerata sebesr 67.89. Berdasarkan dari nilai rerata yang diperoleh dari pengukuran tersebut dapat diketahui bahwa perlakuan yang diberikan bukan berarti tidak berpengaruh terhadap subjek penelitian, melainkan disebabkan karena adanya variable extraneous yang turut serta di dalamnya. Selain itu, juga tidak ada hubungan antara efikasi diri akademik dengan prestasi belajar siswa.


Keywords


: efikasi diri akademik, pelatihan efikasi diri, prestasi belajar, siswa

Full Text:

PDF

References


Alwisol. (2009). Psikologi kepribadian. Malang: UMM Press.

Ancok. (2002). Outbond management training. Yogyakarta: UII Perss.

Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan validitas (edisi 4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (1996). Pengantar tes inteligensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bandura, A. (1997). Self-efficacy: the exercise of control. New York: W.H. Freeman and Company.

Bandura, A. (2009). Efikasi diriin changing societies. New York: Cambradge University Press.

Bandura, A., & Wood, RE. (2009). Effect of percieved control ability and performance standarts on self-regulation of complex decision-making. Journal of Prsonality and Social Psychology, 56, 805-814

Carbery, R., & Garavan, T. N. (2004). Who learns at work? Who are the employees with learning opportunities?. Paper presented at the Fifth Annual UFHRD/AHRD Conference, University of Limerick, 27th-28th May.

Gafoor, A.K., & Ashraf, M.P. (2006). Academic self-efficacy scale. Calicut:

University of Calicut, Department of Education.

Goleman, D. (2015). Kecerdasan emosional: Mengapa ei lebih penting daripada iq. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kim, U., & Park, Y. S. (2006). Factors influencing academic achievement in relational cultures: The role of self, relational and collective efficacy. In: F. Pajares & T. Urdan, eds. Self-efficacy beliefs of adolescents, pp. 267–285. Greenwich, CT: Information Age Publishing.

Myers, A., & Hansen, C. (2012). Experimental psychology (seventh edition). USA: Wadsworth.

Santrock, J.W. (2008). Life-span development: perkembangan masa hidup. Jakarta:Arlangga

Schunk, D.H. (1984). Efikasi diriperspective on achievement behavior. Educational Psychologist, 19, 48-58.

Seligman, M.E.P. (2008). Menginstal optimisme. Bandung : Momentum.

Snyder, C.R., & S. J. Lopez. (2006). Handbook of Positive Psychology. New York: Oxford University Press.

Sdorow, L. (1990). Psychology. New York: WM. C. Brown Publishers.

Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya (edisi revisi). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suryanto, M. (2004). Motivasi kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.26486/psikologi.v21i1.765

Article Metrics

Abstract view : 146 times
PDF - 149 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sowanya Ardi Prahara, Kondang Budiyani

Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Indexed by

  ipiii.png 

Crossref logo Dimensions Google Scholar

View INSIGHT Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.