PELATIHAN EFIKASI DIRI GURU: EFIKASI DIRI AKADEMIK DAN PRESTASI BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.26486/psikologi.v21i1.765Keywords:
, efikasi diri akademik, pelatihan efikasi diri, prestasi belajar, siswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai efektivitas pelatihan strategi peningkatan efikasi diri pada guru mampu meningkatkan efikasi diri akademik dan prestasi belajar siswa. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan efikasi diri akademik siswa sebelum dan sesudah diberikan tritmen dan ada hubungan antara efikasi diri dengan prestasi belajar siswa. Subjek penelitian sebanyak 180 siswa. Design eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data dikumpulkan dengan menggunakan Skala Efikasi Diri Akademik. Hasil analisis data menggunakan paired sample t-test menunjukkan hasil nilai t sebesar 1.419 dengan taraf signifikansi 0.159 (p<0.05). Hal ini menunjukkan tidak ada perbedaan efikasi diri akademik pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Walaupun subjek memiliki efikasi diri akademik lebih tinggi setelah diberikan perlakuan dengan rerata sebesar 68.84 daripada sebelum diberikan perlakuan dengan rerata sebesr 67.89. Berdasarkan dari nilai rerata yang diperoleh dari pengukuran tersebut dapat diketahui bahwa perlakuan yang diberikan bukan berarti tidak berpengaruh terhadap subjek penelitian, melainkan disebabkan karena adanya variable extraneous yang turut serta di dalamnya. Selain itu, juga tidak ada hubungan antara efikasi diri akademik dengan prestasi belajar siswa.
References
Alwisol. (2009). Psikologi kepribadian. Malang: UMM Press.
Ancok. (2002). Outbond management training. Yogyakarta: UII Perss.
Azwar, S. (2016). Reliabilitas dan validitas (edisi 4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (1996). Pengantar tes inteligensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: the exercise of control. New York: W.H. Freeman and Company.
Bandura, A. (2009). Efikasi diriin changing societies. New York: Cambradge University Press.
Bandura, A., & Wood, RE. (2009). Effect of percieved control ability and performance standarts on self-regulation of complex decision-making. Journal of Prsonality and Social Psychology, 56, 805-814
Carbery, R., & Garavan, T. N. (2004). Who learns at work? Who are the employees with learning opportunities?. Paper presented at the Fifth Annual UFHRD/AHRD Conference, University of Limerick, 27th-28th May.
Gafoor, A.K., & Ashraf, M.P. (2006). Academic self-efficacy scale. Calicut:
University of Calicut, Department of Education.
Goleman, D. (2015). Kecerdasan emosional: Mengapa ei lebih penting daripada iq. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kim, U., & Park, Y. S. (2006). Factors influencing academic achievement in relational cultures: The role of self, relational and collective efï¬cacy. In: F. Pajares & T. Urdan, eds. Self-efï¬cacy beliefs of adolescents, pp. 267–285. Greenwich, CT: Information Age Publishing.
Myers, A., & Hansen, C. (2012). Experimental psychology (seventh edition). USA: Wadsworth.
Santrock, J.W. (2008). Life-span development: perkembangan masa hidup. Jakarta:Arlangga
Schunk, D.H. (1984). Efikasi diriperspective on achievement behavior. Educational Psychologist, 19, 48-58.
Seligman, M.E.P. (2008). Menginstal optimisme. Bandung : Momentum.
Snyder, C.R., & S. J. Lopez. (2006). Handbook of Positive Psychology. New York: Oxford University Press.
Sdorow, L. (1990). Psychology. New York: WM. C. Brown Publishers.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya (edisi revisi). Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Suryanto, M. (2004). Motivasi kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with INSIGHT: Jurnal Ilmiah Psikologi agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Insight right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Insight. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Insight.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).