HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN DISIPLIN KULIAH DENGAN MINAT MENGIKUTI KULIAH PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN PRODUKSI PEMBERITAAN SEKOLAH TINGGI MULTI MEDIA YOGYAKARTA

Siti Sarifah, Triana Noor Edwina

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan minat mahasiswa mengikuti kuliah di Program Studi Manajemen Produksi Pemberitaan, Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta (2) untuk mengetahui hubungan antara disiplin kuliah dengan minat mahasiswa mengikuti kuliah di Program Studi Manajemen Produksi Pemberitaan, Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta; dan (3) untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan disiplin kuliah dengan minat mahasiswa untuk mengikuti kuliah di Program Studi Manajemen Produksi Pemberitaan, Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Manajemen Produksi Pemberitaan, Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta tahun 2012 dan 2013. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan metode cluster sampling dan jumlah sampel adalah 97 mahasiswa. Dalam penelitian ini, instrumen pengukuran yang digunakan adalah dukungan sosial sebaya, disiplin kuliah, dan skala minat mahasiswa dalam mengikuti kuliah. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan positif antara dukungan sosial sebaya dengan minat mahasiswa pada mengikuti kuliah di Program Studi Manajemen Produksi Pemberitaan, Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta; (2) ada hubungan positif antara kuliah disiplin dengan mahasiswa pada kuliah berikut di Program Studi Manajemen Produksi Pemberitaan, Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta; dan (3) ada hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan disiplin kuliah dengan minat mahasiswa untuk mengikuti kuliah di Program Studi Manajemen Produksi Pemberitaan, Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta.

Keywords


dukungan sosial sebaya, disiplin kuliah, dan minat mahasiswa untuk mengikuti kuliah

Full Text:

PDF

References


Abu, R. (1989). Disiplin Murid SMTA di Lingkungan Pendidikan Formal pada Beberapa Propinsi di Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Alhumaira A.F. (2012). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sebaya terhadap minat siswa memilih kompetensi keahlian administrasi perkantoran. Skripsi. Universitas Negeri. Yogyakarta.

Dalyono, (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dennis, J.M. Phinney, J.S. & Chuateco, L.I. The Role of Motivation, Parental Support, and Peer Support in the Academic Success of Ethnic Minority First Generation College Students. Journal of College Student Development, 46 (3), 223-226.

Dimatteo, M. R. (2004). “Social Support and Patient Adherence to Medical Treatment: a Meta Analysis”. Health Psychology Journal, 23(2), 207-218.

Durkheim. E. (1990). Pendidikan Moral. Terjemahan: Lukas Ginting. Jakarta: PT Erlangga.

Effendi, U. & Juhaya, S. P. (1993). Pengantar Psikologi. Bandung: Angkasa.

Hamalik, O. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT BumiAksara.

Khairani, M. (2013). Psikologi Belajar. Yogyakarta. Azwaja Pressindo.

Kusumadewi. S., Tuti H., & Aditya N.P. (2010). Hubungan antara Dukungan Sosial Peer Group dan Control Diri dengan Kepatuhan terhadap Peraturan pada Remaja di Pondok Islam Sukoharjo. Jurnal Ilmiah Psikologi Candra Jiwa, 1(2), 1-10.

Nasution, S. (1984). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Saefullah, U. (2012). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia

Sarafino, E.P. (1998). Health Psychology: Biopsychosocial Interaction (3rd) New York: John Wiley & Sons.Inc.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tarakanita, I. (2001). Hubungan Status Identitas Etnik Dengan Konsep Diri Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 7(01), 01-14.




DOI: https://doi.org/10.26486/psikologi.v17i2.690

Article Metrics

Abstract view : 100 times
PDF - 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Siti Sarifah, Triana Noor Edwina

Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Indexed by

  ipiii.png 

Crossref logo Dimensions Google Scholar

View INSIGHT Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.