HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA DAN DISIPLIN KULIAH DENGAN MINAT MENGIKUTI KULIAH PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI MANAJEMEN PRODUKSI PEMBERITAAN SEKOLAH TINGGI MULTI MEDIA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.26486/psikologi.v17i2.690Keywords:
dukungan sosial sebaya, disiplin kuliah, dan minat mahasiswa untuk mengikuti kuliahAbstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan minat mahasiswa mengikuti kuliah di Program Studi Manajemen Produksi Pemberitaan, Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta (2) untuk mengetahui hubungan antara disiplin kuliah dengan minat mahasiswa mengikuti kuliah di Program Studi Manajemen Produksi Pemberitaan, Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta; dan (3) untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan disiplin kuliah dengan minat mahasiswa untuk mengikuti kuliah di Program Studi Manajemen Produksi Pemberitaan, Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Manajemen Produksi Pemberitaan, Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta tahun 2012 dan 2013. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan metode cluster sampling dan jumlah sampel adalah 97 mahasiswa. Dalam penelitian ini, instrumen pengukuran yang digunakan adalah dukungan sosial sebaya, disiplin kuliah, dan skala minat mahasiswa dalam mengikuti kuliah. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan positif antara dukungan sosial sebaya dengan minat mahasiswa pada mengikuti kuliah di Program Studi Manajemen Produksi Pemberitaan, Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta; (2) ada hubungan positif antara kuliah disiplin dengan mahasiswa pada kuliah berikut di Program Studi Manajemen Produksi Pemberitaan, Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta; dan (3) ada hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan disiplin kuliah dengan minat mahasiswa untuk mengikuti kuliah di Program Studi Manajemen Produksi Pemberitaan, Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta.References
Abu, R. (1989). Disiplin Murid SMTA di Lingkungan Pendidikan Formal pada Beberapa Propinsi di Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Alhumaira A.F. (2012). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sebaya terhadap minat siswa memilih kompetensi keahlian administrasi perkantoran. Skripsi. Universitas Negeri. Yogyakarta.
Dalyono, (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dennis, J.M. Phinney, J.S. & Chuateco, L.I. The Role of Motivation, Parental Support, and Peer Support in the Academic Success of Ethnic Minority First Generation College Students. Journal of College Student Development, 46 (3), 223-226.
Dimatteo, M. R. (2004). “Social Support and Patient Adherence to Medical Treatment: a Meta Analysisâ€. Health Psychology Journal, 23(2), 207-218.
Durkheim. E. (1990). Pendidikan Moral. Terjemahan: Lukas Ginting. Jakarta: PT Erlangga.
Effendi, U. & Juhaya, S. P. (1993). Pengantar Psikologi. Bandung: Angkasa.
Hamalik, O. (2007). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT BumiAksara.
Khairani, M. (2013). Psikologi Belajar. Yogyakarta. Azwaja Pressindo.
Kusumadewi. S., Tuti H., & Aditya N.P. (2010). Hubungan antara Dukungan Sosial Peer Group dan Control Diri dengan Kepatuhan terhadap Peraturan pada Remaja di Pondok Islam Sukoharjo. Jurnal Ilmiah Psikologi Candra Jiwa, 1(2), 1-10.
Nasution, S. (1984). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.
Saefullah, U. (2012). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia
Sarafino, E.P. (1998). Health Psychology: Biopsychosocial Interaction (3rd) New York: John Wiley & Sons.Inc.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Tarakanita, I. (2001). Hubungan Status Identitas Etnik Dengan Konsep Diri Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 7(01), 01-14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with INSIGHT: Jurnal Ilmiah Psikologi agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Insight right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in Insight. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Insight.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).