HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIR PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MERCU BUANA YOGYAKARTA

Ros Patriani Dewi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara Efikasi Diri dengan Pengambilan Keputusan Karir pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY). Subjek penelitian adalah 50 mahasiswa tingkat akhir (angkatan 2014) Fakultas Psikologi UMBY. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu ada hubungan yang positif antara Efikasi Diri dengan Pengambilan Keputusan Karir pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Psikologi. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan Skala Efikasi Diri dan Skala Pengambilan Keputusan Karir. Hasil penelitian menunjukkan hasil korelasi rxy 0,357 (p < 0,05). Hasil ini menunjukkan adanya hubungan positif antara Efikasi Diri dengan Pengambilan Keputusan Karir pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Psikologi UMBY. Sumbangan efektif Efikasi Diri terhadap Pengambilan Keputusan Karir sebesar 12,8%, sisanya dipengaruhi faktor-faktor lain sebesar 87,2%.


Keywords


Efikasi Diri, Pengambilan Keputusan Karir

References


Alwisol. (2007). Psikologi Kepribadian. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press.

Argyropoulou, E.P., Sidiropoulou–Dima-kakou, D., & Besevegis, E. G. (2007). Generalized self-efficacy, coping, career indecision, and vocational choice of senior high school students in greece: implication for career guidance practitioners. Journal of Career Development, 33(4), 316-337.

Bandura, A. (1997). Social learning theory. New York: General Learning Press.

Bandura, A., (2002). Self-Efficacy – The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company.

Budiningsih, T. E. (2012). Pengambilan keputusan terhadap perencanaan karir ditinjau dari efikasi diri dan ketepatan pilihan karir pada remaja SMA Negeri Kodya Semarang. Tesis (tidak dipublikasikan). Yogyakarta: Fakultas Psiko-logi Universitas Gadjah Mada.

Ebtanastiti, F.D. & Muis, T. (2004). Survei pilihan karir mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. Jurnal BK. Volume 04 nomer 03 Tahun 2014. 1 - 10.

Hami, A.E. , Hinduan, Z., & Sulastiana, M. (2006). Gambaran kematangan karir pada calon sarjana di lingkungan Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran. Bandung: Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran.

Indarti, N. dan Rostiani, N. (2008). Intensi Kewirausahaan Mahasiswa: Studi Perbandingan Antara Indonesia, Jepang dan Norwegia. Jurnal Ekonomika dan Bisnis Indonesia, Vol. 23, No. 4.

Ormrod, J.E. (2009). Psikologi pendidikan membantu siswa tumbuh dan berkembang. Jilid 2.Jakarta: Erlangga.

Munandir. (1996). Program Bimbingan Karier Di Sekolah. Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pendidikan Tenaga Akademik.

Peilouw, F.J, & Nursalim, M. (2013). Hubungan antara Pengambilan Keputusan dengan Kematangan Emosi dan Self Efficacy pada Remaja. Character Vol 01 No 02 Hal:1-6.

Santrock. (2007). Adolescence Perkembangan Remaja: Edisi Keenam. Jakarta : Erlangga.

Sharf, R.S. (2006). Applying career development theory to counseling. California: Wadsworth, Inc.

Syamsi, I. (2000). Pengambilan Keputusan dan Sitem Informasi. Edisi Kedua. Jakarta: Bina Aksara.

Widyastuti, R. J., & Pratiwi, T. I. (2013). Pengaruh self efficacy dan dukungan sosial keluarga terhadap kemantapan pengambilan keputusan karir siswa. Jurnal BK UNESA, 3 (1), 231-238.

Winkell, W.S., & Hastuti, S. (2004). Bimbingan dan konseling di institusi pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Badan Pusat Statistik. 2017. (https://www.bps.go.id/pressrelease/2018/05/07/1484/februari-2018--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-13-persen--rata-rata-upah-buruh-per-bulan-sebesar-2-65-juta-rupiah.html, diakses tanggal 19 Maret 2017)


Article Metrics

Abstract view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ros Patriani Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.