PERKEMBANGAN LOYALITAS MEREK MAHASISWATERHADAP PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN MASA STUDI

Ranni Merli Safitri

Abstract


Strategi pemasaran yang tepat sangat penting untuk keberlangsungan sebuah perusahaan, termasuk perguruan tingi.  Loyalitas merek (brand loyalty) adalah suatu konsep yang sangat penting dalam mempertahankan konsumen. Tujuan   penelitian   ini   adalah   untuk mengetahui bagaimana perkembangan loyalitas merek mahasiswa terhadap perguruan tinggi berdasarkan masa studinya. Hipotesis dalam penelitian ini adalah ada perbedaan loyalitas merek mahasiswa berdasarkan masa studi, mahasiswa yang masa studi yang lebih lama, seiring dengan bertambahnya usia, akan memiliki loyalitas merek yang lebih tinggi daripada mahasiswa yang lebih baru. 96 mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Yogyakarta berpartisipasi sebagai subjek penelitian. Hasil one-way anova F=0,598, p>0,05 menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan loyalitas merek berdasarkan masa studi. Hal ini berarti perkembangan loyalitas merek pada mahasiswa lebih dipengaruhi oleh faktor lain selain usia mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (1997). Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset

Azwar, S. 1999. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset

Azwar, S. (2013). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset

Bagus, D. (2009). Brand Loyalty (loyalitas merek): Definisi dan Tingkatan loyalitas merek (Brand loyalty).http://jurnal- sdm.blogspot.co.id/2009/10/brand-loyalty-loyalitas-merek-definisi.htm): diakses 7 Januari 2016

Dharmesta, B. S. & Handoko, T. M. (1997). Manajemen Pemasaran ; Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta : BPFE.

Engel, J. F. (1990). Consumer Behavior. 5th. Ed. Upper Saddle River, NJ : Prentice Hall. Inc.

Fadhly, M. (2007). Loyalitas Merek ditinjau dari Kepuasan Pelanggan Terhadap Layanan Purnajual Telepon Seluler Merek Sony Ericsson. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Psikologi Univeritas Wangsa Manggla.

Ferdinand, A. (2000). Manajemen Pemasaran : Sebuah Pendekatan Strategic. BP Undip, Semarang.

Foster, T. R. V. (2002). Memberikan Perhatian Kepada Pelanggan. Jakarta : PT Elexmedia Komputindo

Kinnear, Thomas C dan James R Taylor. (1996). Marketing research: An Applied Approach. 5th edition. USA

Kotler, P. & Susanto, A. B. (2000). Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta : Erlangga

Lovelock, C.H & Wright L.K. (2005). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : PT. Indeks

Lupiyoadi, H. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta : Salemba Empat

Monks, F. J, Knoers, A. M. Dan Haditono, S. R. (1982). Psikologi Perkembangan Pengantar dalam Bagian-Bagiannya.Yogyakarta : Gajah Mada University Press.

Mowen, J.C., dan Minor, M. (2006). Perilaku konsumen Edisi 5 Jilid 2. Jakarta. Erlangga

Nawangsarim, S., B. (2008). Kepuasan Konsumen dan Kesetian terhadap Merek. Jurnal Psikologi. Vol. 1.No. 2, 97 -103.

Paliliati, Alida. (2007). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Kepuasan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Perbankan Di Sulawesi Selatan. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 9, No. 1, pp. 73-81, Maret 2007

Parasuraman, A, Berry, L.L dan Zeithamil, VA .(1990). An Empirical Examination Of Relationships In An Extended Servicequality Model Report, No.90-122, Marketing Sciences Institute, Cambridge.

Peter, J. Paul., Olson, Jerry, C., (2000). Consumer Behavior. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Purnawarman, T. (2001). Strategi Pemasaran dan Pengendalian Mutu produk. Diakses melalui: http://rudyct.250x.com

Rangkuti, Freddy. (2008). The Power of Brands: Teknik mengelola brand equity dan strategi pengembangan mereka + analisis kasus dengan SPSS. Jakarta. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Safitri, R.M. (2015). Hubungan antara Citra Merk dan Kepuasan pelayanan dengan Loyalitas Merk pada Mahasiswa di Yogyakarta. Prosiding. Seminar Internasional “Society Empowerment Through Multidimensional Approach”: Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Schiffman. LG. dan Leslie, L. Kanuk. (1997). Consumer Behavior. Prentice Hall. New Jersey.

Setiadi, N.J. (2013). Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran Edisi Revisi Cetakan 5. Jakarta. Kencana.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta

Tjiptono, F. (2000). Prinsip dan Dinamika Pemasaran. Edisi Pertama. Yogyakarta: J & J Learning

Tjiptono, F. (2001). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset

Walgito, B. (2001). Psikologi Umum. Yogyakarta : Andi Offset

Wells, W. & Prensky, D. (1996). Consumer Behavior. Newyork : John Wiley And Son. Inc.




DOI: https://doi.org/10.26486/psikologi.v19i1.599

Article Metrics

Abstract view : 110 times
PDF - 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ranni Merli Safitri

Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi Indexed by

  ipiii.png 

Crossref logo Dimensions Google Scholar

View INSIGHT Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.