ANALISIS MULTIATRIBUT ATTITUDE MODEL SEBAGAI STRATEGI MENYIAPKAN INOVASI, COMMERCE DAN PENGELOLAAN KEUANGAN EKONOMI KREATIF INDUSTRI KULINER DI SURAKARTA

Penulis

  • Remon Gunanta Universitas Pignatelli Triputra
  • Vitalis Ari Widiyaningsih 2Universitas Pignatelli Triputra

DOI:

https://doi.org/10.26486/jramb.v9i2.3742

Abstrak

Kota Surakarta sebagai sentra ekonomi kreatif memiliki kekayaan budaya dan insan kreatif yang sangat besar. Namun tantangan bagi ekonomi kreatif adalah masih banyak ekonomi kreatif masih dalam skala mikro, dimana pemahaman dan pengalaman dalam inovasi, cara berdagang (commerce), dan pengelolaan masih rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kesiapan para pelaku ekonomi kreatif sub sektor kuliner di Kota Surakarta dalam melakukan inovasi, commerce, dan pengelolaan keuangan. Penelitian ini juga menghasilkan masukan strategik untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah Multiatribut Attitude Model (MAM). Hasil penelitian menunjukkan pelaku ekonomi kreatif sub sektor kuliner dalam kategori sangat siap dalam melakukan inovasi, commerce, dan pengelolaan keuangan. Sedangkan dari analisis SWOT dapat memberikan masukan strategi pada pengembangan inovasi, commerce dan pelaporan keuangan.

Diterbitkan

2024-02-27

Terbitan

Bagian

(JRAMB) Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana