ANALISIS MULTIATRIBUT ATTITUDE MODEL SEBAGAI STRATEGI MENYIAPKAN INOVASI, COMMERCE DAN PENGELOLAAN KEUANGAN EKONOMI KREATIF INDUSTRI KULINER DI SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.26486/jramb.v9i2.3742Abstrak
Kota Surakarta sebagai sentra ekonomi kreatif memiliki kekayaan budaya dan insan kreatif yang sangat besar. Namun tantangan bagi ekonomi kreatif adalah masih banyak ekonomi kreatif masih dalam skala mikro, dimana pemahaman dan pengalaman dalam inovasi, cara berdagang (commerce), dan pengelolaan masih rendah. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kesiapan para pelaku ekonomi kreatif sub sektor kuliner di Kota Surakarta dalam melakukan inovasi, commerce, dan pengelolaan keuangan. Penelitian ini juga menghasilkan masukan strategik untuk menghasilkan kinerja yang lebih baik. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah Multiatribut Attitude Model (MAM). Hasil penelitian menunjukkan pelaku ekonomi kreatif sub sektor kuliner dalam kategori sangat siap dalam melakukan inovasi, commerce, dan pengelolaan keuangan. Sedangkan dari analisis SWOT dapat memberikan masukan strategi pada pengembangan inovasi, commerce dan pelaporan keuangan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Remon Gunanta, Vitalis Ari Widiyaningsih
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with (JRAMB) Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the JRAMB right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JRAMB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JRAMB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).