Kaum Milenial, Apakah Anda Calon Investor Kami?
DOI:
https://doi.org/10.26486/jramb.v9i2.3600Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat pendapatan, literasi keuangan, pengalaman investasi pada aset riil, dan pengalaman investasi pada aset keuangan terhadap niat investasi generasi milenial pada surat berharga negara Indonesia yaitu Surat Berharga Negara (SBN). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data primer melalui penyebaran kuesioner. Responden dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling, sedangkan responden yang dipilih berasal dari kalangan milenial yang berdomisili di wilayah Jabodetabek dan memenuhi beberapa kriteria. Survei yang kembali dan selesai dari 294 responden kemudian dianalisis dengan menggunakan metode regresi ordinal. Penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan dan pengalaman berinvestasi pada aset keuangan berpengaruh signifikan terhadap niat generasi milenial untuk berinvestasi di SBN. Sedangkan tingkat pendapatan dan pengalaman investasi pada aset riil menunjukkan pengaruh yang tidak signifikan. Penelitian ini memiliki keterbatasan antara lan berupa kurang memiliki heterogenitas responden karena penulis hanya fokus pada mereka yang merupakan pejabat pemerintah dan berdomisili di Jabodetabek saja. Namun demikian, penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi Kementerian Keuangan untuk meningkatkan kampanye literasi keuangannya dengan mengembangkan berbagai pendekatan yang sesuai untuk generasi milenial
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Doni Mustafa, Puji Wibowo
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with (JRAMB) Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the JRAMB right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JRAMB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JRAMB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).