PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR KEBUGARAN JASMANI PADA MATA PELAJARAN PJOK SISWA KELAS XII SMA N 4 SEMARANG
The Influence of Differentiated Learning Strategies on Physical Fitness Learning Outcomes in the Pjok Subject of Class XII Students Of SMA N 4 Semarang
DOI:
https://doi.org/10.26486/jsh.v6i1.4290Kata Kunci:
Physical education, Differentiated Learning, Learning OutcomesAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil wawancara saat observasi yang memiliki kesimpulan adanya permasalahan pendeketan pembelajaran yang kurang efektif dalam mata pelajaran PJOK terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen pre ekperimental dengan menggunakan desain One –Group Pretest –Posttest. Peneliti menggunakan sampel 1 kelas XII 7 SMA N 4 Semarang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Analisis data menggunakan uji paired sample tes. Nilai rata-rata hasil pre-test hasil belajar siswa sebesar 85,28 Sementara nilai rata-rata hasil postest hasil belajar siswa sebesar 89,50. Penelitian ini memiliki kesimpulan pembelajaran beridiferensiasi memiliki pengaruh terhadap hasil belajar PJOK dalam materi kebuagaran jasmani hal ini dapat didukung dengan hasil uji paired sample corelation pada hasil akhir yang diperoleh α = 0,000, dengan demikian α < 0,05.
Referensi
Abzar, M. (2024). Pendidikan Islam Multikultural Tinjauan Literatur Perguruan Muhammadiyah : Studi Multicultural Islamic Education at Muhammadiyah Universities : Literature Review Study. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 19(1), 81–92. https://doi.org/10.56338/iqra.v19i1.4432
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.
Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504
Fauzia, R., & Hadikusuma Ramadan, Z. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1608–1617. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323
Hatmoko, J. H. (2015). Survei Minat Dan Motivasi Siswa Putri Terhadap Mata Pelajaran Penjasorkes Di Smk Se-Kota Salatiga Tahun 2013. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(4), 1729–1736.
Mochamad Riyanto. (2022). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Suara Pengabdian 45, 1(1), 48–54. https://doi.org/10.56444/pengabdian45.v1i1.14
Perdani, A. S., Busri, H., & Tabrani, A. (2024). Perjalanan Pendidikan di Indonesia dalam Perspektif Filosofis Ki Hajar Dewantara. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 18(2), 1197. https://doi.org/10.35931/aq.v18i2.3124
Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(03), 283–294. https://doi.org/10.59141/japendi.v1i03.33
sulistyo. (2013). Perpustakaan. Pendidikan, 10(1020030), 23.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 JSH: Journal of Sport and Health

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Fair Play Mercu Buana agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Fair Play Mercu Buana right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





