PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR KEBUGARAN JASMANI PADA MATA PELAJARAN PJOK SISWA KELAS XII SMA N 4 SEMARANG

The Influence of Differentiated Learning Strategies on Physical Fitness Learning Outcomes in the Pjok Subject of Class XII Students Of SMA N 4 Semarang

Penulis

  • Muhamad Afiful Umam Universitas PGRI Semarang
  • Setiyawan Universitas PGRI Semarang
  • Budi sulistiyanto SMA N 4 Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26486/jsh.v6i1.4290

Kata Kunci:

Physical education, Differentiated Learning, Learning Outcomes

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil wawancara saat observasi yang memiliki kesimpulan adanya permasalahan pendeketan pembelajaran yang kurang efektif dalam mata pelajaran PJOK terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan  jenis  eksperimen pre  ekperimental dengan  menggunakan  desain One –Group  Pretest –Posttest. Peneliti menggunakan sampel 1 kelas XII 7 SMA N 4 Semarang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes. Analisis data menggunakan uji paired sample tes. Nilai rata-rata  hasil  pre-test  hasil  belajar  siswa   sebesar  85,28 Sementara nilai rata-rata  hasil  postest  hasil  belajar  siswa   sebesar  89,50. Penelitian ini memiliki kesimpulan pembelajaran beridiferensiasi memiliki pengaruh terhadap hasil belajar PJOK dalam materi kebuagaran jasmani hal ini dapat didukung dengan hasil uji paired sample corelation pada hasil akhir yang diperoleh α = 0,000, dengan demikian α < 0,05.

Referensi

Abzar, M. (2024). Pendidikan Islam Multikultural Tinjauan Literatur Perguruan Muhammadiyah : Studi Multicultural Islamic Education at Muhammadiyah Universities : Literature Review Study. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 19(1), 81–92. https://doi.org/10.56338/iqra.v19i1.4432

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15–31.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846–2853. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2504

Fauzia, R., & Hadikusuma Ramadan, Z. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1608–1617. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323

Hatmoko, J. H. (2015). Survei Minat Dan Motivasi Siswa Putri Terhadap Mata Pelajaran Penjasorkes Di Smk Se-Kota Salatiga Tahun 2013. Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(4), 1729–1736.

Mochamad Riyanto. (2022). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Suara Pengabdian 45, 1(1), 48–54. https://doi.org/10.56444/pengabdian45.v1i1.14

Perdani, A. S., Busri, H., & Tabrani, A. (2024). Perjalanan Pendidikan di Indonesia dalam Perspektif Filosofis Ki Hajar Dewantara. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 18(2), 1197. https://doi.org/10.35931/aq.v18i2.3124

Somayana, W. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Metode PAKEM. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(03), 283–294. https://doi.org/10.59141/japendi.v1i03.33

sulistyo. (2013). Perpustakaan. Pendidikan, 10(1020030), 23.

Diterbitkan

30-12-2024

Terbitan

Bagian

Articles