Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembelajaran PJOK di SDN Sidareja 01
DOI:
https://doi.org/10.26486/jsh.v5i1.3677Kata Kunci:
Kurikulum Merdeka, PJOK, Sekolah DasarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam pembelajaran PJOK di SDN Sidareja 01. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek Penelitian ini yaitu Guru PJOK, Kepala Sekolah, dan Siswa kelas V. Hasil penelitian yaitu Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam pembelajaran PJOK di SDN Sidareja 01 sudah ada yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka Belajar dan ada juga yang belum sesuai dengan Kurikulum Merdeka Belajar. Hal yang sudah sesuai yaitu keselarasan Struktur Kurikulum Merdeka Belajar, asesmen, dan terdapat buku panduan siswa dan guru Kurikulum Merdeka Belajar. Hal yang belum sesuai yaitu belum adanya modul terbuka, Alur Tujuan Pembelejaran (ATP), modul P5, serta belum melakukan pembelajaran dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dan diferensiasi. Faktor pendukung dari penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di SDN Sidareja 01 yaitu Kepala Sekolah selalu memberikan berita up to date kepada tenaga pendidik terkait sosialisasi Kurikulum Merdeka belajar kepada tenaga pendidik serta terdapatnya calon guru penggerak yang dapat memberikan wawasan baru Kurikulum Merdeka Belajar kepada guru PJOK. Faktor penghambat penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran PJOK adalah belum adanya sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar Khusus Guru PJOK di Kecamatan Sidareja.
Referensi
Aji, Baskoro Pandu Aji. 2023. “Identifikasi Jenis Cedera Saat Pembelajaran Penjasorkes .” Journal of Sport and Health 3(2).
Almaida, Fefi Ayu, Ayi Suherman, and Aam Ali Rahman. 2023. “Kesiapan Guru Penjas Menghadapi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training) 7(1): 54–62.
Anggraena, Yogi, Dion Ginanto, and Nisa Felicia. 2022. Panduan Pembelajaran Dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/JSH/article/view/2964 (December 27, 2023).
Dr. Rusmini, S. Ag., M.Pd.I. 2017. Metode Penelitian (Teori Dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mided Methods, Serta Research & Development). pertama. Jambi: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).
Febriati, Eva Welas. 2022. “Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Mata Pelajaran Pjok Di Smp Se-Kecamatan Gayamsari Kota Semarang.” Seminar Nasional Ke-Indonesiaan VII (November): 844–49.
Hadiansah, Deni. 2022. Kurikulum Merdeka Dan Paradigma Pembelajaran Baru. ed. Renika Veronika. Bandung: YRAMA WIDYA.
Hamdi, Syahrul, Cepi Triatna, and Nurdin Nurdin. 2022. “Kurikulum Merdeka Dalam Perspektif Pedagogik.” SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 7(1): 10–17.
Herawati, Reni, and Aris Priyanto. 2021. Implementasi Pembelajaran Online Selama Covid-19: Studi Evaluasi Di Sekolah Binaan Terpilih. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/JSH/article/view/2020/1159 (December 27, 2023).
Ikhsan, Fadilah, and Yudha Febrianta. 2023. “Pengetahuan Guru PJOK Sekolah Dasar Pada Implementasi Kurikulum Merdeka Di Kecamatan Baturraden, Banyumas.” Pubmedia Penelitian Tindakan Kelas Indonesia 1(1): 11.
Laela Dewi, Nur, Sukamto, and Dina Prasetyowati. 2023. “Analisis Hasi Asesmen Diagnostik Pada Mata Pelajaran ILmu Pengetahuan Alam Dan Sosial Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri 01: 4995–5008. https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/1127 (December 21, 2023).
Mawarni, Fani et al. 2023. “ANALISIS PEMAHAMAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 1 AMPEL.” Journal of Educational Learning and Innovation 3(2): 380. https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/.
Muhajir, and Zelda Raushanfikri. 2022. Buku Panduan Guru Pendidikan Janamni, Olahraga, Dan Kesehatan. Pertama. ed. Ida Nurhida. Jakarta: Pusat Perbukuan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Nadhiroh, S, and I Anshori. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Fitrah: Journal of Islamic Education 4(1): 1–13. http://jurnal.staisumatera-medan.ac.id/fitrah.https://doi.org/10.53802/fitrah.v4i1.292.
Peraturan Pemerintah. 2022. Pemerintah Indonesia Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia No 21 Pasal 6 Ayat 1 Tahun 2022. Indonesia . https://peraturan.bpk.go.id/Details/224425/permendikbudriset-no-21-tahun-2022 (December 21, 2023).
Pinem, Hosea, Ahmad Al Munawar, Pedomanta Keliat, and Mhd Syaleh. 2021. Minat Siswa Dalam Mengikuti Pelajaran Pendidikan Jasmani Secara Online Pada Siswa SDN 104185 Medan Sunggal Tahun Ajaran 2020/2021. https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/JSH/article/view/2200/1166 (December 27, 2023).
Sari, Raras Kartika. 2019. “Analisis Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Pertama Dan Solusi Alternatifnya.” Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika 2(1): 23–32.
Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: KENCANA.
Sumitra, Dani Alfa. 2023. “IMPLEMENTASI KURIKULUM BELAJAR MANDIRI MATA PELAJARAN PJOK DI SEKOLAH DASAR KABUPATEN BERINGIN.” Sibatik Journal 2(7): 2085–90.
Widodo, Agung. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (Pjok) Terintegrasi Dengan Al-Islam Kemuhammadiyahan Bahasa Arab (Ismuba) Di Sd/Mi Muhammadiyah.” Jendela Olahraga 3(1): 48–56.
Yanti, Fitria. 2022. “Kurikulum Merdeka Dan Pro-Kontra Ditengah Jalannya Pendidikan.” PUSATDAPODIK.COM. https://pusatdapodik.com/kurikulum-merdeka-dan-pro-kontra-di-tengah-pelaku-pendidikan/.
Yulianto, Laurensius Wisnu, and Dody Iwandana Tri. 2023. “Analisis Pembelajaran PJOK Pasca Pandemi Covid-19 Di Tinjau Dari Kurikulum Merdeka Belajar Kelas X Di SMA Pangudiluhur Sedayu.” Jurnal Kesehatan Jasmani, Kesehatan Rekreasi 3(2): 43–49.
Zhu, Xudong, and Jing Liu. 2020. “Zhu-Liu2020_Article_EducationInAndAfterCovid-19Imm.Pdf.” : 695–99. https://link.springer.com/article/10.1007/s42438-020-00126-3.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 JSH: Journal of Sport and Health

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Fair Play Mercu Buana agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Fair Play Mercu Buana right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).