PENGARUH CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN GCG SEBAGAI PEMODERASI
DOI:
https://doi.org/10.26486/jramb.v6i1.1054Keywords:
Corporate Social Responsibility, Nilai Perusahaan, Good Corporate GovernanceAbstract
Tujuan penelitian ini adalah menganalisis bagaimana pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan. Kedua, mengetahui apakah Good Corporate Governance memoderasi hubungan antara Corporate Social Responsibility dengan nilai perusahaan. Penentuan sampel dilakukan menggunakan metode purposive sampling, yaitu teknik sampling dengan menggunakan pertimbangan dan batasan tertentu sehingga sampel yang dipilih relevan dengan tujuan penelitian. Jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 12 perusahaan yang terdaftar di IICG. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility secara signifikan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Hal ini berarti semakin baik penerapan CSR oleh perusahaan maka nilai perusahaan akan semakin meningkat. Kedua, Good Corporate Governance sebagai variabel moderating memperlemah terhadap hubungan antara Corporate Social Responsibility dan nilai perusahaan.
References
Armi, Ni Ketut Suransi, Alamsyah, 2016. Pengaruh GCG Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Infestasi Universitas Mataram.
Auliyah, Ronny dan Agus Salim, 2017. Pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan CSR dan GCG sebagai variabel moderating. E-jurnal riset manajemen Universitas Islam Malang.
Ayu Indriani. 2018. Pengaruh Indeks Corporate Governance, leverage, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Skripsi Universitas Diponegoro Semarang.
Bayu Suryonugroho. 2016. Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap Nilai perusahaan dengan kepemilikan institusional, kepemilikan manajemen dan ukuran perusahaan sebagai variabel moderating (studi empiris pada perusahaan pemenang ISRA yang terdaftar di bursa efek Indonesia 2009-2012). Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Dewi, dan Moch Imron. 2013. Pengaruh Corporate Social Responsibiliy dan Good Corporate Governance terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Pemoderasi (studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI). Jurnal .
Dewi Winarti, 2012. Pengaruh Corporate Social responsibility dan Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi (Studi KasusPada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI). Jurnal.
Dwi Santoso, 2018. Pengaruh struktur modal dan keputusan investasi terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi (studi empiris pada perusahaan sektor non keuangan indeks LQ45 periode 2013-2017). Skripsi, Institute Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan, Jakarta.
Dyah Ardana Riswari, 2012. Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Corporate Governance Sebagai Variabel Moderating (Studi pada perusahaan publik non finansial yang tercatat di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2009). Jurnal.
Edwin Wijaya. 2017. Pengaruh Good Corporate Governance dan pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan. Skripsi, Universitas Lampung, Lampung.
Effendi, Muh. Arief. 2016. The Power of Good Corporate Governance teori dan Implementasi. Edisi 2. Jakarta : Salemba Empat.
Faisal, Suroto,2019. Pengaruh Good Corporate Governance dan Firm Size terhadap profitabilitas.(studi Empiris pada perusahaan Non Keuangan Indeks LQ45 yang terdaftar di BEI tahun 2013-2017). Skripsi, Institute Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan, Jakarta.
Ghozali, Imam & Chariri, Anis. 2014. Teori Akuntansi Internasional Financial Reporting System (IFRS). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi analisis Multivariete dengan program IBM SPSS 23 (edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gusti Ayu, Gede Juliarsa, Maria M. 2013. Pengaruh Pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel pemoderasi. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.
Hamdani, 2016. Good Corporate Governance: Tinjauan Etika dalam Praktik Bisnis.Edisi 1.
I Putu Indra Wijaya dan Ni Gusti Putu Wirawati, 2019. Good Corporate Governance Pemoderasi Pengaruh Profitabilitas dan Corporate Social Responsibility Pada Nilai Perusahan. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Bali.
Junda Muhammad, 2018. Pengaruh Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan. Skripsi Universitas Islam Negeri Yogyakarta.
Katiya, D. Agus Harjito, 2011. Pengaruh Corporate Social responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Good Corporate Governance Sebagai Pemoderasi. Jurnal Siasat Bisnis Universitas Islam Indonesia.
Maria dan Gerianta, 2013. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Pemoderasi Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana Bali.
Maureen dan Indah. 2017. Pengaruh Good Corporate Governance dan Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan. Konferensi ilmiah akuntansi IV Universitas Pancasila.
Nofiani, Fifi dan Nurmayanti, Poppy. 2010. Pengaruh Penerapan Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Pekbis Jurnal. Volume 2 Nomor 1. Noviawan, Ridho Alief d.
Reny Dyah Retno dan Denies Priantinah, 2012. Pengaruh Good Corporate Governance dan Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Empiris Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2010). Jurnal Nominal Universitas Negeri Yogyakarta.
Setianingrum, Wahyuning Ambar. 2015. Pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel moderasi. Semarang: Universitas negeri Semarang.
Sri Mulyani, 2019. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahaan, dan Debt To Total Assets Ratio (DAR) Terhadap Nilai Perusahaan pada perusahaan otomotif dan Komponen di BEI Tahun 2010-2018. Sksripsi Institute Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta.
Stacia, Evelyn dan Juniarti. 2015. Pengaruh Pengungkapan CSR Terhadap Nilai Perusahaan di Sektor Pertambangan. Surabaya: Universitas Kristen Petra.
Tikka. 2019. Laporan Good Corporate Governance (https://tikka- story.blogspot.com/2019/07/laporan- corporate-governance-perceprion.html di akses 10 Oktober) Tria, Nila, Ferina, 2018. Pengaruh Good Corporate Governance Terhadap Nilai Perusahaan (studi pada perusahaan industry sub sektor logam dan sejenisnya yang terdaftar di BEI periode 2012-2016). Jurnal Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya Malang.
Winda Heldayati Rahajeng Putri. 2014. Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan dan Good Corporate Governance sebagai pemoderasi pada industri makanan dan minuman yang terdaftar di BEI periode : 2010-2013. Artikel Ilmiah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya.
Yulia Firda, 2019. Pengaruh Corporate Social Responsibility Discloure, Firm Size dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar di BEI Tahun 2014-2018). Skripsi Institute Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta.
www.idx.co.id
www.cnnindonesia.com
www.cnbcindonesia.com
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with (JRAMB) Jurnal Riset Akuntansi Mercu Buana agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the JRAMB right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JRAMB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JRAMB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).