Psikoedukasi dan Konseling Kesiapan Anakk Memasuki Sekolah Dasar di TK ABA Unggulan Mardi Putra Bantul
Kata Kunci:
School readiness, psychoeducation, counselingAbstrak
Tujuan dari pengabdian ini adalah membantu mengevaluasi dan memberi masukan terkait persiapan anak memasuki sekolah. Partisipan pengabdian berjumlah orang tua TK Unggulan Mardi Putra Bantul. Desain yang digunakan adalah one-group pretest-posttest. Pengumpulan data menggunakan tes pengetahuan kesiapan sekolah serta observasi dan wawancara. Intervensi yang digunakan adalah psikoedukasi dan konseling yang dilaksanakan masing-masing 1 pertemuan. Dari hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test didapatkan nilai koefisiensi antara pretest dan posttest Z= 2,145 dan p = 0,032 (p < 0.05) serta skor mean sebelum pelatihan sebesar 6,19 dan sesudah pelatihan sebesar 6,88 dengan rerata perbedaan sebesar 0,69, yang menunjukkan bahwa adanya perbedaan pemahaman sebelum dan sesudah mengikuti intervensi. Selama proses konseling, terlihat munculnya pemahaman tentang kondisi anak saat ini dan bagaimana mempersiapkan anak memasuki sekolah dasar sesuai dengan permasalahan masing-masing. Dapat disimpulkan bahwa psikoedukasi dan konseling meningkatkan pemahaman orang tua tentang kesiapan anak memasuki sekolah dasar.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright Notice
Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak kepada Psychocare untuk publikasi
pertama yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons (CC
BY-SA 4.0). Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk
distribusi non-eksklusif dari karya versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori
institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya pada
Psychocare.