Psikoedukasi dan Konseling Kesiapan Anakk Memasuki Sekolah Dasar di TK ABA Unggulan Mardi Putra Bantul

Penulis

  • Rahma Widyana Faculty of Psychology, Mercu Buana University of Yogyakarta https://orcid.org/0000-0002-3807-3470
  • Santi Esterlita Purnamasari Faculty of Psychology, Mercu Buana University of Yogyakarta
  • Netty Widiastuti Faculty of Psychology, Mercu Buana University of Yogyakarta

Kata Kunci:

School readiness, psychoeducation, counseling

Abstrak

Tujuan dari pengabdian ini adalah membantu mengevaluasi dan memberi masukan terkait persiapan anak memasuki sekolah. Partisipan pengabdian berjumlah orang tua TK Unggulan Mardi Putra Bantul. Desain yang digunakan adalah one-group pretest-posttest. Pengumpulan data menggunakan tes pengetahuan kesiapan sekolah serta observasi dan wawancara. Intervensi yang digunakan adalah psikoedukasi dan konseling yang dilaksanakan masing-masing 1 pertemuan. Dari hasil uji Wilcoxon Signed Rank Test didapatkan nilai koefisiensi antara pretest dan posttest Z= 2,145 dan p = 0,032 (p < 0.05) serta skor mean sebelum pelatihan sebesar 6,19 dan sesudah pelatihan sebesar 6,88 dengan rerata perbedaan sebesar 0,69, yang menunjukkan bahwa adanya perbedaan pemahaman sebelum dan sesudah mengikuti intervensi. Selama proses konseling, terlihat munculnya pemahaman tentang kondisi anak saat ini dan bagaimana mempersiapkan anak memasuki sekolah dasar sesuai dengan permasalahan masing-masing. Dapat disimpulkan bahwa psikoedukasi dan konseling meningkatkan pemahaman orang tua tentang kesiapan anak memasuki sekolah dasar.

Diterbitkan

2025-09-01

Cara Mengutip

Widyana, R., Santi Esterlita Purnamasari, & Netty Widiastuti. (2025). Psikoedukasi dan Konseling Kesiapan Anakk Memasuki Sekolah Dasar di TK ABA Unggulan Mardi Putra Bantul . Psychocare, 1(1), 31–38. Diambil dari https://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/Psychocare/article/view/4265

Terbitan

Bagian

Articles