Model Tes Keterampilan Dasar untuk Penelusuran Bakat Calon Atlet Sepakbola Ku 10-11 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.26486/jfp.v1i1.977Kata Kunci:
model tes keterampilan dasar, penelusuran bakat, sepakbola.Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menyusun model tes keterampilan dasar untuk penelusuran bakat calon atlet sepakbola KU 10-11 tahun yang sahih dan handal. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi beberapa langkah penelitian yang dikemukakan oleh Borg & Gall (2007, p.590) sebagai berikut: (1) studi pendahuluan dan pengumpulan data, (2) perencanaan proses penelitian dan pengembangan, (3) validasi produk, (4) uji coba produk, (5) revisi produk, (6) implementasi produk. Uji coba skala kecil dilakukan pada 30 testi, dan uji coba skala besar dilakukan pada 416 testi dengan menggunakan teknik cluster sampling. Teknik analisis data validitas menggunakan Pearson’s Product Moment correlations dan reliabilitas menggunakan test-retest Cronbach’s Alpha. Z score digunakan untuk menyamakan bentuk satuan. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa model tes keterampilan dasar untuk penelusuran bakat calon atlet sepakbola KU 10-11 tahun. Model tes layak digunakan karena dinyatakan valid dan reliabel, dengan nilai rhitung lebih besar daripada nilai rtabel. Model tes keterampilan dasar untuk penelusuran bakat calon atlet sepakbola KU 10-11 tahun juga menghasilkan skala penilaian (norma) yang dikemas dalam buku pedoman (modul) dan visualisasi/tutorial tes (CD) yang efektif dan efisien dan dapat digunakan sebagai pegangan para pelatih pada pusat pembinaan sepakbola usia dini dalam proses penelusuran calon atlet dengan berbagai tingkat keberbakatan.
Referensi
Azwar, Saifuddin. (2013). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Beswick, Bill. (2010). Focused for soccer (second edition). United States of America: Human Kinetics.
Bridle, Bob. (2011). Essentials soccer skills: key tips and techniques to improve your game. United Satates of America: DK Publishing.
Brown, Jim. (2001). Sports talent: how to identify and develop outstanding athletes. United States of America: Human Kinetics.
Carling, C., Williams, A. M., & Reilly, T. (2005). Handbook of soccer match analysis: a systematic approach to improving performance. London: Taylor and Francis Group.
Coyle, Daniel. (2009). The talent code: greatness isn’t born, it’s grown, here’s how. New York: Bantam Dell.
Gall, M.D., Gall, J.P., & Borg, W.R. (2007). Educational research: an introduction (eighth edition). New York: Pearson Education, Inc.
Hantula, Richard. (2012). Science at work in soccer. New York: Marshall Cavendish Benchmark.
Kirkendall, D.T. (2011). Soccer anatomy. United States of America: Human Kinetics.
Mackenzie, Brian. (2005). 101 perfomance evaluation tests. London: Electric Word plc.
Mardapi, Djemari. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan non-tes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.
Martinek, Tom, & Hellison, Don. (2009). Youth leadership in sport and phsycal education. United States of America: Palgrave Macmillan.
Reilly, Thomas. (2007). The science of trainning soccer: a scientific approach to developing strength, speed, and endurance. London: Taylor and Francis Group.
Sternberg, R.J., & Davidson, J.E. (2005). Conceptions of giftedness: second edition (Eds.). New York: Cambridge University Press.
Stratton, et. al. (2004). Youth soccer: from science to performance. New York: Taylor and Francis Group.
Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d. Bandung: Alfabeta.
Suharjana. (2013). Kebugaran Jasmani. Yogyakarta: Jogja Global Media.
Sukadiyanto, & Muluk, Dangsina. (2011). Pengantar teori dan metodologi melatih fisik. Bandung: Lubuk Agung.
Widoyoko, S.E.P. (2012). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Puataka Belajar.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with Jurnal Fair Play Mercu Buana agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Fair Play Mercu Buana right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).