Evaluasi minat peserta didik mts negeri 1 trenggalek terhadap cabang olahraga tenis lapangan
DOI:
https://doi.org/10.26486/jsh.v6i2.3908Kata Kunci:
Evaluation, Interests, Students, Field TennisAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat peserta didik di MTS Negeri 1 Trenggalek terhadap cabang olahraga tenis lapangan. Minat suatu suatu keinginan dari suatu individu yang muncul karena adanya perasaan suka dan rasa keterikatan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh dimana itu terus menerus di perhatikan tanpa adanya paksaan dari orang lain dengan disertai rasa senang. Untuk mendapatkan hasil penelitian yang makasimal peneliti menggunakan teknik yaitu wawancara dan angket/kusioner. Penelitian ini dilakukan dengan sampel berjumlah 40 responden. Data diperoleh dengan menyebarkan angket untuk mengetahui seberapa minat peserta didik di MTS Negeri 1 Trenggalek terhadap cabang olahraga tenis lapangan.
Referensi
Arikunto. (2015). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik Panduan Bagi Orang Tua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak Usia, SD, SMP,danSMA. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Farrow, D., Young, W. and Bruce, L. 2005. The development of a test of reactive agility for netball: a new methodology. Journal of Science and Medicine in Sport, 8, 52²60.
Fernandez-Fernandez, J., Ulbricht, A. and Ferrauti, A. 2014b. Fitness testing of tennis players: how valuable is it? British Journal of Sports Medicine, 48, i22²i31.
Fernandez-Fernandez, Jaime, et al. Physiological Responses during a Junior Female Singles Tennis Tour. British Journal of Sports Medicine, vol. 41, no. 11, 2007, doi:10.1136/bjsm.2007.036210.
Fitrah, M dan Luthfiiyah. (2017). Metedologi Penelitian Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV. Jejak
Husdarta dan Kusmaedi. (2010). Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik Olahraga dan Kesehatan. Bandung: CV. Alfabeta
Julian, Rizki. (2020). Mental Skill Sebagai Character Building Wasit Tenis Lapangan. Vol. 2 No. 1 (2020). https://doi.org/10.26486/jsh.v2i1.1515
Kemenpora. (2014). Jurnal Olahraga Pendidikan (volume 1). Jakarta
M. Nazir. 2005. Metode penelitian. Bogor: Ghalia Indah.
Magill, R.A. 2006. Motor Learning and Control : Cocept And Application. USA : By WM. C. Brown Publisher.
Miguel Crespo, Machar Reid & Bruce Elliott. 2003. Biomechanics of Advanced Tennis, (ITF ltd) Bank Lane Roechmamton, London, England.
Nicco Primadana dan Sapto Adi. (2022). Survei Motivasi Pendidik Terhadap Keikutsertaan Olahraga Tenis Lapangan. Sport Science and Health, 4(6), 2022, 551–558
Paturusi, Achmad. (2012). Manajemen Pendidikan Jasmani dan Olahrga. Jakarta: Rineka Cipta
Pelti. ( https://www.pelti.or.id/id/about-s ), di akses 2 Mei 2024
Rahmawati. (2017). Manajemen Sumber Daya Olahraga Tenis Lapangan. Journal Pinus, 23–31
Rekyan, Woro, Wisnu Nugroho, Wahyu Dwi. (2024). Persepsi Masyarakat Kabupaten Bantul Terhadap Permainan Tenis Lapangan. Majalah Ilmiah Olahraga (MAJORA), Vol 30 (1), 2024, 74-79
Rex Ladner.(2013). Fundamental Tenis Teknik Dan Strategi Untuk Profesional. Semarang: Dahara Prize
Rizki, Julian. (2020). Mental Skill Sebagai Character Building Wasit Tenis Lapangan Mental Skill As A Tennis Field Referee Building Character. JSH: Journal of Sport and Health
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sudijono. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Surhayat, Yayat. (2009). Hubungan Antara Sikap,Minat dan Perilaku Manusia.
Syamsu Yusuf L.N. dan Nani M. Sugandhi. (2011). Perkembangan Peserta Didik Mata Kuliah Dasar Profesi (MKDP) Bagi Para Mahasiswa Calon Guru di Lemabaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Yasriuddin dan Wahyudin. (2017). Tenis Lapangan Metode Mengajar & Teknik Dasar Bermain. Makasar: Fahmis Pustaka
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 JSH: Journal of Sport and Health

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Fair Play Mercu Buana agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Fair Play Mercu Buana right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).





