Pengembangan Media Pembelajaran PaperFootball Game and UniteAR Card Pada Mata Pelajaran PJOK untuk Mengembangkan Aspek Spiritual Peserta Didik Kelas V SD Negeri 1 Karangtengah
DOI:
https://doi.org/10.26486/jsh.v5i2.3844Kata Kunci:
Media Pembelajaran, Media Pembelajaran Paperfootball Game and UniteAR Card, Aspek SpiritualitasAbstrak
Media pembelajaran diharapkan dapat mengintegrasikan proses pembelajaran dalam berbagai aspek, salah satunya mengembangkan aspek spiritual peserta didik di daerah rawan bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran Paper Football Game and UniteAR Card. Penelitian ini dilaksanakan di kelasn V SD Negeri 1 Karangtengah dengan subjek penelitian meliputi 29 peserta didik dan 1 guru PJOK. Metode penelitian menggunakan metode penelitian R&D berbasis model ADDIE (Branch). Hasil analisis data dapat diketahui dalam hasil validasi produk pengembangan terdiri dari validator ahli materi dan validator ahli media. Hasil validasi ahli materi mendapatkan skor dengan jumlah presentase 100% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi ahli media mendapatkan skor dengan jumlah presentase 88% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi pengembangan produk menunjukkan media pembelajaran Paper Football Game And UniteAR Card dapat digunakan dalam proses pembelajaran PJOK untuk mengembangkan aspek spiritual peserta didik di daerah rawan bencana. Hasil penelitian dapat dilihat dari hasil respon peserta didik dan respon guru PJOK. Hasil respon peserta didik menunjukkan bahwa skor yang diperoleh berjumlah 98% dengan kategori sangat menarik. Hasil respon guru menunjukkan bahwa skor yang diperoleh berjumlah 100% dengan kategori sangat menarik. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Paper Football Game And UniteAR Card sangat layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar dan peserta didik kelas V SD Negeri 1 Karangtengah sangat antusias dan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran PJOK menggunakan media pembelajaran Paper Football Game and UniteAR Card.
Referensi
Aditia, D. A. (2015). Survei Penerapan Nilai - Nilai Positif Olahraga dalam Interaksi Sosial antar Siswa di SMA Negeri se-Kabupaten Wonosobo tahun 2014/2015. Journal of Phsyical Education, Sport, Health and Recreations, 4(12), 2252–6773.
Chaelani, I., Febrianta, Y., & Muslim, A. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Model Permainan Tradisional Jawa Tengah untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani, 2(1), 157.
Hasiana, I. (2019). Metode Bercerita sebagai Upaya Pemulihan Trauma Pasca Bencana pada Anak Usia Dini. Jurnal Bikotetik, 3(2), 40–85.
Irawan, D., & Bramasta, D. (2020). Mitigasi Bencana Gunung Meletus di Sekolah Rawan Bencana. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(2), 155.
Khosiyono, B. H. C. (2022). Teori dan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital di Sekolah Dasar. Depublish.
Khuluqo, I. E. (2016). Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar, Metode dan Aplikasi Nilai - Nilai Spiritualitas dalam Proses Pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Kencana.
Mulyatiningsih, E. (2019). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.
Ode, H. (2019). Pengembangan Organisasi Berbasis Spiritual . CV. Jakad Publishing.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 JSH: Journal of Sport and Health

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Fair Play Mercu Buana agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Fair Play Mercu Buana right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).