Pengembangan Media Pembelajaran PaperFootball Game and UniteAR Card Pada Mata Pelajaran PJOK untuk Mengembangkan Aspek Spiritual Peserta Didik Kelas V SD Negeri 1 Karangtengah

Penulis

  • Bachtiar Yusuf Rifai Bachtiar Bachtiar
  • Yudha Febrianta Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Kusnandar Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26486/jsh.v5i2.3844

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Media Pembelajaran Paperfootball Game and UniteAR Card, Aspek Spiritualitas

Abstrak

Media pembelajaran diharapkan dapat mengintegrasikan proses pembelajaran dalam berbagai aspek, salah satunya mengembangkan aspek spiritual peserta didik di daerah rawan bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran Paper Football Game and UniteAR Card. Penelitian ini dilaksanakan di kelasn V SD Negeri 1 Karangtengah dengan subjek penelitian meliputi 29 peserta didik dan 1 guru PJOK. Metode penelitian menggunakan metode penelitian R&D berbasis model ADDIE (Branch). Hasil analisis data dapat diketahui dalam hasil validasi produk pengembangan terdiri dari validator ahli materi dan validator ahli media. Hasil validasi ahli materi mendapatkan skor dengan jumlah presentase 100% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi ahli media mendapatkan skor dengan jumlah presentase 88% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi pengembangan produk menunjukkan media pembelajaran Paper Football Game And UniteAR Card dapat digunakan dalam proses pembelajaran PJOK untuk mengembangkan aspek spiritual peserta didik di daerah rawan bencana. Hasil penelitian dapat dilihat dari hasil respon peserta didik dan respon guru PJOK. Hasil respon peserta didik menunjukkan bahwa skor yang diperoleh berjumlah 98% dengan kategori sangat menarik. Hasil respon guru menunjukkan bahwa skor yang diperoleh berjumlah 100% dengan kategori sangat menarik. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Paper Football Game And UniteAR Card sangat layak digunakan dalam pembelajaran di sekolah dasar dan peserta didik kelas V SD Negeri 1 Karangtengah sangat antusias dan aktif dalam mengikuti proses pembelajaran PJOK menggunakan media pembelajaran Paper Football Game and UniteAR Card.

Referensi

Aditia, D. A. (2015). Survei Penerapan Nilai - Nilai Positif Olahraga dalam Interaksi Sosial antar Siswa di SMA Negeri se-Kabupaten Wonosobo tahun 2014/2015. Journal of Phsyical Education, Sport, Health and Recreations, 4(12), 2252–6773.

Chaelani, I., Febrianta, Y., & Muslim, A. (2019). Analisis Kebutuhan Pengembangan Model Permainan Tradisional Jawa Tengah untuk Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani, 2(1), 157.

Hasiana, I. (2019). Metode Bercerita sebagai Upaya Pemulihan Trauma Pasca Bencana pada Anak Usia Dini. Jurnal Bikotetik, 3(2), 40–85.

Irawan, D., & Bramasta, D. (2020). Mitigasi Bencana Gunung Meletus di Sekolah Rawan Bencana. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(2), 155.

Khosiyono, B. H. C. (2022). Teori dan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital di Sekolah Dasar. Depublish.

Khuluqo, I. E. (2016). Belajar dan Pembelajaran Konsep Dasar, Metode dan Aplikasi Nilai - Nilai Spiritualitas dalam Proses Pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Kencana.

Mulyatiningsih, E. (2019). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.

Ode, H. (2019). Pengembangan Organisasi Berbasis Spiritual . CV. Jakad Publishing.

Unduhan

Diterbitkan

21-06-2024

Terbitan

Bagian

Articles