Pe Pengaruh Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan 6 Langkah Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Sikap Hidup Sehat Siswa Kelas 5 SD Negeri Mokaha 01

penelitian sikap hidup siswa SD Negeri Mokaha 01

Penulis

  • Dhiya Murfidyanto Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Yudha Febrianta Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26486/jsh.v5i1.3592

Kata Kunci:

Pendidikan Kesehatan, Demonstrasi, Sikap

Abstrak

Cuci tangan merupakan hal sepele yang harus didasari sejak dini karena anak pada usia tersebut termasuk anak yang kritis terhadap penyakit. Maka sikap hidup sehat perlu ditanamkan agar menjadi kebiasaan yang baik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan cuci tangan 6 langkah dengan metode demonstrasi terhadap sikap hidup sehat siswa kelas 5 di SD N Mokaha 01. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan pre test dan post test, populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 SD N Mokaha 01 dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling dengan jumlah responden 30. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji statistic statistik Paired Sample T-test. Hasil pre test menunjukkan siswa mayoritas cukup sebanyak 26 siswa (86,8%) dan post test menunjukkan siswa mayoritas baik 21 siswa (69,9) dengan nilai Sig = 0.000. Simpulan yang didapat pada penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan cuci tangan 6 langkah dengan metode demonstrasi terhadap sikap hidup sehat siswa kelas 5 di SD N Mokaha 01 dengan nilai Sig = 0.000.

Referensi

Almoslem, M. M., Alshehri, T. A., Althumairi , A. A., Aljassim, M. T., Hassan, M. E., & Berekaa, M. M. (2021). Handwashing Knowledge, Attitudes, and Practices among Students in Eastern Province Schools, Saudi Arabia. Journal of Environmental and Public Health.

Al Wutayd, O., Mansour, A. E., Aldosary, A. H., Hamdan, H. Z., & Al Batanony, M. A. (2021). Handwashing knowledge, attitudes, and practices during the COVID 19 pandemic in Saudi Arabia: A non representative cross sectional study. Scientific Reports.

Dachroni. (2022). Pedoman Pembinaan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Di Tatanan Tempat-Tempat Umum. Sumatera Utara: Dinas Kesehatan.

Ernida, Navianti, D., & Damanik, H. D. (2021). Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Sanitas Lingkungan.

Febrianta, Y. (2017). Pengaruh Tingkat Pengetahuan Hidup Bersih dan Sehat Terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas IV dan V Sekola Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto. jurnal Pendidikan Jasmani dan Keolahragaan.

Nurhidayah, I., Asfah, L., & Rosidin, U. (2021). Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa Sekolah Dasar. The Indonesian Journal of Health Science.

Prasyanti, N. K., Yanti, N. L., & Mastini, I. A. (2021). Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan Pakai Sabun dengan VideoTerhadap Kemampuan Cuci Tangan pada Siswa SD. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 123.

Setyaningrum, R., Rofi’i, A., & Setyanti, A. (2015). Tingkat Pengetahuan dan Sikap Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Pada Siswa SD N Batuah 1 dan Batuah 2 Pagetan. Jurnal Berkala Kesehatan.

Sholica, N. N., & Sujono. (2021). Perancangan smart clean alat cuci tangan otomatis. jombang: LPPM KH, A, Wahan Hasbullah .

Sinaga, L. R., Munthe, S. A., & Bangun, H. A. (2020). sosialisasi Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Desa Sawo Sebagai Bemtuk Keperdulian Terhadap Masyarakat Ditengan Mewabahnya Virus COVID-19 . Jurnal Abdimas Mutiara, 19-28.

Stiyapranomo, D. A. (2022). Peningkatan Hasil Belaar Seam Lantai Menggunakan Metode Demonstrasi dan Penugasan Berbasis Google Form. JSH : Journal of Sport and Health, 72.

Tiani, N. I., Falah, M., Najib, M. R., Yusdiantini, E., Nursoffiah, N., Nurlaela, A., . . . Nataprawira, I. H. (2023). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Tentang Praktik Cuci Tangan Yang Baik Dan Benar Bagi Siswa Di Sdn 2 Batumalang. Jurnal Pengadian Masyarakat Balarea, 4-7.

Unimus. (2019). Pendidikan Kesehatan. Journal of Chemical Information and Modeling, 1689-1699.

Whitehead, D. (2004). Health promotion and health education: advancing the concepts. NURSING THEORY AND CONCEPT DEVELOPMENT OR ANALYSIS.

Wildiandika , I., Rohmah , N., & Yulis, Z. E. (2019). Pengaruh Penyuluhan Audio Visual Terhadap ketepatan Cuci Tangan 6 Langkah Pada Anak Pra Sekolah di TK Harapan Bangsa Mayang. Universitas Muhammadiyah Jember, 3.

Zuliyanti, N. I., & Rachmawati, F. (2020). Pengaruh Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Terhadap Praktik Cuci Tangan 6 Langkah Siswa SD N 2 Pangenrejo Purworejo . Jurnal Komunikasi Kesehatan, 2

Unduhan

Diterbitkan

20-12-2023

Terbitan

Bagian

Articles