Pe Pengaruh Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan 6 Langkah Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Sikap Hidup Sehat Siswa Kelas 5 SD Negeri Mokaha 01
penelitian sikap hidup siswa SD Negeri Mokaha 01
DOI:
https://doi.org/10.26486/jsh.v5i1.3592Kata Kunci:
Pendidikan Kesehatan, Demonstrasi, SikapAbstrak
Cuci tangan merupakan hal sepele yang harus didasari sejak dini karena anak pada usia tersebut termasuk anak yang kritis terhadap penyakit. Maka sikap hidup sehat perlu ditanamkan agar menjadi kebiasaan yang baik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan cuci tangan 6 langkah dengan metode demonstrasi terhadap sikap hidup sehat siswa kelas 5 di SD N Mokaha 01. Metode penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan pre test dan post test, populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 SD N Mokaha 01 dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling dengan jumlah responden 30. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan uji statistic statistik Paired Sample T-test. Hasil pre test menunjukkan siswa mayoritas cukup sebanyak 26 siswa (86,8%) dan post test menunjukkan siswa mayoritas baik 21 siswa (69,9) dengan nilai Sig = 0.000. Simpulan yang didapat pada penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan cuci tangan 6 langkah dengan metode demonstrasi terhadap sikap hidup sehat siswa kelas 5 di SD N Mokaha 01 dengan nilai Sig = 0.000.
Referensi
Almoslem, M. M., Alshehri, T. A., Althumairi , A. A., Aljassim, M. T., Hassan, M. E., & Berekaa, M. M. (2021). Handwashing Knowledge, Attitudes, and Practices among Students in Eastern Province Schools, Saudi Arabia. Journal of Environmental and Public Health.
Al Wutayd, O., Mansour, A. E., Aldosary, A. H., Hamdan, H. Z., & Al Batanony, M. A. (2021). Handwashing knowledge, attitudes, and practices during the COVID 19 pandemic in Saudi Arabia: A non representative cross sectional study. Scientific Reports.
Dachroni. (2022). Pedoman Pembinaan Program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Di Tatanan Tempat-Tempat Umum. Sumatera Utara: Dinas Kesehatan.
Ernida, Navianti, D., & Damanik, H. D. (2021). Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Sanitas Lingkungan.
Febrianta, Y. (2017). Pengaruh Tingkat Pengetahuan Hidup Bersih dan Sehat Terhadap Prestasi Akademik Siswa Kelas IV dan V Sekola Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto. jurnal Pendidikan Jasmani dan Keolahragaan.
Nurhidayah, I., Asfah, L., & Rosidin, U. (2021). Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa Sekolah Dasar. The Indonesian Journal of Health Science.
Prasyanti, N. K., Yanti, N. L., & Mastini, I. A. (2021). Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan Pakai Sabun dengan VideoTerhadap Kemampuan Cuci Tangan pada Siswa SD. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 123.
Setyaningrum, R., Rofi’i, A., & Setyanti, A. (2015). Tingkat Pengetahuan dan Sikap Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Pada Siswa SD N Batuah 1 dan Batuah 2 Pagetan. Jurnal Berkala Kesehatan.
Sholica, N. N., & Sujono. (2021). Perancangan smart clean alat cuci tangan otomatis. jombang: LPPM KH, A, Wahan Hasbullah .
Sinaga, L. R., Munthe, S. A., & Bangun, H. A. (2020). sosialisasi Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Desa Sawo Sebagai Bemtuk Keperdulian Terhadap Masyarakat Ditengan Mewabahnya Virus COVID-19 . Jurnal Abdimas Mutiara, 19-28.
Stiyapranomo, D. A. (2022). Peningkatan Hasil Belaar Seam Lantai Menggunakan Metode Demonstrasi dan Penugasan Berbasis Google Form. JSH : Journal of Sport and Health, 72.
Tiani, N. I., Falah, M., Najib, M. R., Yusdiantini, E., Nursoffiah, N., Nurlaela, A., . . . Nataprawira, I. H. (2023). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Tentang Praktik Cuci Tangan Yang Baik Dan Benar Bagi Siswa Di Sdn 2 Batumalang. Jurnal Pengadian Masyarakat Balarea, 4-7.
Unimus. (2019). Pendidikan Kesehatan. Journal of Chemical Information and Modeling, 1689-1699.
Whitehead, D. (2004). Health promotion and health education: advancing the concepts. NURSING THEORY AND CONCEPT DEVELOPMENT OR ANALYSIS.
Wildiandika , I., Rohmah , N., & Yulis, Z. E. (2019). Pengaruh Penyuluhan Audio Visual Terhadap ketepatan Cuci Tangan 6 Langkah Pada Anak Pra Sekolah di TK Harapan Bangsa Mayang. Universitas Muhammadiyah Jember, 3.
Zuliyanti, N. I., & Rachmawati, F. (2020). Pengaruh Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Terhadap Praktik Cuci Tangan 6 Langkah Siswa SD N 2 Pangenrejo Purworejo . Jurnal Komunikasi Kesehatan, 2
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 JSH: Journal of Sport and Health

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Fair Play Mercu Buana agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Fair Play Mercu Buana right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).