Minat Siswa Dalam Mengikuti Pelajaran Pendidikan Jasmani Secara Online pada Siswa SDN 104185 Medan Sunggal Tahun Ajaran 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.26486/jsh.v3i1.2200Keywords:
Minat Siswa, Pendidikan Jasmani, OnlineAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat siswa dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani secara online pada siswa Kelas SD Negeri 104185 Medan Sunggal Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode penelitian ini adalah survey menggunakan angket tertutup. Sampel dalam penelitian ini 37 orang yang diambil dengan teknik total sampel. Angket yang berisikan soal 25 butir disebarkan melalui google formulir pada sampel/responden. Berdasarkan perhitungan rumus proporsi maka didapatlah data sebagai berikut: Pada faktor Internal, indikator motivasi memiliki proporsi sebesar 93,51% dengan kesimpulan “mempengaruhi†minat siswa dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani secara online. Indikator semangat memiliki proporsi sebesar 65,41% dengan kesimpulan “mempengaruhi†minat siswa dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani secara online. Indikator disiplin memiliki proporsi sebesar 75,00% dengan kesimpulan “mempengaruhi†minat siswa dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani secara online. Pada faktor Eksternal, Indikator peran guru memiliki proporsi sebesar 94,59% dengan kesimpulan “mempengaruhi†minat siswa dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani secara online. Indikator fasilitas memiliki proporsi sebesar 93,69% dengan kesimpulan “mempengaruhi†minat siswa dalam mengikuti mata pelajaran pendidikan jasmani secara online
References
Arikunto S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Pustaka Djaali, Pudji M. (2008). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: PT Hamalik,Oemar (2010). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Husdarta, Saputra.. (2000). Belajar Dan Pembelajaran. Bandung. Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III. Jakarta
Ilyas, I., & Almunawar, A. (2020). Survei Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Ekstrakurikuler Bola Voli. Jurnal Olahraga & Kesehatan Indonesia, 1(1), 34- 41.Irfan, Muhammad. 2015. Pendidikan Jasmani. (www.teknopenjasirfan.blogspot.com diakses pada 23/3/2015 pukul 13.00 wib)
Korucu, A. T., & Alkan, A. (2011). Differences between m-learning (mobile learning) and elearning, basic terminology and usage of m-learning in education. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.029
Lutan, Rusli. (2000). Strategi Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan. Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III. Jakarta
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001
Mustofa, Chodzirin, & Sayekti (2019). Minat Belajar dan Faktor-faktornya. Bandung: Graha Mandiri
Oemar, Hamalik.(2010). Minat Belajar Siswa Dan Faktor Mempengaruhinya. Jakarta: Bumi Putra
Sukintaka, (2004) Filosofi, Pembelajaran, dan Masa Depan Teori Pendidikan Jasmani.
Jakarta: Nuansa.
Susilo M.J. (2009). Sukses Dengan Gaya Belajar. Yogyakarta: Pinus
Syah, Muhibbin. (2009). Psikologi Belajar. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Indonesia
Zaky Rinanda, F. (2017). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dengan Agresivitas pada Atlet Futsal. GADJAH MADA JOURNAL OF PSYCHOLOGY.
Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM. https://doi.org/10.1145/986213.986216
Wijaya Kusuma, I. D. M. A. (2021). Teknik yang paling dominan pada pertandingan futsal putra profesional. Jurnal Keolahragaan, 9(1). https://doi.org/10.21831/jk.v9i1.31853
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Jurnal Fair Play Mercu Buana agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the Jurnal Fair Play Mercu Buana right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).