PENGARUH KEMUDAHAN, KUALITAS INFORMASI, DESAIN WEB, KEAMANAN, DAN METODE PEMBAYARAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DALAM MEMBELI TIKET KERETA API BANDARA YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT SECARA ONLINE
DOI:
https://doi.org/10.26486/jpsb.v13i1.4826Keywords:
Information Quality, Website Design, Payment Method, Passenger SatisfactionAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemudahan, kualitas informasi, desain web, keamanan, dan metode pembayaran terhadap kepuasan penumpang dalam membeli tiket Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport secara online. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik regresi linier berganda. Sampel penelitian ini terdiri dari 100 responden yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan dan kualitas informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang, sedangkan desain web, keamanan, dan metode pembayaran berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang dalam pembelian tiket secara online. Implikasi penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi bagi pengelola layanan kereta api dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Kebaruan dalam penelitian ini adalah focus pada layanan tiket online KA Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) yang masih jarang dikaji dengan temuan kemudahan dan kualitas informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, berbeda dengan penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa kemudahan adalah faktor utama dalam adopsi layanan digital, akan tetapi Desain web dan keamanan justru memiliki pengaruh yang lebih besar
References
Ariefian Isnan, M. (2014). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ONLINE RESERVATION TICKET TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus pada PT Kereta Api Indonesia Daop 4 Semarang). Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, 11, 12–22. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/smo
Insani, E. P. (2013). Analisis Pengaruh Kenyamanan Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Pemesanan Tiket Kereta Api Melalui Website Resmi Pt. Kai. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 12(3), 241–260.
Rahmawati, Disi Fasa., Nuriani, Rema Sekar., Amrizal, Muhammad., Setiawan, Ito. (2024). ANALISIS KEMUDAHAN PENGGUNA APLIKASI ACCESS BY KAI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT KERETA API INDONESIA. Jurnal Sistem Informasi Teknofile
Setiawan, H., & Novita, D. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 2(2), 162–175. https://doi.org/10.35957/jtsi.v2i2.1375
Tri Rahmawati, Disi Fasa., Nuriani, Rema Sekar., Amrizal, Muhammad., Setiawan, I. (2024). ANALISIS KEMUDAHAN PENGGUNA APLIKASI ACCESS BY KAI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT KERETA API INDONESIA. Jurnal Sistem Informasi (TEKNOFILE), 2(12), 949–959.
Yulianti, Siti Anisa. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PEMBELIAN TIKET KERETA API ONLINE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA KAI ACCESS
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 R. Suprono Wahyujatmiko , Petra Surya Mega Wijaya , Hardono Hardono , Putri Dwikartika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with (JPSB) Jurnal Perilaku dan Strategi Bisnis agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the JPSB right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JPSB. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JPSB.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).