PENGARUH KEMUDAHAN, KUALITAS INFORMASI, DESAIN WEB, KEAMANAN, DAN METODE PEMBAYARAN TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DALAM MEMBELI TIKET KERETA API BANDARA YOGYAKARTA INTERNATIONAL AIRPORT SECARA ONLINE

Authors

  • R. Suprono Wahyujatmiko
  • Petra Surya Mega Wijaya STIE IEU Yogyakarta
  • Hardono Hardono STIE IEU Yogyakarta
  • Putri Dwikartika STIE IEU Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26486/jpsb.v13i1.4826

Keywords:

Information Quality, Website Design, Payment Method, Passenger Satisfaction

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemudahan, kualitas informasi, desain web, keamanan, dan metode pembayaran terhadap kepuasan penumpang dalam membeli tiket Kereta Api Bandara Yogyakarta International Airport secara online. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik regresi linier berganda. Sampel penelitian ini terdiri dari 100 responden yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan dan kualitas informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang, sedangkan desain web, keamanan, dan metode pembayaran berpengaruh signifikan terhadap kepuasan penumpang dalam pembelian tiket secara online. Implikasi penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi bagi pengelola layanan kereta api dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Kebaruan dalam penelitian ini adalah focus pada layanan tiket online KA Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) yang masih jarang dikaji dengan temuan kemudahan dan kualitas informasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, berbeda dengan penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa kemudahan adalah faktor utama dalam adopsi layanan digital, akan tetapi Desain web dan keamanan justru memiliki pengaruh yang lebih besar

References

Ariefian Isnan, M. (2014). ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN ONLINE RESERVATION TICKET TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN (Studi Kasus pada PT Kereta Api Indonesia Daop 4 Semarang). Jurnal Studi Manajemen & Organisasi, 11, 12–22. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/smo

Insani, E. P. (2013). Analisis Pengaruh Kenyamanan Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Pemesanan Tiket Kereta Api Melalui Website Resmi Pt. Kai. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 12(3), 241–260.

Rahmawati, Disi Fasa., Nuriani, Rema Sekar., Amrizal, Muhammad., Setiawan, Ito. (2024). ANALISIS KEMUDAHAN PENGGUNA APLIKASI ACCESS BY KAI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT KERETA API INDONESIA. Jurnal Sistem Informasi Teknofile

Setiawan, H., & Novita, D. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi KAI Access Sebagai Media Pemesanan Tiket Kereta Api Menggunakan Metode EUCS. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 2(2), 162–175. https://doi.org/10.35957/jtsi.v2i2.1375

Tri Rahmawati, Disi Fasa., Nuriani, Rema Sekar., Amrizal, Muhammad., Setiawan, I. (2024). ANALISIS KEMUDAHAN PENGGUNA APLIKASI ACCESS BY KAI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT KERETA API INDONESIA. Jurnal Sistem Informasi (TEKNOFILE), 2(12), 949–959.

Yulianti, Siti Anisa. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PEMBELIAN TIKET KERETA API ONLINE TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PENGGUNA KAI ACCESS

Downloads

Published

2025-02-26