Perbandingan NHT dan Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal Siswa

Penulis

  • dwi malindha
  • erlina prihatnani

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v4i2.990

Kata Kunci:

NHT, Jigsaw, kecerdasan interpersonal, pembelajaran kooperatif

Abstrak

Penelitian ini membandingkan dua model pembelajaran yang memiliki bentuk penekanan kolaboratif dengan tipe berbeda, yaitu NHT dan Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manakah yang menghasilkan hasil belajar matematika yang lebih baik diantara model NHT dan Jigsaw, diantara ketiga tingkat kecerdasan interpersonal dan diantara interaksi model dengan tingkat kecerdasan interpersonal. Penelitian ini dilakukan di SMK Bhakti Nusantara dengan sampel siswa kelas XII Keperawatan 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan XII Keperawatan 1 sebagai kelas eksperimen 2. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan randomized control group pretest-posttest design. Oleh karena itu, analisis data mencangkup uji keseimbangan awal dan uji hipotesis, dengan uji T diperoleh simpulan bahwa kedua kelompok sampel memiliki kemampuan awal yang seimbang. Adapun data untuk uji hipotesis tidak memenuhi syarat normalitas, sehingga uji dilakukan dengan non-parametik, uji Mann-Whitney untuk dua kelompok data independen dan uji Kruskal Wallis untuk tiga kelompok data independen. Seluruh uji inferensial dilakukan dalam tarafk signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; tidak ada perbedaan hasil belajar yang signifikan dari penerapan model NHT dan Jigsaw, tidak ada perbedaan hasil belajar yang signifikan dari ketiga tingkat kecerdasan interpersonal siswa, tidak ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara model NHT dan Jigsaw di setiap tingkat kecerdasan interpersonal siswa, tidak ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara tingkat kecerdasan interpersonal baik dengan model NHT maupun Jigsaw.

Diterbitkan

2020-04-30

Terbitan

Bagian

Articles