Peranan Metode Pembelajaran The Power Of Two Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Penulis

  • Yova Bella Universitas Indraprasta PGRI
  • Huri Suhendri Universitas Indraprasta PGRI
  • Rita Ningsih Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.821

Kata Kunci:

Pemecahan masalah matematika, metode pembelajaran the power of two

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran the power of two terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika siswa kelas VIII MTs Nurussaadah Jakarta dan SMP Perguruan Rakyat 1 Jakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sampel yang diambil berasal dari populasi kelas VIII MTs Nurussaadah Jakarta dan kelas VIII SMP Perguruan Rakyat 1 Jakarta sebanyak 60 siswa yang terdiri dari 30 siswa kelas ekperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel ada 2 tahap : (1) teknik sampling purposive (2) teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data variabel pemecahan masalah matematika dilakukan dengan pemberian soal essay untuk variabel kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dan hasilnya thitung > ttabel. Sehingga dapat disimpulankan terdapat pengaruh metode pembelajaran the power of two terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Sehingga metode pembelajaran the power of two dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk menciptakan suasana belajar yang efektif dan siswa menjadi lebih aktif.

Biografi Penulis

Yova Bella, Universitas Indraprasta PGRI

Pendidikan Matematika

Huri Suhendri, Universitas Indraprasta PGRI

Pendidikan Matematika

Rita Ningsih, Universitas Indraprasta PGRI

Pendidikan Matematika

Referensi

Arikunto, S. 2006. Prosedur Peelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Erman Suherman, Turmudi, dkk, (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: JICA.

Haryanti, Suci. 2018. Pemecahan Masalah Matematika Melalui Metode Defragmenting. Jakarta: Jurnal Kegiatan Pendidikan Matematika Vol. 3. No. 2.

Haryanti, Suci. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Nuryadi, N., & Khuzaini, N. (2016). The Effectiveness of Team's Game Tournament Seen From Communication and Problem Solveing Capabilities (Experimental Study of Class VIII students in SMP Negeri 1 Seyegan). Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1).

Supardi. 2013. Aplikasi Statistik Dalam Penelitian. Jakarta Selatan: PT. PRIMA UFUK SEMESTA.

Supardi. 2014. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication.

Suhendri, Huri & Tuti Magdalena. (2012). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Hasil Belajar MAtematika Ditinjau Dari Kemandirian Belajar. Jurnal formatif 3(2) : 105-114 ISSN : 2008-351 x Hal : 105 – 114.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Cetakan ke 22. Bandung: Afabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Zaini,dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Diterbitkan

2019-09-23

Terbitan

Bagian

Articles