Modifikasi Model Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Strategi Pembelajaran Tugas dan Paksa Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v4i1.801

Kata Kunci:

Numbered Heads Together (NHT), Strategi Pembelajaran Tugas dan Paksa, Kemampuan Penalaran Matematika

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan strategi pembelajaran tugas dan paksa terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. Kemampuan penalaran matematika adalah kemampuan menggunakan nalar dalam menyimpulkan, membuktikan, membangun gagasan baru, dan menyelesaikan masalah-masalah matematika yang perlu dimiliki oleh setiap siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian posstest-only. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purpose sampling. Sampel penelitian sebanyak 60 peserta didik yang terbagi dalam dua kelas (30 kelas eksperimen dan 30 kelas kontrol). Penelitian ini dilakukan di sekolah SMP Setia Negara dan SMP Gelora Depok. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran NHT dengan strategi pembelajaran tugas dan paksa, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan perhitungan uji chi-kuadrat, uji fisher dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukan bahwa rata-rata nilai peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran numbered heads together dengan strategi tugas dan paksa lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata nilai peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran penemuan. Berdasarkan hasil uji hipotesis mununjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran numbered heads together dengan strategi pembelajaran tugas dan paksa terhadap kemampuan penalaran matematika siswa.

Biografi Penulis

Leonard Leonard, Universitas Indraprasta PGRI - Scopus ID: 57208621685

Program Studi Pendidikan Matematika

Referensi

Amir, A. (2014). Kemampuan penalaran dan komunikasi dalam pembelajaran matematika. Logaritma, II(1), 18–33. Retrieved from http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/LGR/article/viewFile/211/192

Fibriyani, A. A. dan V. (2016). Implementation of cooperative learning model of numbered heads together (nht) type on the subject of statistics at vocational high school. Proceeding International Conference On Islamic Education (ICIED) “Innovations, Approaches, Challenges, And The Future†4(2), 1–15.

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran matematika yang bermakna. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 181–190.

Hadianti, L. S. (2008). Pengaruh pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan belajar siswa (Penelitian Deskriptif Analisis di SDN Sukakarya II Kecamatan Samarang Kabupaten Garut). Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 2 (1), 1–8.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12 (1), 81–86.

Hasbullah, & Yogi, W. (2015). Metode, Model, dan Pengembangan Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Unindra Press.

Haydon, T., Maheady, L., & Hunter, W. (2010). Effects of numbered heads together on the daily quiz scores and on-task behavior of students with disabilities. Journal of Behavioral Education, 19(3), 222–238. https://doi.org/10.1007/s10864-010-9108-3

Hendriana, H. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematika Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Hidayati, I. U. (2017). The effect of inside outside circle and numbered heads together methods on high and low interest students reading comprehension a case at 8th grade in NU islamic high school of Ungaran Barat in the academic year of 2014 / 2015. English Language and Literature International Conference (ELLiC) Contain, 1, 118–123.

Hurianti, B. F., Tastra, D. K., Murda, I. N., & Tp, J. (2018). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada mata pelajaran matematika kelas V. Mimbar PGSD, 6(1), 53–62. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/13107

Indarti, D., Mardiyana, & Pramudya, I. (2017). Numbered head together with scientific approach in geometry learning. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 943 (2017) 012028. http://dx.doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012028

Kusumaningtias, A., Zubaidah, S., & Indriwati, S. E. (2013). Pengaruh problem based learning dipadu strategi numbered heads together terhadap kemampuan metakognitif, berpikir kritis, dan kognitif biologi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Malang. (TESIS). DISERTASI Dan TESIS Program Pascasarjana UM, (January 2018), 33–47. https://doi.org/net3t_85@yahoo.com

Leasa, M., & Corebima, A. D. (2017). The effect of numbered heads together (NHT) cooperative learning model on the cognitive achievement of students with different academic ability. Journal of Physics: Conference Series, 795(1), 3–10. https://doi.org/10.1088/1742-6596/755/1/011001

Leonard. (2015). Kompetensi tenaga pendidik di Indonesia: Analisis dampak rendahnya kualitas sdm guru dan solusi perbaikannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 192–201. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i3.643

Leonard. (2018). Task and forced instructional strategy: Instructional strategy based on character and culture of Indonesia nation. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(1), 51–56. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v8i1.2408

Lince, R. (2016). Creative thinking ability to increase student mathematical of junior high school by applying models numbered heads Together. Journal of Education and Practice, 7(6), 206–212.

Marfuah, S. A. (2014). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika melalui Strategi PBL dengan Pendekatan Scientific pada Pokok Bahasan Segiempat (PTK pada siswa kelas VIIIB semester genap SMP Negeri 1 Sambi tahun ajaran 2013/2014). Surakarta: Naskah Publikasi Skripsi UMS.

Nursyamsi, S. Y., & Corebima, A. D. (2016). The effect of numbered heads together (nht) learning strategy on the retention of senior high school students in Muara Badak, East Kalimantan, Indonesia. European Journal of Education Studies, 2(5), 47–58.

Nuryadi, N., & Khuzaini, N. (2015). Perbandingan Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Dan Nht Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Smp N 2 Godean Kelas Viii Semester II.

Pietersz, F., & Saragih, H. (2010). Pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif tipe numbered head together terhadap pencapaian matematika siswa di SMP Negeri 1 Cisarua. Prosiding Seminar Nasional Fisika, 1(1), 432–438.

Ramlan. (2013). Meningkatkan self-efficacy pada pembelajaran matematika melalui model kooperatif tipe team assisted individualitazion (TAI) pada siswa kelas VIIA SMP Negeri 27 Makassar. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran (MAPAN), 1(1), 110.

Santiana, N. L. P. M., Sudana, D. N., & Garminah, N. N. (2014). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) terhadap hasil belajar siswa kelas V SD di Desa Alasangker. Jurnal Mimbar PGSD, 2(1), 1–12.

Sari, M., & Surya, E. (2017). Improving the learning outcomes of students using numbered heads together model in the subjects of mathematics. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 33(3), 311–319.

Septiana, I., & Ahdiyat, M. (2015). Pengaruh metode jigsaw terhadap hasil belajar matematika. (Dalam Leonard, Editor). EduResearch: Raise the Standard, 1, 239–269. Jakarta: Unindra Press.

Sudarsana, I. K. (2018). Optimalisasi penggunaan teknologi dalam implementasi kurikulum di sekolah (Persepektif Teori Konstruktivisme). Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(1), 8–15.

Sumantri, B. (2010). Pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK PGRI 4 Ngawi tahun pelajaran 2009/2010. Jurnal Media Prestasi, VI(3), 117–131.

Susanto, J. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis lesson study dengan kooperatif tipe numbered heads together untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA di SD. Journal of Primary Educational, 1(2), 71–77.

Wahyudi, T. (2016). Pengembangan soal penalaran tipe TIMSS menggunakan konteks budaya Lampung. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 1–14.

Widodo, W., Murtini, W., & Susilowati, T. (2016). Penerapan metode pemberian tugas dan resitasi dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis surat siswa kelas X D Administrasi Perkantoran SMK Wikarya Karanganyar tahun ajaran 2014/2015. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 1(1), 131–145. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jikap/article/view/9796

Widyaningtyas, H., Winarni, R., & Murwaningsih, T. (2018). Teachers ’ obstacles in implementing numbered head together in social science learning. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 7(1), 25–31.

Wiyanti, & Leonard. (2017). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 1(2), 611–623.

Diterbitkan

2019-10-31

Terbitan

Bagian

Articles