Pengembangan Bahan Ajar Statistika Penelitian Pendidikan Matematika

Penulis

  • Mulin Numan Pendidikan Matematika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.762

Kata Kunci:

pengembangan, bahan ajar, statistika penelitian

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar statistika penelitian pendidikan matematika terutama pada materi statistika non parametrik yang layak digunakan dalam perkuliahan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan (Research and Development). Model pengembangan media pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah yang diadaptasi dari Borg & Gall, yaitu studi pendahuluan, pengembangan, dan validasi. Hasil dari penelitian ini adalah bahan ajar statistika penelitian pendidikan matematika dengan model pengembangan Borg & Gall yang meliputi tahap pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap validasi. Bahan ajar statistika penelitian pendidikan matematika yang dikembangkan mendapat kategori validitas Sedang dari validator dengan skor 0,793 dan respon mahasiswa terhadap penggunaan bahan ajar statistika penelitian pendidikan matematika yaitu mahasiswa sangat senang dan antusias terhadap penggunaan bahan dalam pembelajaran.

Referensi

Aiken, L, R. 1980. Content validity and reliability of single items or questionaires. Educational and Psychological Measurement, 40, 955-967.

Aiken, L, R. 1985. Three coefficients for analyzing the reliability and validity of ratings. Educational and Psychological Measurement, 45, 131-142.

Azwar, S. 2013. Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hadi, Sutrisno. 2015. Metodologi Riset. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Hanggara, Y., & Agustyaningrum, N. (2018). Pengembangan modul statistik berbasis PMR untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 29-36.

Hartono. 2009. Statistik untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Higgins, Jams J. 2004. Introduction to Modern Nonparametric Statistics. Pacific Grove, CA: Brooks/Cole-Thompson.

Hinton, Perry R. 2004. Statistics Explained. USA: Routledge.

Hogg, Robert V., and Tanis, Elliot A. 2008. A Brief Course in Mathematical Statistics. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Hollander, Miles., Wolfe, Douglas A., Chicken, Eric. 2013. Nonparametric Statistical Methods. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Kumaidi. 2014. Validitas dan pemvalidasian instrumen penilaian karakter. Makalah disampaikan dalam Seminar Nasional Pengembangan Instrumen Penilaian Pendidikan Karakter yang valid, diselenggarakan Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 24 Mei2014.

Linebach, Jared A., Tesch, Brian P., and Kovacsiss, Lea M. 2014. Nonparametric Statistics for Applied Research.

Lyman Ott and Michael Longnecker. 2010. An Introduction to statistics with data analysis. Belmont: Brooks/Cole, Cengage Learning.

Rand R. Wilcox. 2010. Fundamentals of Modern Statistical Methods (Substantially Improving Power and Accuracy). New York: Dordrecht Heidelberg.

Reinard, John C. 2006.Communication Research Statistics. London, UK: Sage Publications.

Sudaryono. 2014. Teori dan Aplikasi dalam Statistik. Yogyakarta: Andi Offset.

Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar dasar proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Diterbitkan

2019-09-23

Terbitan

Bagian

Articles