Pengembangan Multimedia Berbasis Etnomatematika pada Siswa SMP

Penulis

  • Nashrudin Kurniawan Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Riawan Yudi Purwoko Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Bambang Priyo Darminto Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Wharyanti Ika Purwaningsih Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v7i2.2196

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran berbasis etnomatematika pada siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 19 Purworejo. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar angket respon siswa dan soal tes. Hasil analisis data yang diperoleh dari penilaian ahli media, pembelajaran dan materi terhadap multimedia yang dikembangkan diperoleh rata-rata penilaian 3,63 dengan kriteria valid. Hasil analisis data angket respon siswa terhadap multimedia pembelajaran berbasis etnomatematika diperoleh kriteria sangat praktis dengan persentase 81%. Multimedia pembelajaran dinyatakan efektif berdasarkan hasil uji keefektifan menggunakan uji t test didapat kesimpulan bahwa ada perbedaan antara sebelum dan sesudah penggunaan multimedia pembelajaran berbasis etnomatematika. Dengan demikian, multimedia pembelajaran berbasis etnomatematika yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan layak untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.

Diterbitkan

2023-03-30

Terbitan

Bagian

Articles