Single Subject Research: Implementasi Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Field Dependent

Penulis

  • Ilham Rais Arvianto Universitas Teknologi Digital Indonesia
  • Merarinta Ginting Universitas Teknologi Digital Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v6i1.1974

Kata Kunci:

problem posing, berpikir kreatif, field dependent, single subject research

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses dan mendeskripsikan hasil perlakukan pembelajaran problem posing terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa field dependent pada materi statistika. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Single Subject Research (SSR) A-B dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian didesain selama 8 sesi dengan 4 sesi awal tahap baseline dan 4 sesi terakhit tahap intervensi (pembelajaran problem posing).  Subjek penelitian dipilih dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan GEFT, tes pengajuan masalah (TPM), observasi, dan wawancara. Data penelitian dianalisis dengan 2 cara, yaitu analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif field dependent dapat mengajukan permasalahan pada materi statistika dengan menggunakan model pembelajaran problem posing. Hasil evaluasi sebelum dan sesudah perlakuan menunjukkan peningkatan pada komponen berpikir kreatif kefasihan dan kebaruan, sehingga perlakuan yang diberikan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa field dependent. Walaupun demikian, pada komponen kreatifitas kebaruan belum dapat ditingkatkan.

Biografi Penulis

Ilham Rais Arvianto, Universitas Teknologi Digital Indonesia

Informatika

Merarinta Ginting, Universitas Teknologi Digital Indonesia

Informatika

Referensi

Abdullah, A. A., & Suhartini, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Statistika Berbasis Pendidikan Politik di Lingkungan Sekolah. Jurnal Gantang, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.31629/jg.v2i1.63

Arvianto, I. R., Mardiyana, & Usodo, B. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif TGT Berbasis Assesment for Learning (AFL) Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran MAtematika, 1(7), 672–681.

Asriningsih, T. M. (2014). Pembelajaran Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Gamatika, 5(I), 19–28.

Effendi, K. N. S., & Farlina, E. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Kelas VII dalam Penyelesaian Masalah Statistika. Jurnal Analisa, 3(2), 130–137. https://doi.org/10.15575/ja.v3i2.2013

Firmansyah, M. A. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika (JPPM), 10(2), 115–127. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2036

Hidayat, W. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Kooperatif Think-Talk-Write (TTW). Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, M1–M10. Yogyakarta: Fakultas MIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Kelen, Y. P. K. (2016). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Posing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 55–64. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i1.513

Komarudin, Sujadi, I., & Kusmayadi, T. A. (2014). Proses Berpikir Kreatif Siswa SMP Dsa;alam Pengajuan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(1), 29–43.

Siswono, T. Y. E. (2008). Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Memcahkan dan Mengajukan Masalah Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 60–68.

Siswono, T. Y. E., & Kurniawati, Y. (2004). Penerapan Model Wallas untuk Mengidentifikasi Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Pengajuan Masalah Matematika dengan Informasi Berupa Gambar. Jurnal Nasional “MATEMATIKAâ€, Jurnal Matematika Atau Pembelajarannya, 1–20.

Diterbitkan

2021-12-01

Terbitan

Bagian

Articles