PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN STRATEGI REACT PADA SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.26486/jm.v6i1.1883Kata Kunci:
kemampuan berpikir kritis matematis, strategi REACT, siswa SMPAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis pada siswa SMP antara siswa yang memperoleh pembelajaran strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying Cooperating and Transferring) dan siswa dengan pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Non-equivalen Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII semester genap tahun ajaran 2018/2019 di salah satu SMP Negeri di kota Bandung. Teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling dengan sampel yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VIII-A sebagai kelas kontrol sebanyak 25 siswa dan VIII-C sebagai kelas eksperimen sebanyak 26 siswa. Pengumpulan data diperoleh dari hasil pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis melalui pembelajaran strategi REACT lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan pembelajaran langsung. Peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen ada pada kategori sedang, sementara peningkatan hasil belajar siswa kelas kontrol ada pada kategori rendah.
Referensi
Crawford, M. (2001). Teaching Contextually: Research, Rationale, and Techniques for Improving Student Motivation and Achievment in Mathematics and Science. Texas: CORD
Ennis, R. H. (1985). A logical basis for measuring critical thinking skills. Educational leadership, 43(2), 44-48.
Ennis, R. H. (2011). Critical Thinking Inquiry: Critical Thinking Across the Disciplines, 26(2), 5-19. Retrieved from https://www.pdcnet.org/teachphil/content/teachphil_1991_0014_0001_0005_0024
Istianah, E. (2013). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematik dengan pendekatan model eliciting activities (MEAs) pada siswa SMA. Infinity Journal, 2(1), 43-54.
Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible “hidden variable†in diagnostic pretest scores. American journal of physics, 70(12), 1259-1268.
Nawas, A. (2018). Contextual Teaching and Learning (CTL) Approach Through React Strategies On Improving The Students Critical Thinking In Writing. International journal of management and applied science, 4(7), 46-49.
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155-158.
Rahmaton. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Strategi REACT Pada Siswa Kelas VII MTsN 6 Aceh Besar. (Skripsi). UIN AR-Raniry Darussalam, Banda Aceh.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta
Syutaridho. (2016). Mengontrol Aktivitas Berpikir Kritis Siswa dengan Memunculkan Soal Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(1), 31-40.
Wulandari, N.C., Dwijanto, D., & Sunarmi, S. (2015). Pembelajaran Model REACT dengan Pendekatan Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kerjasama. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(3), 266-274.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors retain their rights of works reported in their papers and other parties should adhere to Creative Commons License linked below
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.