ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA BERDASARKAN KECERDASAN LINGUISTIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA

Penulis

  • Erlin Ladyawati Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Desy Firdayanti Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v5i2.1434

Kata Kunci:

Kemampuan Komunikasi Matematis, Kecerdasan Linguistik, Menyelesaikan Soal Matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa berdasarkan kecerdasan linguistik tingkat tinggi, sedang dan rendah dalam menyelesaikan soal matematika. Karena siswa perlu mengembangkan kemampuan komunikasi dalam belajar matematika. Pada penelitian ini kemampuan komunikasi matematis yaitu kemampuan untuk menyampaikan suatu ide dalam matematika yang menggunakan simbol, istilah, atau notasi dalam menyelesaikan tugas secara tertulis. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian menggunakan skor dari angket kecerdasan linguistik untuk siswa kelas VIII C di SMP PGRI 1 Buduran sebanyak 35 siswa dan 6 subjek dipilih yang dikategorikan ke dalam tiga kategori, yaitu 2 subjek kecerdasan linguistik tinggi, 2 subjek kecerdasan linguistik sedang dan 2 subjek kecerdasan linguistik rendah. Pengumpulan data menggunakan hasil angket, tes dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis kemampuan komunikasi meliputi 4 aspek indikator yaitu aspek gramatikal (grammatical aspects), aspek sosiolinguistik (sociolinguistic aspects), aspek strategis (strategic aspects) dan aspek memahami wacana (discourse aspects) dapat disimpulkan bahwa (1) siswa yang mempunyai kecerdasan linguistik tingkat tinggi berada pada level 4 yang mampu memenuhi semua indikator, (2) siswa yang mempunyai kecerdasan linguistik tingkat sedang berada di level 2 yang mampu memenuhi beberapa indikator, (3) siswa yang mempunyai kecerdasan linguistik tingkat rendah berada pada level 1, yang kurang mampu memenuhi indikator. 

Referensi

Agustina, D. (2014). Pengaruh Kecerdasan Linguistik Terhadap Pemahaman Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII di MTs Sultan Agung Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Laksananti, P. M., Setiawan, T. B., & Setiawani, S. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Pokok Bahasan Bangun Datar Segi Empat Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas Viii-D Smp Negeri 1 Sumbermalang. Kadikma, 8 no 1, 5–8.

Mufidah, A. L. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Pada Siswa Kelas VIII-F SMPN 1 Taman Sidoarjo Tahun Ajaran 2017-2018. Skripsi. Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Mutmainah, N. L., Gembong, S., & Apriandi, D. (2016). Profil Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Linguistik. Jurnal Lppm, 4(3), 129–139. Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id.

Nofrion. (2016). Komunikasi Pendidikan (Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam pembelajaran). Jakarta: Kencana.

Prajitno, S. H, & Ladyawati, E. (2019). Efektivitas modul matematika diskrit berbasis multiple intelligences 1,2). FIBONACCI, 5, 11–22.

Purwati, P. (2016). Profil Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika di Tinjau dari Kecerdasan Interpersonal. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Jember.

Diterbitkan

2022-01-25

Terbitan

Bagian

Articles