Pengaruh Kecemasan dan Berpikir Positif Terhadap Prestasi Belajar

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v5i2.1294

Kata Kunci:

Kecemasan, Berpikir Positif, Prestasi Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas (kecemasan, dan berpikir positif), dengan variabel terikat (prestasi belajar). Metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah metode survei kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di sekolah SMK Bina Pendidikan 2 Bogor, jumlah responden yang akan dijadikan sampel oleh peneliti sebanyak 58 peserta didik kelas XI dengan jurusan Akuntansi. Data yang telah terkumpul dari hasil survey akan diuji dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji persyaratan yang meliputi uji normalitas, uji liniearitas, dan uji multikulolinearitas lalu dilanjutkan dengan uji path analysis. Hasil pengujian hipotesis yang dilakukan peneliti dengan menggunakan uji path analysis ini, diperoleh kesimpulan bahwa kecemasan terhadap prestasi belajar tidak mengalami pengaruh langsung yang signifikan, sedangkan berpikir positif terhadap prestasi belajar terdapat pengaruh langsung yang signifikan, selanjutnya pada kecemasan terhadap beripikir positif tidak diperoleh pengaruh langsung yang signifikan, selain itu terdapat pengaruh tidak langsung antara kecemasan terhadap prestasi belajar melalui berpikir positif.

Referensi

Chen, S. H. A., Nasongkhla, J., & Donaldson, J. A. (2015). University social responsibility (USR): Identifying an ethical foundation within higher education institutions. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 14(4), 165–172.

Dacholfany, M. I. (2016). Peranan pengambilan keputusan dalam rangka menciptakan inovasi di bidang pendidikan. Jurnal Dewantara, I (01), 16–28.

Daurand, V., & Barlow, D. (2006). Intisari Psikologi Abnormal. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Elfiky, I. (2009). Terapi Berpikir Positif. Jakarta: Zaman.

Farjantoky, B. (2018). Pendekatan realitas berbasis nilai Budaya Jawa “berpikir positif†untuk mereduksi pikiran negatif remaja. Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling)ISSN: 2580-216X, 2(1), 415–428.

Iskandar, A. P., & Leonard. (2019). Modifikasi model pembelajaran tipe numbered heads togethet (NHT) dengan strategi pembelajaran tugas dan paksa terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 4 (1), 1-13.

Leonard. (2013). Peran kemampuan berpikir lateral dan positif terhadap prestasi belajar evaluasi pendidikan. Cakrawala Pendidikan, 32 (1), 54-63.

Leonard. (2015). Kompetensi tenaga pendidikan di Indonesia: Analisis dampak rendahnya kualitas SDM guru dan solusi perbaikannya. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika MIPA , 5 (3), 192-201.

Noor Komari Pratiwi. (2015). Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMK Kesehatan di Kota Tanggerang. Jurnal Pujangga, Vol. 1(No 2), 75-105.

Nur, Y. (2018). Hubungan konsep diri dan kecemasan siswa terhadap prestasi belajar IPA kelas IV SD Negeri Sumurgede Cilamaya Kulon-Karawang. Jurnal Sekolah Dasar: Elementary School Journal, 1(3), 11–20. https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v3i1.490

Pamungkas, Y., & Afriansyah, E. A. (2017). Aptitude treatment interaction terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(1), 122–130. https://doi.org/10.19109/jpmrafa.v3i1.1445

Perwira, W. (2017). Studi analisis kesulitan belajar matematika dan upaya menanganinya pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 6 Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Powell, D. H. (2014). Treating individuals with debilitating perfomance anxiety: An introduction. JCLP/IN Sessio, 60(8), 801-808. http://doi.org.10.1002/jelp.20038

Prameswari, Y., & Ulfah, Z. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan menghadapi persalinan di Puskesmas Batu Aji Kota Batam Tahun 2018. Jurnal Psyche, 12(1), 30–39. Retrieved from http://lppm.upiyptk.ac.id/ojsupi/index.php/PSIKOLOGI/article/download/73/44/

Puspito, T. A. (2015). Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rasional-Emotive Behavior Therapy ( Rebt ) Untuk Pengembangan Kemampuan Berfikir Positif Pada Siswa Kelas VIII MTSN Sale Rembang Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Nusantara PGRI Kediri

Shabrina, D. N. (2010). Pengaruh berpikir postif terhadap komunitas pengamen jalanan. Retrieved from: http://eprints.uad.ac.id/10829/1/PENGARUH%20BERPIKIR%20POSITIF%20TERHADAP%20KOMUNITAS%20PENGAMEN%20JALANAN%20.pdf

Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa Pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan Pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 224–232.

Siregar, M. A. P., & Lisma, E. (2018). Pengaruh Rasa Cemas Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Di SMO Negeri 28 Medan. Axiom Jurnal Pendidikan Dan Matematika, VII(2). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Supardi, & Leonard. (2009). Kebijakan sekolah gratis ditinjau dari prestasi belajar dengan mengontrol kemampuan awal siswa. Sosioekons, 1 (3), 64-80.

Vajargah, K. F., & Khoshnoodifar, M. (2013). Toward a distance education based strategy for internationalization of the curriculum in higher education of Iran. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 12(2), 346–359.

Wijaya, A. (2011). Hubungan antara kepercayaan diri dan tingkat kecemasan pada pasien yang berobat ke dokter gigi. Jurnal Majalah Ilmu Kedokteran Gigi, 3(2).

Yunita Ernia. (2013). “Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Semester Akhir Universitas Muhammadiyah Surakartaâ€. Skripsi Fakultas Psikologi.

Diterbitkan

2022-01-25

Terbitan

Bagian

Articles