Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Just in Time Teaching (JiTT) Berbantuan Edmodo Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Aritmetika Siswa

Penulis

  • I Made Satria Wiguna Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
  • I Gusti Putu Suharta Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
  • I Nengah Suparta Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.26486/jm.v5i1.1274

Kata Kunci:

Just in Time Teaching, Edmodo, Pemahaman Konsep Matematika, Kemampuan Awal Matematika, Mixed Method

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran Just in Time Teaching (JiTT) berbantuan Edmodo terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika ditinjau dari kemampuan awal aritmatika siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mixed method “concurrent embedded†yang dilaksanakan di SMP Negeri 7 Denpasar. Populasi pada penelitian ini adalah Siswa kelas VII SMP Negeri 7 Denpasar tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 360 orang siswa yang terbagi ke dalam sembilan kelas yang setara. Sampel dalam penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data kuantitatif dan kualitatif yang digunakan pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dokumentasi hasil karya siswa, kuesioner, tes, dan triangulasi. Triangulasi dilakukan dengan cara cross-check data dengan fakta dari sumber lainnya. Analisis kovarians (anakova) digunakan untuk menganalisis data kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada kelompok siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi dan rendah, kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran JiTT berbantuan Edmodo lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil analisis data kuantitatif dan kualitatif diperoleh hasil bahwa pembelajaran JiTT terbukti berperan positif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika kelas VII SMPN 7 Denpasar. Terlihat dari antusiasme dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan.

Referensi

Alvina, S. (2019). The Just in Time Teaching : The Effect in Student Learning Achievments Viewed form Learning Motivation. Universitas Kanjuruhan Malang, Indonesia.

Permendikbud No. 64 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. (2013). Jakarta : Ke-menterian Pendidikan dan Kebudayaan

Permendikbud No. 65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. (2013). Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

International Results in Mathematics. (2015). United States : TIMSS & PIRLS International Study Center.

Digital Citizenship Safety among Children and Ado-lescents in Indonesia. (2014). Newyork : UNICEF.

Fitirana, A. (2017). Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Just in Time Teaching dalam Upaya Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas VIII SMP Angkasa Adisutjipto Kabupaten Sleman. Pendidikan Kewarganegaraan, FIS UNY

Mubaraq, L. (2009). Model Pembelajaran Berbasis Web pada Materi Fluida Dinamis untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Ket-erampilan generic Sains Siswa. Tesis. Bandung: SPs UPI

Solikhin, Jayus Riyadi. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Just in Time Teaching (JIIT) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Ket-erampilan Proses Sains Siswa SMP pada Ma-teri Hukum Newton. S2 thesis. Bandung: Uni-versitas Pendidikan Indonesia

Teguh F. (2015). Pengaruh Metode Just in Time Teach-ing Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal. Medan: Universitas Negeri Medan.

Creswell, John W. (2009). Research design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE

Yusuf, A Muri. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta : Prenadamedia Group

NCTM (National Council Teacher of Mathematics). (2012). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, Virginia: NCTM

Diterbitkan

2020-10-31

Terbitan

Bagian

Articles